×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Hal ini bukti kamu bisa mendapatkan maumu tanpa perlu pegang uang

View Image

0

BRILIO » Ekonomi

7 Hal ini bukti kamu bisa mendapatkan maumu tanpa perlu pegang uang

foto: linkedin.com

Praktis deh kapan pun dan di mana pun.

(brl/tin)

23 / 03 / 2017

Brilio.net - Di era modern ini, tanpa kamu sadari cara pemenuhan kebutuhan hidup mengalami banyak perubahan. Perkembangan teknologi adalah salah satu faktor yang berperan banyak dalam hal ini.

Salah satu contoh sederhana adalah dulu kamu butuh beli pulsa handphone (HP) ke counter HP dengan memberikan sejumlah uang, akhirnya bisa langsung beli di Automated Teller Machine (ATM) menggunakan kartu debitmu. Lebih praktis lagi sekarang beli pulsa bisa hanya dengan memanfaatkan smartphone-mu sehingga kamu tak perlu repot-repot pergi ke counter HP atau ATM. Dengan kata lain, kamu bisa melakukan transaksi jual-beli atau bahkan saving secara cashless, tanpa keluar uang tunai.
 
Nah, bukan cuma urusan beli pulsa saja yang bisa dilakukan secara cashless, lho. Berikut ini ada delapan contoh lainnya yang juga bisa dilakukan tanpa perlu pegang banyak uang atau tidak sama sekali, sebagaimana dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (23/3).

1. Belanja.

7 Hal ini bukti kamu bisa mendapatkan maumu tanpa perlu pegang uang berbagai sumber

foto: mnn.com

Kalau dulu harus bawa cash yang banyak untuk belanja dan sering merasa takut atau waswas uang yang kita bawa akan hilang, sekarang tak perlu merasakan ini lagi. Semua itu sudah digantikan oleh kartu. Mau kartu debit atau kartu kredit, keduanya bisa kita gunakan untuk belanja, baik belanja bulanan atau belanja kebutuhan sekunder dan tersier di mall.

Apalagi tersedianya situs belanja online untuk berbagai hal (termasuk groceries) bikin semuanya lebih mudah lagi. Tanpa perlu bawa cash dan keluar rumah, barang belanjaan justru akan dibawakan langsung ke rumah kita.

Untuk hal ini, kamu bisa memanfaatkan x-Card dari Jenius. Kartu debit tambahan ini selain bisa untuk transaksi online maupun offline, juga bisa membantu mengatur pengeluaranmu. Alokasikan dana khusus belanjamu di x-Card biar kegiatan belanjamu nggak kebablasan. Kalau kamu tahu batas maksimal nominal yang bisa kamu keluarkan untuk belanja, kamu akan terhindar dari belanja yang nggak perlu.


2. Makan.

7 Hal ini bukti kamu bisa mendapatkan maumu tanpa perlu pegang uang berbagai sumber

foto: authoritynutrition.com

Sama seperti saat belanja, kalau dulu mungkin kita biasa makan di restoran lalu bayar dengan cash. Sekarang pembayaran tinggal pakai kartu kredit atau debit. Kelebihannya, nggak perlu lagi nunggu kembalian.

Lebih kerennya lagi, sekarang kita mulai terbiasa pesan makanan online. Tinggal pesan melalui aplikasi, bayar menggunakan layanan transfer atau uang virtual, dan tinggal tunggu makanannya datang.


3. Naik transportasi umum.

7 Hal ini bukti kamu bisa mendapatkan maumu tanpa perlu pegang uang © 2017 brilio.net

foto: gisgeography.com

Dulu kalau mau pergi ke mana-mana, kita harus sediain uang cash untuk membeli tiket atau bayar sopir. Bahkan kalau naik angkutan umum, kita harus siap sedia uang cash dengan nominal kecil juga.

Sekarang semuanya mulai berubah. Kalau belakangan kita membeli tiket pesawat, kapal, maupun kereta dengan kartu kredit atau debit, sekarang taksi dan bahkan ojek menerima pembayaran dengan cara yang serupa. Kita bisa memanfaatkan ojek atau taksi online, terus bayarnya bisa dengan cara top up sejumlah dana atau dengan kartu kredit sehingga nggak perlu menggunakan uang cash.


