Brilio.net - Media massa terus berkembang. Kini media online saling berkejaran dalam memroduksi berita secara cepat. Kalah cepat dalam hal update informasi seolah menjadi sebuah kegagalan. Ini menjadi tantangan di dunia jurnalistik.

Masyarakat menjadi sulit membedakan mana media kredibel dan yang mana yang bukan. Sebagian orang memilih percaya dengan situs-situs yang dinilai memihak pada kelompok mereka tanpa merasa perlu melakukan penelusuran. Padahal, kerja jurnalistik adalah kerja panjang yang butuh ketepatan.

Lalu, bagaimana sebenarnya dapur redaksi di sebuah media? Bagaimana mereka mengolah berita? Nah, salah satu caranya adalah dengan menyaksikan film-film bertema jurnalistik. Kamu bisa mendapatkan gambaran seputar dapur redaksi.

Beberapa film tersebut diantaranya adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Thought Catalog. Foto-foto diambil dari imdb.com.

1. His Girl Friday (1940)

Loading...

film jurnalis  © 2017 imdb.com

Walter Burns (Cary Grant) adalah seorang editor sebuah media harian. Dia akan kehilangan mantan istri sekaligus reporter terbaiknya, Hildy Johnson (Rosalind Russell). Hildy memutuskan bercerai dari Walter karena dia menginginkan hidup sebagai ibu rumah tangga. Namun, kemampuan brilian dari Hildy terkait jurnalistik dinilai Walter begitu sayang jika tidak dipraktikkan.

Setelah bercerai, Hildy menyatakan berhenti dari pekerjaan dan ingin menikah lagi dengan Bruce Baldwin (Ralph Bellamy). Berbagai cara diupayakan oleh Walter agar Hildy tetap menjadi reporternya.

2. All The President’s Men (1976)

film jurnalis  © 2017 imdb.com

Dua reporter The Washington Post, Bob Woodward (Robert Redford) dan Carl Bernstein (Dustin Hoffman) mengungkap skandal Watergate. Ini mendorong pengunduran diri Presiden Amerika Serikat Richard Nixon.

3. Ace In The Hole (1951)

film jurnalis  © 2017 imdb.com

Pasca kehilangan pekerjaan sebagai jurnalis di kota besar, Charles Tatum (Kirk Douglas) bekerja di sebuah harian kecil di New Mexico. Pekerjaan baru itu terasa amat membosankan. Untuk melambungkan namanya, dia melaporkan sebuah upaya penyelamatan seorang pria yang terperangkap di gua rumah Indian. Tulisan itu dikirimkan ke harian ternama nasional. Tulisannya langsung mengguncang dunia media.

4. Capote (2005)

film jurnalis  © 2017 imdb.com

Truman Capote (Philip Seymour Hoffman) adalah seorang wartawan ternama di New York. Dia tertarik untuk mengungkap kasus pembunuhan Keluarga Clutter di Kansas. Kisah itu ingin dia tuangkan dalam novel berjudul In Cold Blood. Dengan modal ketenarannya, dia ingin menyentuh orang-orang terdekat keluarga Clutter.

5. Network (1976)

film jurnalis  © 2017 imdb.com

Howard Beale (Peter Finch) adalah seorang pembaca berita ynag baru dipecat karena rating programnya anjlok. Perusahaan memecatnya. Pembayaran atas kegagalan uang dilakukan Beale tidak diduga oleh siapapun. Ini berpengaruh besar pada Belae, co-workernya Max Schumacher (William Holden) dan Diana Christensen (Faye Dunaway) seta perusahaan yang telah memecatnya.

6. Broadcast News (1987)

film jurnalis  © 2017 imdb.com

Film berkisah tentang seorang produser yang bimbang untuk lebih mengutamakan antara substansi atau gaya untuk media beritanya.

7. Frost/Nixon (2008)

film jurnalis  © 2017 imdb.com

Wawancara antara host talkshow Inggris David Frost dengan mantan Presiden AS Richard Nixon pasca skandal Watergate dikisahkan dalam film ini.

8. Page One: Inside the New York Times (2011)

film jurnalis  © 2017 imdb.com

Andrew Rossi secara mengejutkan mendapat akses ke ruang redaksi The Newyork Times. Selama satu tahun dia mengamati kerja para jurnalis.

9. Good Night, Good Luck (2005)

film jurnalis  © 2017 imdb.com

Reporter Edward R. Murrow (David Strathairn) dan produser Fred W. Friendly (Sig Mickelson) mengungkap bahwa isu komunisme yang membuat masyarakat AS paranoid pada era 1950an hanyalah isu jualan dari seorang Senator Wisconsin, Joseph McCarthy.

10. Shattered Glass (2003)

film jurnalis  © 2017 imdb.com

Di film ini kita bisa menyaksikan aksi tipu-tipu seorang wartawan demi karier yang menanjak.