Brilio.net - Saat ini masyarakat masih dalam gegap gempita melihat Timnas Indonesia berhasil masuk dalam semifinal piala AFF 2016. Boaz Solossa dkk berhasil membuat para penikmat bola merasakan keseruan kedua kesebelasan memperebutkan si kulit bundar.

Bahkan keseruan olahraga yang satu ini menginspirasi banyak pembuat film untuk membuat film bertemakan sepak bola. Diantaranya adalah 10 film ini.

Film bertema sepak bola ini mengajak kamu melihat keseruan permainan sepak bola di lapangan baik dari sudut pandang pemain maupun penonton. Penasaran apa saja filmnya? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Senin (5/12).

1. Escape to Victory (1981)

film sepakbola © 2016 brilio.net

foto: imdb.com

Escape to Victory juga dibintangi oleh sejumlah pemain sepakbola, seperti Pele dan Bobby Moore. Film yang sangat kental dengan sepak bola klasik ini juga dibintangi Sylvester Stallone, Michael Caine dan disutradarai oleh John Huston. Film ini bercerita tentang tawanan Perang Dunia II yang ditantang oleh sejumlah tentara Jerman.

2. Mean Machine (2001)

film sepakbola © 2016 brilio.net

foto: imdb.com

Film bergenre drama komedi ini disutradarai oleh Barry Skolnick. Film ini juga melibatkan Vinnie Jones, mantan pemain klub Wimbledon yang berperan sebagai seorang pemain sepakbola yang harus mendekam di penjara. Di dalam bui, Vinnie membangun sebuah tim sepakbola yang akan bertanding melawan tim sipir penjara. Film ini merupakan adaptasi dari film Amerika tahun 1974 The Longest Yard.

3. Shaolin Soccer (2001)

film sepakbola © 2016 brilio.net

foto: imdb.com

Film yang dirilis tahun 2001 ini disutradarai dan juga diperankan oleh Stephen Chow. Film ini berkisah tentang seorang gelandangan yang jago bela diri dan ingin mengubah nasib. Dia memiliki ide untuk menjadi pemain sepak bola yang unik, memadukan ilmu bela diri shaolin dan sepak bola. Setelah mengumpulkan saudara-saudara seperguruannya, terbentuklah tim sepakbola shaolin.

4. Bend It Like Beckham (2002)

film sepakbola © 2016 brilio.net

foto: imdb.com

Film ini bercerita tentang kegilaan seorang gadis keturunan India bernama Jess Bhamra, terhadap David Beckham. Ia akhirnya bergabung dalam sebuah tim sepak bola putri dan ingin bermain sepak bola secara profesional, meskipun pandangan tradisional India menuntut wanita untuk mengenakan sari dan tinggal di rumah. Film bergenre drama komedi yang dibintangi Parminder Nagra, Keira Knightley, Jonathan Rhys-Meyers, Anupam Kher, Shaznay Lewis, dan Archie Panjabi.

5. Zidane: A 21st Century Portrait (2006)

film sepakbola © 2016 brilio.net

foto: imdb.com

Film dokumenter yang dibuat tahun 2006 ini bercerita tentang pertandingan yang dilakoni salah satu bintang legendaris dunia, Zinedine Zidane. Kisah pemain Prancis ini difilmkan saat bermain untuk Real Madrid melawan Villareal pada 23 April 2005 di stadion Santiago Bernabéu. Film ini dibuat secara real time dengan menggunakan 17 kamera yang merekam semua gerakan Zidane.

6. Purely Belter (2000)

film sepakbola © 2016 brilio.net

foto: wikipedia

Film ini berkisah tentang perjuangan dua orang pekerja di Newcastle yang membanting tulang demi mendapatkan tiket untuk menonton pertandingan bola Newcastle United di St. James Park. Film bergenre drama komedi ini berdasarkan novel The Season Ticket karya Jonathan Tulloch. Film ini dibintangi oleh Chris Beattie and Greg McLane.

7. Goal!

film sepakbola © 2016 brilio.net

foto: wikipedia

Film yang disutradarai oleh Danny Cannon ini pemainnya antara lain ialah Kuno Becker, Alessandro Nivola, Marcel Iures, dan Stephen Dillane. Goal! merupakan film trilogi yang berkisah tentang seorang pemuda Meksiko yang mengejar mimpi menjadi bintang sepak bola profesional. Film ini disutradarai oleh Danny Cannon dan dibintangi oleh Kuno Becker, Alessandro Nivola, Marcel Iures, dan Stephen Dillane.

8. Cahaya dari Timur (2014)

film sepakbola © 2016 brilio.net

foto: wikipedia

Film drama Indonesia ini dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Shafira Umm. Film yang dirilis pada tahun 2014 ini diangkat dari kisah nyata. Film ini berkisah tentang Sani Tawainella yang ingin menyelamatkan anak-anak di kampungnya dari konflik agama yang terjadi di Ambon melalui sepak bola.

9. There's Only One Jimmy Grimble (2000)

film sepakbola © 2016 brilio.net

foto: imdb.com

There's Only One Jimmy Grimble adalah film produksi Inggris tahun 2000 yang berkisah tentang seorang remaja yang bercita-cita ingin bermain untuk klub Manchester City. Film ini bersetting di Oldham, Manchester, Inggris.

10. Garuda di Dadaku (2009)

film sepakbola © 2016 brilio.net

foto: imdb.com

Film ini disutradarai oleh Ifa Isfansyah dan dibintangi oleh Emir Mahira, Aldo Tansani, Marsha Aruan, Ikranegara, Maudy Koesnaedi, Ari Sihasale, dan Ramzi. Film ini berkisah tentang seorang anak kelas 6 SD yang ingin menjadi pemain sepak bola. Film ini juga dibuat sekuelnya dua tahun kemudian.