Brilio.net - Bukan rahasia lagi jika kini hampir semua sektor kehidupan berkaitan erat dengan perkembangan teknologi, termasuk di bidang finansial. Dulu, orang bertransaksi menggunakan uang tunai. Lalu mulai muncul “uang plastik” alias kartu kredit.

Kini, keberadaan kartu kredit pun semakin ditinggalkan. Transaksi sekarang bisa dilakukan tanpa tunai dan kartu kredit. Cukup memanfaatkan teknologi digital melalui smartphone, semua beres.

Belakangan muncul kredit tanpa kartu via aplikasi atau paylater. Layanan ini sebenarnya memiliki konsep yang tidak jauh berbeda dengan kartu kredit yang selama ini sudah dikenal masyarakat. Namun, layanan yang umumnya diberikan oleh fintech ini bisa dijangkau lebih banyak kalangan karena memiliki syarat pengajuan yang simpel dan praktis.

Nah, kamu yang berencana untuk memanfaatkan layanan dan fitur cicilan online, simak ulasan tentang bagaimana cara menggunakannya berikut ini.

1. Gunakan di toko online atau marketplace terpercaya

Loading...

6 Tips kredit tanpa kartu © 2020 brilio.netstartupbiz.co.zw

Kendati bisa digunakan di beberapa toko konvensional, kebanyakan layanan kredit tanpa kartu ditawarkan di toko online atau marketplace. Selain hampir semuanya telah memiliki layanan tersebut, kamu juga berkesempatan mendapatkan berbagai promo menarik saat menggunakan layanan ini di toko online.

Tapi perlu diingat, lakukan transaksi di e-commerce ternama dan terpercaya. Dengan begitu, kamu dapat memastikan bahwa metode pembayarannya bisa dilakukan dengan layanan kredit tanpa kartu dan berkesempatan mendapatkan keuntungan tambahan seperti promo diskon dan juga cashback.

2. Perhatikan seluruh persyaratan dan ketentuan saat pengajuan

6 Tips kredit tanpa kartu © 2020 brilio.netIndodana.id

Secara umum, marketplace dan aplikasi belanja daring sudah menyediakan layanan kredit tanpa kartu guna meningkatkan kenyamanan dan minat belanja konsumen. Namun, sebelum bisa menggunakan layanan tersebut, kamu perlu memahami syarat dan ketentuan, serta melakukan serangkaian tahapan pendaftaran terlebih dahulu.

Tidak sulit, pengguna biasanya hanya akan dimintai beberapa berkas persyaratan yang umum, seperti KTP, akun BPJS, serta NPWP. Tergantung dari penyedia layanannya, ada kalanya kamu juga dimintai beberapa berkas pendukung lain agar bisa melancarkan proses pendaftaran layanan.

Setelah melakukan pendaftaran dengan mengisi informasi diri dan memenuhi beragam syarat yang ditentukan, kamu hanya perlu mengajukan permohonan layanan kredit secara online. Jika semua berkas lengkap dan tidak ada keluhan dari pihak penyedia layanan, pengajuan layanan biasanya bisa langsung diverifikasi dalam waktu tidak lebih dari 24 jam.

3. Hindari mengajukan cicilan baru sebelum melunasi cicilan sebelumnya

6 Tips kredit tanpa kartu © 2020 brilio.netIndodana.id

Sebagai suatu produk pinjaman, jangan ajukan kredit tanpa kartu jika masih memiliki beban cicilan. Khususnya saat membeli produk elektronik berharga mahal, tahan diri terlebih dahulu dan usahakan untuk fokus melunasi cicilan yang saat ini dimiliki. Jika dipaksakan, beban kredit yang terlalu berat dapat menimbulkan berbagai masalah di kemudian hari, seperti kesulitan memenuhi kebutuhan pokok dan memperburuk skor kredit.

4. Bijak dan manfaatkan sesuai kondisi keuangan

6 Tips kredit tanpa kartu © 2020 brilio.netfinancebuzz.com

Sama halnya dengan produk pinjaman lain, sikap bijak dan memahami kondisi keuangan adalah kunci utama agar bisa menggunakan kredit tanpa kartu dengan aman. Jika digunakan secara berlebihan, jenis pinjaman apapun pasti akan berisiko menjadi utang yang berkepanjangan dan lebih sulit untuk dilunasi. Karena itu, jangan jadikan kemudahan mengajukan layanan ini untuk kalap berbelanja dan menambah pengeluaran tanpa tujuan yang jelas.

5. Tentukan tenor pembayaran yang pas

6 Tips kredit tanpa kartu © 2020 brilio.netIndodana.id

Tenor pembayaran memiliki pengaruh krusial dalam jumlah cicilan yang nantinya harus rutin kamu bayarkan. Semakin panjang tenornya, beban cicilannya akan menjadi semakin ringan. Namun, di sisi lain, tenor pembayaran yang terlalu panjang membuat utang semakin lama lama lunas dan mengharuskan kamu berkomitmen lebih tinggi terhadap proses pelunasannya.

Nah biar aman, usahakan memilih tenor pembayaran yang pas, tidak terlalu panjang maupun terlalu singkat. Mudah saja untuk melakukannya, cukup pilih tenor cicilan yang memiliki beban tagihan sesuai dengan kemampuan finansial. Dengan begitu, kondisi keuangan kamu akan tetap kondusif dan bisa terbebas dari beban kredit tanpa kartu dengan waktu paling optimal.

6. Jangan menumpuk utang

6 Tips kredit tanpa kartu © 2020 brilio.netbostonmagazine.com/ilustrasi foto CJ Burton

Siapa sih yang betah memiliki banyak beban utang yang berkepanjangan? Semua orang pasti merasa terbebani saat memiliki beban utang, baik yang jumlahnya besar maupun kecil sekalipun. Jangan sampai karena merasa mudah mengajukan layanan, kamu jadi kalap berbelanja dan menumpuk cicilan hingga terlalu besar.