Brilio.net - Kereta bandara Soekarno Hatta (Soetta) akhirnya resmi beroperasi mulai Jumat (1/12). Hadirnya kereta bandara membuat akses semakin cepat dan mudah.

Selama ini, akses ke Bandara Soetta hanya terjangkau dengan bus, taksi, dan mobil pribadi yang berarti harus melalui ruas jalan dan lalu lintas yang padat, belum lagi di jam-jam sibuk. Akibatnya, waktu perjalanan pun banyak yang tersita hanya untuk menuju dari dan ke bandara.

Kamu pasti penasaran kan seperti apa saja faktanya? Berikut brilio.net rangkumkan berdasarkan pengalaman sewaktu mengikuti langsung proses uji cobanya.

1. Melewati 5 stasiun.

KA Bandara © 2017 brilio.net

Loading...

Rute kereta Bandara Soekarno-Hatta mulai dari Stasiun Manggarai kemudian melewati Stasiun Sudirman Baru, Duri, Batu Ceper hingga sampai Stasiun Soekarno-Hatta.

2. Waktu tempuh 40-55 menit.

KA Bandara © 2017 brilio.net

Waktu tempuh dari Stasiun Manggarai sampai Stasiun Bandara Soetta membutuhkan waktu hanya 40-55 menit.

3. Bisa angkut 272 penumpang.

KA Bandara © 2017 brilio.net

Satu trainset terdiri dari 6 kereta yang mampu mengangkut 272 penumpang. Kereta ini akan berangkat tiap 30 menit sekali. Jadwal pengoperasian dimulai dari pukul 03.00 dini hari WIB hingga 23.00 WIB.

4. Hadirnya pramugari cantik di kereta api bandara.

KA Bandara © 2017 brilio.net

Ketika masuk ke kereta api bandara, kamu akan disambut dengan senyuman manis para pramugari cantik di kereta ini. Merek akan siap memberikan pelayanan berupa informasi kepada para penumpang kereta

5. Kereta ini hadirkan fasilitas mewah.

KA Bandara © 2017 brilio.net

Tim Brilio sempat menikmati sejumlah fasilitas yang tersedia di dalam. Setiap kursi yang berada di kereta ini memang dirancang layaknya kursi pesawat. Dibuat senyaman mungkin untuk para penumpang. Meski perjalanan kurang dari 1 jam, namun kenyamanan penumpang yang paling utama.

KA Bandara © 2017 brilio.net

Kereta bandara dilengkapi dengan pendingin udara (full AC), pengisi daya ponsel (charging port), dan toilet terpisah antara pria dan wanita, sehingga penumpang akan nyaman.

KA Bandara © 2017 brilio.net

KA Bandara © 2017 brilio.net

Selain itu, di tiap gerbong kereta juga dilengkapi bagasi khusus untuk menempatkan barang bawaan penumpang serta empat layar TV LED untuk hiburan dan juga memberikan informasi posisi kereta.

6. Harga tiket Rp 100.000.

KA Bandara © 2017 brilio.net

Kereta bandara yang rencananya akan beroperasi pada 1 Januari ini akan dikenakan biaya sebesar Rp100.000. Namun Menteri Perhubungan masih mempertimbangkan harga tersebut karena dianggap terlalu mahal.

"Ini tarif kita sedang pelajari. Kemarin Presiden memang menyatakan mungkin itu agak terlalu mahal dan kita akan kaji dengan suatu angka lebih bersahabat," ucap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (5/12).