Brilio.net - Film horor sejak dulu sudah jadi tontonan favorit banyak orang. Isi film yang selalu mengaduk-aduk perasaan dan bikin bulu kuduk merinding ini memang sudah disukai banyak orang di dunia sampai sekarang.

Tapi tahukah kamu, jika sejak era 1960 sampai 1980-an sudah muncul film-film horor? Bahkan rata-rata film klasik itu masih sangat digemari, banyak dicari dan ditonton ulang hingga kini. Sampai-sampai banyak pecinta film horor dunia sepakat jika banyak film horor pada tahun-tahun itu adalah film horor terbaik sepanjang masa.

Penasaran apa saja?

Berikut 10 horor terbaik dunia era 60-80an yang seremnya nggak main-main, seperti dilansir brilio.net dari cheatseet, Sabtu (9/9). Awas, penakut dilarang baca apalagi sampai coba-coba nonton deretan film ini.

1. The Evil Dead (1981).

Loading...

10 Film horor terbaik era 60-80an © 2017 brilio.net

foto: renaissance pictures

Film ini kali pertama disutradarai oleh Sam Raimi. Awalnya dirinya dianggap sebagai sineas yang tak punya jam terbang tinggi dan dianggap tak bisa membuat film horor menarik, namun siapa sangka Evil Dead akhirnya dianggap sebagai salah satu film horor terbesar sepanjang masa.

Evil Dead bercerita tentang kisah lima mahasiswa Michigan State University, yang secara tidak sengaja melepaskan setan dan roh dari Kitab Orang Mati. Mungkin saat ini cerita itu begitu terdengar konyol, namun isi cerita keseluruhan Evil Dead tetap saja menakutkan banyak penonton sampai saat ini. Belakangan film kembali dibuat versi remake-nya.

2. Suspiria (1976).

10 Film horor terbaik era 60-80an © 2017 brilio.net

foto: seda spettacoli

Film horor tahun 70-an yang disutradarai Dario Argento ini dianggap karya horor terbaik karena teknik dan gaya pengambilan gambarnya mendekati sempurna, antara surealis dan mengerikan.

Suspiria semakin mengerikan saat ditonton karena Argento tepat memilih Goblin, band rock progresif untuk mengisi skoringnya (latar musik dalam film). Nada-nada mencekam karya Goblin membuat film ini bikin hati penonton berkecamuk nggak keruan. Penakut dilarang nonton!

3. Rosemary's Baby (1968).

10 Film horor terbaik era 60-80an © 2017 brilio.net

foto: william castle productions

Rosemary's Baby awalnya berasal dari karya novel Ira Levin pada 1967, yang kemudian diadaptasi sang sutradara Roman Polanski menjadi film horor berkelas dan mengerikan. Film ini kemudian mengangkat namanya menjadi sutradara terbaik hingga saat ini.

Film ini menceritakan tentang ibu rumah tangga muda bernama Rosemary Woodhouse dan suaminya Guy saat pasangan tersebut pindah ke gedung apartemen kuno di New York City. Setelah pindah, serangkaian acara menyebabkan Rosemary mencurigai suaminya Guy telah menandatangani sebuah perjanjian dengan tetangga mereka mengenai bayi yang belum lahir untuk tujuan ritual gaib.

4. Halloween (1978).

10 Film horor terbaik era 60-80an © 2017 brilio.net

foto: tv tropes

Film legendaris 70-an yang disutradarai John Carpenter ini dianggap sebagai pendahulu sekaligus pedoman genre film slasher-horror. Halloween adalah satu dari dua atau tiga film horor yang dikreditkan mendorong film horor menjadi 'naik kelas'.

Halloween menceritakan seorang pemuda Michael Myers yang membunuh kakak perempuannya. Namun usai dimasukkan rehabilitasi dia berhasil kabur dan berbuat onar di malam Halloween.

5. Alien (1979).

10 Film horor terbaik era 60-80an © 2017 brilio.net

foto: brandywine productions

Tagline terkenal pada film ini adalah, "Di luar angkasa, tidak ada yang bisa mendengar kamu menjerit". Dan menang benar, tema itu adalah salah satu alasan terbesar mengapa film horor bergenre sci-fi ini tetap menjadi salah satu film paling menakutkan yang pernah dibuat.

Disutradarai oleh Ridley Scott dan dibintangi oleh Sigourney Weaver, Ian Holm, dan John Hurt, Alien telah banyak mentransendensikan labelnya sebagai film horor yang bisa disebutkan di antara film-film terhebat sepanjang masa. Tapi bukan berarti itu tidak benar-benar menyeramkan.

Alien telah dipuji secara konsisten dalam beberapa dekade sejak diluncurkan dan dilantik ke National Film Registry dari Library of Congress pada tahun 2002 sebagai sebuah film terbaik dari sisi kultural, historis, dan estetika.

Secara garis besar, Alien menceritakan kisah astronot yang terjebak di luar angkasa saat memeriksa panggilan darurat dari kapal alien. Teror dimulai saat kru menemukan sarang telur di dalam kapal asing. Sebuah organisme dari dalam sebuah telur melompat keluar dan menempel pada salah satu kru, menyebabkan dia jatuh dalam keadaan koma.

