Brilio.net - Saat ini semakin banyak milenial yang mencoba peruntungan di dunia trading. Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), saat ini dari total investor yang terdaftar rata-rata berasal dari generasi milenial. Tak heran jika kini makin banyak platform broker yang memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai dunia trading kepada milenial dengan cara simplifikasi alias menyederhanakan persyaratan.

Nah sebagai pemula tentu saja mereka harus banyak belajar tentang bisnis yang satu ini agar tidak mengalami kerugian. Maklum, trading butuh kehati-hatian dan kejelian supaya tak salah dalam mengambil keputusan.

Tapi di era perkembangan teknologi saat ini, mempelajari trading itu bukanlah hal yang sulit. Karena banyak situs atau platform yang memberikan informasi mengenai tools trading seperti MetaTrader 4 atau 5, yang digunakan untuk memantau keuntungan perdagangan.

Apalagi, tidak sedikit investor milenial yang bermain di perdagangan harian. Ini adalah bentuk spekulasi dalam sekuritas di mana pedagang membeli dan menjual instrumen keuangan dalam hari perdagangan yang sama. Yang perlu dicatat, aset yang diperdagangkan tersebut tidak berwujud dan berkembang. Perdagangan harian adalah perdagangan yang serius karena itu dibutuhkan keterampilan dengan alat khusus (tools) untuk mendapatkan hasil terbaik.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Ada beberapa tools trading komersial berbayar, tapi ada juga yang gratis. Nah buat kamu yang mulai terjun ke bisnis trading, mesti memiliki perencanaan yang tepat dan tools untuk memaksimalkan kesuksesan perdagangan harian kamu.

1. Internet berkecepatan tinggi

Konektivitas online merupakan aspek penting dari perdagangan. Karena itu koneksi internet yang stabil dan andal sangat penting bagi pedagang harian yang sibuk. Tanpa internet kecepatan tinggi, kamu tidak bisa melakukan pekerjaan mahal itu. Sebaiknya kamu menggunakan koneksi broadband fisik untuk mengamankan koneksi seluler kamu.

2. Memilih pialang daring yang kredibel

Umumnya trader milenial tidak memiliki kantor sendiri yang terdaftar di bursa saham atau kontrak eksklusif dengan perusahaan keuangan, karena itu diperlukan broker. Sebaiknya identifikasi pasar dan produk perdagangan yang kamu inginkan dalam rencana perdagangan. Oleh karena itu, gunakan pengetahuan ini untuk memilih broker yang dapat memberi kamu akses.

Penting untuk memilih broker yang tepat. Pialang terbaik untuk perdagangan belum tentu yang termurah. Karena harga rendah seringkali menutupi biaya tersembunyi. Di sisi lain, broker mahal tidak serta merta mengenakan biaya tambahan. Berhati-hatilah dengan apa yang kamu dapatkan dari broker.

Temukan broker yang sesuai dengan strategi perdagangan kamu. Pastikan kamu memiliki satu atau dua broker cadangan jika ingin melakukan perdagangan harian dengan lebih serius. Kamu bisa memanfaatkan broker FXTM.

3. Platform perdagangan

Banyak broker menawarkan platform trading, yaitu perangkat lunak entri pesanan. Dalam banyak kasus, kamu dapat menganalisis data untuk membuat keputusan trading. Di sisi lain, ada platform trading atau multi-broker yang sangat baik. Dengan alat khusus ini, kamu dapat mengubah beberapa broker melalui satu antarmuka perangkat lunak. Platform multi-broker menawarkan beberapa keuntungan, juga berguna jika kebutuhan kamu telah dipenuhi broker lain dan memutuskan untuk melakukan perubahan.

4. Perhatikan arus data

Platform trading membutuhkan sumber data. Beberapa platform trading menyertakan umpan data gratis, sementara yang lain tidak. Data disediakan dalam bentuk volume dan harga perdagangan historis dan real-time, serta sumber informasi. Sumber data ini gunanya untuk melihat data pasar. Apa pun sumber data yang kamu pilih, pastikan sumber tersebut memiliki produk dan pasar yang tepat. Kamu dapat memilih yang dibutuhkan dan mengkonfigurasinya sesuai keinginan.

5. Pastikan kamu memiliki komputer performa tinggi

Salah satu kondisi paling kontroversial dalam trading adalah kebutuhan komputer yang memiliki performa tinggi dan super cepat. Perangkat ini sangat diperlukan bagi mereka yang serius terjun di bisnis ini. Nah karena komputer merupakan kebutuhan trading yang hanya dibeli sekali dalam beberapa tahun, belanjakan uang kamu untuk komputer berperforma tinggi. Sementara laptop performa tinggi adalah pilihan bagi trader yang lebih banyak memanfaatkan ponsel. Jadi apa pun komputer yang kamu pilih, pastikan perangkat ini tidak akan menghalangi untuk bekerja karena lemot.

6. Butuh modal loh

Ada banyak bisnis yang hanya membutuhkan kecerdikan dan strategi. Artinya modal tidak terlalu menjadi fokus utama. Tapi tidak demikian dengan trading harian. Kamu membutuhkan modal awal atau modal simulasi untuk memulai bisnis. Sebab, modal sangat menentukan apakah kamu memenuhi persyaratan standar broker harian. Bagaimanapun, trading membutuhkan modal.

(brl/red)