Brilio.net - Saat membeli celana jeans baru, banyak orang yang jarang mencucinya secara teratur. Bahkan dalam waktu seminggu jeans hanya dicuci satu kali. Mengapa? Karena semakin sering dicuci, warna jeans akan memudar dan mudah bladus. Ditambah lagi, ukuran jeans juga akan jadi lebih longgar alias melar. Jadi merawat jeans bukanlah perkara mudah, kan? Ya, meski kamu bisa saja pergi ke laundry, sebenarnya ada kok teknik khusus yang bisa kamu gunakan untuk mencuci jeans di rumah.

Brilio.net melansir dari Boldsky, Rabu (16/12) garam yang kerap menjadi sahabat dapur, konon katanya dapat membantu menghilangkan noda pada pakaian. Selain itu garam juga bisa menjaga serat dari bahan jeans kesayanganmu. Jadi, mari kita lihat tips mencuci celana jeans menggunakan garam sebagai bahan utama.

1. Isi air dalam ember. Tambahkan satu sendok makan garam dan rendam jeans dalam larutan garam. Biarkan selama satu jam.

2. Keluarkan celana jeans dari rendaman dan kamu bisa mencuci di mesin cuci atau dengan tangan. Tapi jangan menggosok atau menggodoknya, karena hal ini akan membuat jeans menjadi melar.

Atasi jeans bladus? Gunakan saja garam dapur

3. Gunakan detergen biasa saat mencuci jeans. Bilas dengan air bersih hingga busa menghilang.

Atasi jeans bladus? Gunakan saja garam dapur

4. Untuk mengeringkan, kamu bisa menggunakan mesin pengering jika diperlukan atau langsung menjemurnya di bawah naungan. Pastikan celana jeans kering di bagian dalam dan luar saat diangkat.

Atasi jeans bladus? Gunakan saja garam dapur

5. Setelah jeans mengering, setrika sesuai aturan label pada celana jeans lalu lipat dengan baik.

Atasi jeans bladus? Gunakan saja garam dapur

Nah, itu tadi langkah untuk mencuci jeans dengan garam. Tapi kamu bertanya-tanya nggak mengapa harus garam? Nggak pakai bahan-bahan dapur lainnya atau detergen aja nggak cukup? Ini alasannya!

Atasi jeans bladus? Gunakan saja garam dapur

1. Mencuci jeans dengan garam adalah metode terbaik untuk menjaga kualitas warna jeans.

2. Garam juga dapat menghilangkan noda makanan dan lumpur. Sehingga kamu tak perlu menggosok celana jeans untuk menghilangkan noda dari kain.

3. Biasakan mencuci jeans dari bagian dalam, untuk melindungi jeans dari kepudaran dan merusak kain.

4. Jika kamu mencampur garam dan larutan sabun, warna jeans akan terhindar dari campuran warna baju lainnya. Jadi, kemungkinan untuk kelunturan sangat kecil.

5. Menambahkan cuka putih dan garam akan sangat lebih baik untuk mencuci jeans baru. Warna tak akan pudar, serat pun tak akan melar.

6. Jangan gunakan pemutih kecuali kamu ingin memudarkan warna jeans. Pemutih hanya akan membuat serat jeans menipis dan mudah robek.

Apakah kamu memiliki lebih banyak ide menggunakan garam untuk mencuci jeans? Jangan ragu berbagi, yuk!