6. The Haunting (1963).

10 Film horor terbaik era 60-80an © 2017 brilio.net

foto: argyle enterprises

Lupakan remake film ini pada tahun 1999 yang dibintangi Liam Neeson dan Catherine Zeta-Jones. Film horor Robert Wise tahun 1963 ini adalah salah satu film paling menakutkan yang pernah dibuat dan dianggap super mengerikan, bahkan ketika ditonton ulang sesudah 50 tahun film ini dirilis.

The Haunting menceritakan tentang sebuah tim penyelidik paranormal yang menghabiskan beberapa malam di sebuah rumah berhantu. Seiring peristiwa supernatural terus meningkat selama perjalanan tinggal mereka, salah satu anggota kelompok tersebut, Eleanor Lance, mulai menjadi semakin tidak stabil secara mental saat dia merasa yakin bahwa kekuatan di balik rumah tersebut berusaha membawanya pulang.

The Haunting benar-benar salah satu film terhebat dalam genre hiruk-pikuk rumah kengerian.

7. Psycho (1960).

10 Film horor terbaik era 60-80an © 2017 brilio.net

foto: apocalypse later

Psycho dianggap film menakutkan selevel dengan karya klasik seperti Halloween, Friday the 13th, atau Nightmare on Elm Street. Film yang dibesut oleh sutradara jenius Alfred Hitchcock ini disebut-sebut film yang selalu mengerikan, bahkan sampai 50 tahun sejak film ini dirilis.

Dikutip dari iza-anwar.blogspot, Psycho banyak menggaet bintang papan atas kala itu, seperti Janet Leigh (The Fog, 1980), Vera Miles (The Searchers, 1956), hingga Martin Balsam (12 Angry Men, 1957).

Dalam film ini, Janet Leigh berperan sebagai Marion Crane, seorang sekretaris real estate yang melarikan uang klien sebesar USD 40 ribu. Aksi nekat Marion itu dipicu pula oleh rencananya untuk menikah secara diam-diam dengan Sam Loomis (John Gavin), kekasihnya yang baru saja bercerai.

Dalam pelariannya, Marion sempat menginap dalam sebuah motel. Pemiliknya seorang pemuda canggung bernama Norman Bates (Anthony Perkins), hidup berdua dengan ibunya yang tua dan sakit-sakitan. Tidak lama, tersiar kabar bahwa Marion menghilang tanpa jejak. Ke mana ia pergi? Apakah dia dibunuh?

8. The Shining (1980).

10 Film horor terbaik era 60-80an © 2017 brilio.net

foto: warner bros

The Shining saat ini sudah dianggap sebagai salah satu film horor terbaik sepanjang masa, menjadi tonggak penting dalam sejarah film dan subjek budaya pop yang telah lama ada.

Dikutip dari nikenbicarafilm.blogspot, Jack Torrance (Jack Nicholson) menerima pekerjaan barunya sebagai caretaker di sebuah hotel terpencil bernama Overlook Hotel. Di saat off-season Jack mengajak istrinya Wendy (Shelley Duvall) dan putranya Danny (Danny Llyod) untuk tinggal di hotel tersebut selama beberapa bulan. Sialnya, hotel tersebut ternyata menyimpan rahasia kelam yang misterius.

9. The Texas Chainsaw Massacre (1974).

10 Film horor terbaik era 60-80an © 2017 brilio.net

foto: vortex

Dilansir dari movfreak.blogspot.com, layaknya film slasher lain, film ini mengisahkan tentang sekumpulan anak muda yang sedang melakukan perjalanan. Dua bersaudara Sally (Marilyn Burns) dan Franklin (Paul A Partain) bersama tiga orang temannya sedang melakukan perjalanan untuk mengunjungi rumah dan makam dari kakek Sally dan Franklin.

Di tengah perjalanan mereka bertemu dengan seorang pejalan kaki. Karena kasihan mereka memberi tumpangan padanya. Tapi lama kelamaan tingkah laku pria tersebut makin aneh. Dia mulai melukai tangannya sendiri dan puncaknya melukai Franklin dengan pisau. Hal itu membuat mereka mengusir pria tersebut dari mobil.

Sesampainya di tujuan mereka mulai menjelajah dan menemukan sebuah rumah. Rumah yang tidak mereka ketahui sebagai sebuah tempat penjagalan manusia milik Leatherface dan keluarganya yang tentu saja kesemuanya adalah orang sinting.

10. The Exorcist (1973).

10 Film horor terbaik era 60-80an © 2017 brilio.net

foto: warner bros

The Exorcist digolongkan sebagai film paling menakutkan sepanjang masa dan ini bukan kebetulan, 40 tahun setelah The Exorcist dirilis di bioskop, film ini sama menakutkannya seperti sebelumnya. The Exorcist menampilkan cerita yang benar-benar mengerikan, visual yang mengganggu, dan akting yang luar biasa dalam film yang mendapat pujian kritis karena memiliki perhatian untuk menakut-nakuti penonton dekade demi dekade.

Dikutip dari iza-anwar.blogspot, film ini bercerita pastor Merrin (Max von Sydow) yang melakukan penggalian artefak kuno di daerah Nineveh, Irak. Dalam penggalian tersebut, ia berhasil menemukan patung-patung kuno iblis Pazuzu dari mitologi Babilonia, wujud dari iblis yang sebelumnya pernah ia kalahkan.

Sementara itu, di Georgetown, seorang aktris terkenal bernama Chris MacNeil (Ellen Burstyn) harus menghadapi kenyataan bahwa putri semata wayangnya, Regan (Linda Blair) mengalami kejadian-kejadian aneh yang tidak bisa dijelaskan nalar.