Brilio.net - Beberapa tahun terakhir, dunia perfilman banyak diwarnai dengan film adaptasi dari novel. Beberapa film sukses yang diadaptasi dari novel seperti Twilight, Harry Potter, Marry Poppins, hingga novel karya Pidi Baiq, Dilan 1990 banyak digemari penonton.

Meski kerap menjadi perdebatan, film yang diadaptasi dari novel tetap memiliki peminatnya tersendiri. Tidak jarang pula beberapa film justru lebih disukai dibanding novelnya. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2019 ini akan ada film yang diadaptasi dari novel. Biasanya, novel-novel yang diangkat ke layar lebar ini merupakan novel dengan jalan cerita menarik. Selain itu, novel ini juga populer dan sudah dibaca banyak orang.

Sebelum benar-benar diangkat ke layar lebar, yuk intip 10 novel yang diprediksi bakalan difilmkan di tahun 2019 seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (19/1).

1. The Woman in the Window karya A. J. Finn.

novel prediksi jadi film  © 2019

Loading...

foto: virginmegastore.ae  

Buku best-selling karya penulis asal Amerika ini mempunyai cerita thriller gelap dan penuh kejutan. Bercerita tentang Anna Fox, seorang perempuan yang memiliki gangguan kecemasan sehingga ia tak berani keluar dari apartemennya selama 10 bulan. Namun hal ini berubah ketika ia menyaksikan suatu hal mengerikan dari jendela rumahnya. Film dari adaptasi novel ini dijadwalkan akan rilis pada bulan Oktober 2019 dan dibintangi Amy Adams.

2. Little Women karya Louisa May Alcott.

novel prediksi jadi film  © 2019

foto: bookdepository.com

Novel cerita fiksi klasik yang mengisahkan tentang perjuangan hidup empat wanita bersaudara ini sebelumnya sudah pernah diadaptasi menjadi serial TV. Namun kali ini, novel yang pertama kali dipublikasikan pada 1868 akan diangkat ke layar lebar dengan deretan pemain film papan atas. Mulai dari Meryl Streep, Saoirse Ronan, Emma Watson, Florence Pugh, Laura Dern, hingga Timothée Chalamet. Film yang diperkirakan akan tayang di bioskop pada Desember 2019 atau awal tahun 2020 ini disutradarai oleh Greta Gerwig.

3. The Nightingale karya Kristin Hannah.

novel prediksi jadi film  © 2019

foto: emileereads.com

Novel lainnya yang akan diangkat ke layar lebar adalah The Nightingale. Karya salah satu penulis buku terlaris ini menuturkan kisah perjuangan dua saudara perempuan dengan latar waktu Perang Dunia II. Tepatnya pada tahun 1939, saat Perancis diinvasi oleh tentara NAZI. Film adaptasi novel ini menggambarkan perjuangan akan disutradarai oleh Michelle MacLaren.

4. The Rhythm Section karya Mark Burnell.

novel prediksi jadi film  © 2019

foto: goodreads.com

Film adaptasi novel karya Mark Burnell ini dijadwalkan rilis pada 22 Februari 2019 mendatang. Blake Lively dan Jude Law akan beradu akting dalam cerita thriller yang ditulis pada tahun 1999. Blake berperan sebagai tokoh utama bernama Stephanie yang bergabung dalam sebuah organisasi intelijen rahasia setelah mengetahui bahwa kecelakaan pesawat yang menewaskan semua keluarganya terjadi karena serangan teroris.

5. The Aftermath karya Rhidian Brook.

novel prediksi jadi film  © 2019

foto: herbeauty.co

Novel satu ini mengambil latar waktu pasca perang di Jerman tahun 1946. Mengisahkan tentang Rachael Morgan yang tiba di Hamburg untuk bertemu kembali dengan suaminya, seorang kolonel Inggris bernama Lewis Morgan. Namun secara tak terduga, suaminya memutuskan untuk tinggal bersama seorang duda Jerman dan anak perempuannya. Sejak saat itulah cerita kesedihan, emosi, dan pengkhianatan muncul. Film yang disutradarai oleh James Kent ini akan tayang pada tanggal 1 Maret 2019 di Inggris.

6. Where’d You Go, Bernadette karya Maria Semple.

novel prediksi jadi film  © 2019

foto: conversationsabouther.net

Ketika dipublikasikan pada tahun 2012, karya Maria Sample ini disebut sebagai karya yang cerdas dan menggugah. Menuturkan tentang seorang perempuan bernama Bee yang anti sosial dan jarang keluar rumah berusaha sekuat tenaga mencari ibunya, Bernadette yang menghilang secara tiba-tiba sesaat sebelum wisata keluarga ke Antartika. Film arahan Richard Linklater ini akan rilis pada Maret 2019 dan dibintangi oleh Cate Blanchett dan Kristen Wiig.

7. The Visible Filth karya Nathan Ballingrud.

novel prediksi jadi film  © 2019

foto: herbeauty.co

Novel satu ini sangat cocok bagi kamu pencinta horor. Novel yang diadaptasi menjadi film bertajuk The Translation of Wounds ini berkisah tentang seorang bartender di New Orleans yang mengalami peristiwa misterius dan kerap mengganggu dirinya setelah ia menerima telepon dan pesan dari handphone yang ditemukannya di bar. Film bergenre horor thriller ini diperkirakan akan rilis bulan Maret 2019 mendatang dan disutradarai oleh Babak Anvari.  

8. Pet Sematary karya Stephen King.

novel prediksi jadi film  © 2019

foto: johannslibrary.blogspot.com

Novel-novel karya Stephen King memang terkenal kerap melahirkan film-film horor dan thriller terbaik hingga saat ini. Sebut saja seperti The Shawshank Redemption, It, dan The Shining. Pada tahun 2019 ini sutradara Kevin Kölsch dan Dennis Widmyer akan membuat film remake Pet Sematary yang telah sukses menghantui para pembacanya sejak pertama kali tahun 1983. Dijadwalkan, Pet Sematary akan tayang di bioskop pada bulan April mendatang.

9. Goldfinch karya Donna Tartt.

novel prediksi jadi film  © 2019

foto: thebookcastle.blogspot.com

Novel sensasional yang mendapatkan penghargaan Pulitzer di tahun 2014 ini akan naik ke layar lebar pada bulan Oktober 2019. Bercerita tentang kehidupan seorang anak laki-laki bernama Theo yang berubah drastis sejak tragedi yang menimpanya. Meski selamat, Theo yang saat itu berusia 13 tahun harus kehilangan ibunya. Karakter Theo akan diperankan oleh Ansel Elgort yang akan beradu akting dengan Nicole Kidman dan Sarah Paulson.

10. The Sun Is Also A Star karya Nicola Yoon.

novel prediksi jadi film  © 2019

foto: poshmark.com

Novel kedua karya Nicola Yoon ini bercerita tentang kisah roman yang berbeda. Film ini bercerita tentang dua remaja saling jatuh cinta dalam kondisi yang sulit. Namun keduanya mampu membuktikan bahwa ketertarikan tidak hanya ditimbulkan oleh fisik tapi juga dari pemahaman dan cara berpikir. Film adaptasi yang disutradarai Ry Russo-Young ini akan rilis pada 17 Mei 2019 mendatang.