4. Bayar tagihan.

7 Hal ini bukti kamu bisa mendapatkan maumu tanpa perlu pegang uang berbagai sumber

foto: usatoday.com

Perkembangan teknologi memang memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia saat ini. Bahkan kamu bisa membayar segala tagihan kebutuhan hidup sehari-hari lewat smartphone. Selain praktis, kamu nggak perlu lagi buang tenaga dan bensin untuk mendatangi tempatnya satu per satu ketika ingin membayar tagihan.

Nah, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Jenius untuk membayar seluruh tagihan dengan lebih mudah langsung dari smartphone-mu. Kerennya, tagihan ini akan otomatis tersimpan dalam daftar yang harus kamu bayarkan setiap bulan supaya nggak lupa. Kamu juga bisa bagi tagihan ini dengan orang lain. Misalnya, bayar tagihan TV dan Internet di rumah, kamu bisa split tagihannya supaya patungan sama saudara kamu atau orang rumah lainnya.


5. Biaya pendidikan.

7 Hal ini bukti kamu bisa mendapatkan maumu tanpa perlu pegang uang berbagai sumber

foto: playbuzz.com

Dulu kalau mau bayar uang kuliah, kita pasti harus bawa uang tunai dan datang ke bank untuk setor tunai ke rekening tujuan. Sekarang nggak perlu ribet lagi, sebagian besar institusi pendidikan memungkinkan kamu untuk melakukan pembayaran dengan transfer via ATM atau lewat aplikasi mobile banking di smartphone-mu. Selain mudah, kamu nggak perlu kelamaan antre di bank untuk membayar.


6. Beli tiket film atau konser.

7 Hal ini bukti kamu bisa mendapatkan maumu tanpa perlu pegang uang berbagai sumber

foto: franksecure.com.au

Pernah mengalami antre panjang buat dapetin tiket film yang ditunggu-tunggu atau konser musisi favorit? Untungnya sekarang nggak perlu alami kejadian itu lagi, ya. Kesulitan yang harus kamu hadapi tinggal masalah koneksi internet saat kamu pesan tiket online supaya kursi atau kelas tiket incaran kamu nggak keburu diambil orang lain.

Selain bisa dilakukan di mana saja, pembayaran juga lebih mudah dengan kartu kredit atau debit. Apalagi kalau ada promo khusus dari bank tertentu yang memungkinkan kamu dapat potongan harga saat membayar.


7. Traveling.

7 Hal ini bukti kamu bisa mendapatkan maumu tanpa perlu pegang uang berbagai sumber

foto: donationtravel.com

Pernah terpikir kenapa urusan traveling lebih mudah dilakukan sekarang daripada dulu? Karena banyak hal yang berubah jadi lebih efisien dan efektif ketika dilakukan sekarang. Salah satunya soal uang yang perlu kamu bawa saat traveling. Masalah nominal uang tunai yang harus kita bawa selalu jadi pertimbangan, apalagi kalau pergi ke tempat dengan mata uang berbeda.

Dulu kita harus memastikan menukar uang di money changer dengan jumlah yang tepat supaya nggak ribet mencari money changer di tempat tujuan. Sekarang kita nggak perlu memikirkan itu karena pembayaran bisa dilakukan dengan kartu kredit juga. Sisi jeleknya, kartu kredit punya limit yang berbeda-beda dan urusan bayar tagihan di akhir jalan-jalan selalu jadi pengalaman yang nggak menyenangkan.

Kalau kamu punya rekening Jenius, kamu akan menyadari bahwa kartu debit Jenius yang kamu miliki sudah berlabel VISA debit card, yang berarti bisa kamu pakai di luar negeri. Transaksi dengan gesek atau tap kartu bisa kamu lakukan, karena kartu debit Jenius dilengkapi VISA payWave. Bahkan tarik tunai di ATM di luar negeri juga bisa, asalkan ATM yang kamu tuju sudah termasuk jaringan VISA. Jadi, nggak perlu bawa cash banyak-banyak lagi, kan?

Eits, jangan lupa download dan aktivasi Jenius untuk iOS atau Android sekarang.

 



Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    50%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

MORE
Wave more