×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tips biar uang saku nggak habis buat ngeprint tugas dan skripsi

View Image

0

BRILIO » Ekonomi

Tips biar uang saku nggak habis buat ngeprint tugas dan skripsi

Ngeprint di rental print akan menguras uang saku lebih dalam.

(brl/pep)

31 / 03 / 2016

Brilio.net - Hayo, kamu yang ngakunya mahasiswa tentu tak lepas dari agenda garap tugas, atau skripsi. Selain menjadi salah satu rutinitas kamu sebagai mahasiswa, setelah kelar mengerjakannya kamu bakal dihadapkan dengan yang namanya mencetak atau ngeprint lembaran-lembaran pekerjaanmu yang lumayan banyak, seperti makalah presentasi misalnya.

Bagi mahasiswa yang memiliki printer, biaya tinta yang boros dan harga lembaran kertas tentu menjadi beban lumayan. Dan juga bagi kamu yang tak memiliki printer pribadi, pastinya sadar akan biaya ngeprint di rental print tak sedikit dan akan menguras uang saku lebih dalam. Apalagi tugas yang harus kamu print tak sedikit, puluhan hingga ratusan lembar. Bila dihitung-hitung, mending lebih irit kamu memiliki printer sendiri lho.

Tak perlu risau, ternyata selama ini banyak tips yang bisa kamu lakukan untuk irit ngeprint, dan bikin uang sakumu tak cepat habis. Nah, berikut brilio bagi tips biar uang sakumu nggak habis buat ngeprint tugas dan skripsi, Kamis (31/3).

1. Nebeng teman yang tajir.

brother ngeprint hemat Istimewa

foto: blog.ilkom.unsri.ac.id

Pastinya kamu punya teman kuliah, apalagi satu jurusan yang punya uang saku lebih dan bisa ditebengin buat ngeprint tugasmu. Bakal dikasih kok, tapi kamu juga harus tahu diri dan jangan berlebihan meminta bantuannya. Paling tidak kamu sangat terbantu untuk mengirit uang sakumu untuk beberapa waktu.

2. Sekali-kali pakai photo copy.

brother ngeprint hemat Istimewa

foto: fotocopyjayadigital.blogspot.com

Biasanya kalau tugasmu harus dicetak lebih banyak untuk dibagikan saat presentasi di kelas, mending pilih photo copy deh untuk tugasmu. Hindari diprint semuanya biar biayanya gak membengkak. Dengan menggunakan photo copy, biaya yang kamu harus keluarkan bisa lebih hemat separuh harga dari biaya ngeprint.

3. Nebeng ngeprint di kantor atau ruang dosen.

brother ngeprint hemat Istimewa

foto: shb.ac.id

Nah, tips jitu ini bisa kamu lakukan saat sedang berada di kantor bagian akademik atau ruang dosen. Minta aja dengan baik-baik, agar dikasih ijin buat ngeprint di sana. Terlebih, kamu tak perlu keluar dari area kampus untuk sekadar ngeprint.

4. Ngeprint di kantor himpunan mahasiswa.

brother ngeprint hemat Istimewa

foto: sipo-hn.com.cn

Kamu yang aktif di himpunan mahasiswa bisa dicoba tips ini. Kalau hanya beberapa lembar, pastinya bakal dikasih buat nebeng ngeprint tugas. Tapi, jangan banyak-banyak. Siapa tahu printer di kantor himpunan mahasiswa kamu tintanya boros, yang penting tugasmu bisa diprint di sana.

5. Kirim tugas pakai e-mail sesekali, gak usah nge-print.

brother ngeprint hemat Istimewa

foto: crillylaw.com.au

Terkadang tugas yang harus dikerjakan mahasiswa tak melulu dikumpulkan dalam bentuk lembaran kertas. Kamu bisa meminta dosenmu untuk menyetorkannya melalui e-mail. Perkirakan dulu, kira-kira semua temanmu did alam kelas setuju tidak dengan keinginanmu tersebut. Pengiriman melalui email tentu tak menguras kantong sakumu, cukup jaringan internet yang sekarang sudah semakin murah baiyanya.

6. Tugas ditulis pakai tangan juga boleh.

brother ngeprint hemat Istimewa

foto: azevia.wordpress.com

Bila tugasmu tak terlalu banyak, bisa tuh kamu coba untuk menulisnya dengan tangan. Lebih mudah, dan tak perlu ngeprint juga. Kamu hanya perlu lembaran kertas dan bolpoint untuk menyelesaikannya.

7. Beli printer yang hemat tinta.

brother ngeprint hemat Istimewa

foto: welcome.brother.com

Saat ini, beragam pilihan printer bisa kamu temukan. Tipsnya, carilah printer yang memiliki spesifikasi tinggi serta hemat tinta. So, belilah printer dengan daya cetak yang mumpuni. So, belilah printer Brother DCP-T300, printer multifungsi, desain bagus, hemat tinta, tersedia tempat tinta isi ulang dan juga kamu bisa mencetak hingga 6.000 halaman dengan tinta hitam. Wow.

8. Patungan sama teman buat bayar biaya ngeprint.

brother ngeprint hemat Istimewa

foto: xmuda.com

Hal biasa bila kamu harus mengerjakan tugas bareng teman-temanmu. Bila harus ngeprint bersamaan, kamu bisa join untuk patungan biaya print di rental. Toh, hasilnya juga nanti bakalan sama dan kamu tinggal menggandakan tugas-tugasmu dengan photo copy.

9. Pastikan tugasmu sudah sempurna sebelum diprint.

brother ngeprint hemat Istimewa

foto: viniwidivici.blogspot.com

Kesalahan penulisan dan sebagainya tentu membuatmu harus menguras kocek lebih dalam lagi. Ngeprint lagi, bikin biaya tambah bengkak dan menghabiskan uang sakumu. Hindari kesalahan semacam ini, pastikan semuanya sudah sempurna sebelum di bawa ke rental print atau saat ngeprint sendiri.

10. Bawa kertas sendiri saat ngeprint.

brother ngeprint hemat Istimewa

foto: musa1.en.hisupplier.com

Tips ini sudah umum, biaya ngeprint dengan kertas sendiri dari rental tentu sangat berbeda. Bisa memiliki perbandingan separuh harga, lebih murah tentunya. Dengan begitu, kamu terlebih dahulu membeli kertas dalam jumlah banyak atau biasanya satu Rim (isi 500 lembar). Harganya pun lumayan murah, tergantung type kertas yang sesuai dengan tugas yang kamu kerjakan.

Bete kan kalau uang saku sudah habis sebelum jadwal kiriman tiba gara-gara banyak dipakai ngeprint tugas kuliah? Nah, biar hal itu nggak terus kamu rasakan, baiknya kamu punya printer sendiri yang hemat, seperti printer brother ini.



Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    17%

  • Ngakak!

    50%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    33%

  • Love

    0%

MORE
Wave more