×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Dear mahasiswa, ini 5 cara tambah pemasukan tanpa minta ortu

View Image

0

BRILIO » Ekonomi

Dear mahasiswa, ini 5 cara tambah pemasukan tanpa minta ortu

foto: shutterstock.com

Untuk have fun pasti rasanya nggak enak kalau minta jatah sama orangtua.

(brl/tin)

17 / 07 / 2018

Brilio.net - Kamu yang lagi duduk di bangku kuliah pasti merasakan jika pengeluaran buat kebutuhan kuliah banyak banget. Mulai dari beli buku, ikut acara-acara di kampus, juga biaya praktikum, dan lain sebagainya. Belum lagi dengan pengeluaran yang sifatnya untuk hiburan seperti hangout di kafe, nonton, atau bahkan liburan bareng temen-temen.

Untuk beli buku, modul, dan lain sebagainya sih bisa minta orangtua, ya. Tapi untuk have fun pasti rasanya nggak enak kalau minta jatah sama orangtua. Apalagi jika uang saku sudah menipis, sementara niat hati ingin beli barang-barang lucu di mal. Duh, pasti dilema banget deh, ya?

Daripada gundah gulana memikirkan jatah dari orangtua yang saat ini sudah menipis, kenapa nggak coba cari uang saku tambahan aja? Meskipun sebagian besar waktumu dihabiskan buat kuliah, masih banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk menambah tebal dompet, kok. Menjadi mahasiswa bukan berarti selalu mengandalkan transferan jatah bulanan dari orangtua setiap waktu.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/7), beberapa alternatif pekerjaan yang bisa kamu coba buat menambah uang sakumu.

1. Jadi fotografer.

Dear mahasiswa, ini 5 cara tambah pemasukan tanpa minta ortu berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Jika selama ini kamu menggeluti hobi fotografi, dan memiliki kemampuan yang mumpuni, kenapa nggak manfaatin hobimu ini buat dapetin uang saku tambahan? Kamu bisa jadi fotografer nih.

Nggak harus buka studio layaknya fotografer profesional, kamu bisa jadi fotografer lepas atau freelance. Caranya gampang banget, kok. Kamu tinggal buka layanan sendiri via media sosial. Atau jika kamu punya koleksi foto yang menumpuk, daripada nganggur kamu bisa menjualnya ke situs-situs penyedia gambar seperti Shutterstock, 123RF, PhotoShelter, dan lain sebagainya.

2. Penulis freelance.

Dear mahasiswa, ini 5 cara tambah pemasukan tanpa minta ortu berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Kalau kamu hobi nulis, bisa juga part time menjadi penulis freelance. Daripada pakai internet buat main media sosial, posting status, atau bikin thread di Twitter doang, mending kamu menyalurkan ketertarikanmu di dunia tulis-menulis dengan ikutan nulis di Together Whatever lewat Brilio Creator nih, Sobat Brilio.

Kamu bisa kirim tulisan sesuai minatmu. Buat kamu yang suka mengupas musik, fashion, film, sampai video games, bisa banget pilih kategori Popcult. Kamu yang suka nongkrong, bisa tuh nulis di kategori Hipspotters tentang spot-spot nongkrong hits. Kamu pencinta traveling bareng teman-teman, bisa lho nulis di kategori Daytripper. Para techno geek bisa juga nih bikin artikel untuk kategori Technohack.

Deretan hadiah yang nungguin kamu ada kamera, LCD TV, sampai movie card. Tertarik buat ikutan? Caranya gampang banget. Kamu cukup nulis artikel di sini.

Serunya, tulisanmu nanti bakal nongol di togetherwhatever.id lho. Kamu juga bisa nemuin banyak inspirasi hits di togetherwhatever.id. Yuk, ikutan sekarang juga!

3. Jual kerajinan hasil karyamu.

Dear mahasiswa, ini 5 cara tambah pemasukan tanpa minta ortu berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Hobi membuat kerajinan tangan bisa dimanfaatkan jadi peluang usaha yang menjanjikan lho. Kamu bisa menjual hasil karyamu ke temen-temen kampus atau juga bisa dipasarkan secara online.

Supaya terlihat menarik, kamu bisa mengakali dengan menampilkan ciri khasmu pada kerajinan tersebut. Buat semenarik mungkin. Jika memiliki nilai seni yang tinggi, bukan nggak mungkin kerajinanmu bakal dihargai tinggi.

4. Jadi translator.

Dear mahasiswa, ini 5 cara tambah pemasukan tanpa minta ortu berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Jika kamu memiliki kemampuan berbahasa asing yang cukup baik, mau Bahasa Inggris, Jepang, maupun yang lain, maka kamu dapat mengomersilkan skill-mu untuk mendapatkan uang saku tambahan.

Kamu bisa menerima orderan menerjemahkan dokumen atau artikel dari Bahasa Indonesia ke bahasa asing atau sebaliknya. Keuntungan menjadi translator lepas adalah kamu bisa mengerjakannya di mana saja, bahkan dari kamar kostmu.

5. Bisnis online shop atau jadi reseller.

Dear mahasiswa, ini 5 cara tambah pemasukan tanpa minta ortu berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Dengan meningkatnya penggunaan media sosial dan meluasnya jaringan internet, usaha berbasis online shop kini digemari banyak orang, termasuk mahasiswa. Nggak harus jualan produk yang mahal, kamu bisa menjual makanan ringan, barang-barang perlengkapan mahasiswa, dan lain sebagainya.

Bingung karena modalmu terbatas dan belum sanggup bikin online shop sendiri? Kamu bisa menjajal jadi reseller nih, guys. Pemasarannya pun relatif mudah. Kamu tinggal memanfaatkan berbagai jaringan sosial yang kamu punya.

Gimana, Sobat Brilio? Nggak ada alasan lagi manyun transferan ortu kian tipis atau malah datang telat, kan? Kamu tetap bisa punya penghasilan sendiri, bahkan siapa tahu sedikit-sedikit bisa kamu tabung. Mandiri bisa dimulai dari hal sederhana dan sekarang juga. Setuju?

 

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!


Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    40%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    20%

  • Marah

    40%

  • Love

    0%

MORE
Wave more