1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Ekonomi
29 Desember 2016 09:25

5 Hal sepele & nggak kamu sadari paling menguras kantong

Waktunya ngecek lagi ke mana uangmu pergi, guys.

Brilio.net - Kamu tipe yang suka nggak sadar ngeluarin duit buat ini itu sampai dompet jebol? Waktunya ngecek lagi ke mana uangmu pergi, guys. Karena ternyata tanpa kamu sadari, kebutuhanmu sehari-hari itu bener-bener bisa menguras kantong.

Sebagaimana dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (29/12), berikut 5 hal yang bisa bikin kamu bokek tanpa kamu sadari:

1. Pulsa atau paket data internet.

foto: Ponselpilihan.com

Pulsa atau paket data internet sekarang ini udah jadi kebutuhan pokok setiap orang. Nah, kalau nggak kamu cek kembali penggunaannya, bisa-bisa pulsa internet habis terus beli lagi dan lagi dalam sebulan. Pengeluaran jadi membengkak, deh.

Nah, ada cara jitu biar kamu nggak boros di pulsa internet. Cara ini udah banyak diterapin, yaitu pakai sistem beli paket perdana internet baru setiap kali paket perdana internet sebelumnya habis. Jadi, bukannya berlangganan, melainkan sistem "beli-buang" gitu.

Kalau kamu butuh lebih banyak koneksi internet, mending cari hotspot free wifi, misalnya di kampus, kantor, atau taman yang nyediain wifi gratis biar hemat pulsa internet di smartphone-mu.

2. Makanan.

foto: istockphoto.com

Makanan juga bisa bikin kantongmu jebol. Gimana nggak jebol kalau makan sehari-hari kamu milihnya di kafe-kafe mahal? Terus seminggu sekali nongkrong sama temen di restoran mahal? Wah, kalau begini terus, bisa-bisa minggu pertama pasca gajian, gaji kamu langsung habis.

Nah, mending kamu berhemat dengan beli makan di rumah makan yang harganya standar. Semisal kamu ngekost, bisa tuh barengan masak sama temen kost sehingga bisa patungan biaya belanja buat masak.

Selain itu, kalau mau makan-makan bareng temen segeng, bisa dijadwalin sebulan sekali. Tapi pastikan kamu udah alokasikan budget untuk ini, jadi keuangan kamu nggak berantakan.

3. Fashion dan perawatan diri.

foto: istockphoto.com

Siapa yang nggak ingin tampil ganteng atau cantik? Nggak apa-apa kamu beli baju, alat make-up, sampai perawatan ke salon buat ngikutin tren biar kekinian. Walaupun begitu, kamu perlu menemukan cara untuk tetep tampil hits tanpa bikin tekor. Sekarang banyak outlet baju atau toko online baju sekaligus aksesoris yang nawarin harga terjangkau. Bahkan kalau kamu punya hobi berkreasi sama pakaian atau aksesoris, bakal lebih menguntungkan lagi. Selain ngasah kemampuanmu, kamu bisa tampil kece hasil karya sendiri. Siapa tahu kan, ke depannya bisa jadi ladang bisnis baru?

Nah, kalau nanti buka lapak beneran, kamu bisa manfaatin fitur $Cashtag dari aplikasi Jenius yang mempermudah transaksi sama calon customer-mu, lho. $Cashtag ini adalah pengganti nomor rekening, jadi kau nggak perlu ribet afalin 10 angka rekening, cukup dengan nama, kamu udah bisa transaksi. Mau tau bagaimana caranya? Cek video berikut ini, guys:

 

4. Nongkrong sama temen.

foto: istockphoto.com

Nongkrong sama temen segeng itu seru abis. Apalagi kalau dibarengi sama makan, minum, atau ngemil. Nah, kalau nggak mempertimbangkan budget acara ini, nongkrong bisa jadi salah satu alasan kamu bokek mendadak sebelum akhir bulan, lho.

Kamu bisa jadwalin nongkrong dua minggu sekali atau seperlunya. Terus kalau mau sekalian makan-makan, cari aja kafe yang harganya sesuai kantong. Sekarang banyak banget kafe-kafe hits, cozy, interiornya Instagramable, dan menu-menunya yummy yang ramah sama kantong anak muda, kok.

Kalau mau luxurious dikit, bolehlah kamu dan temen segeng jadwalin sekali sebulan. Biar kalian punya rentang waktu buat nyisihin budget. Terus, pastikan juga bayarnya patungan, jangan sampai kamu tekor bayarin temen terus. Kalau kamu pakai aplikasi Jenius, ada fitur Split Bill yang bisa bantuin bagi bon kamu ke teman tanpa takut ngerasa nggak enakan. Makan bareng jadi lebih hemat dan fun!

5. Transportasi.

foto: istockphoto.com

Ya, transportasi juga bisa bikin kantongmu cekak. Misalnya aja kamu milih bertempat tinggal jauh dari kantor atau kampus yang bisa bikin budget transportasi membengkak. Terus bisa juga karena kebiasaanmu yang nggak bisa lepas dari kendaraan bermotor walaupun tempat tujuan deket sehingga duit kesedot buat bensin.

Kalau kamu pakai Jenius, masalah transportasi nggak akan jadi masalah. Kini Uber bekerja sama dengan Jenius bikin perjalananmu ke mana saja di dalam area Jabodetabek cukup bayar setengah harga. Pastikan pembayaranmu menggunakan e-Card Jenius, kamu akan dapat diskon 50% untuk 20 perjalanan sampai dengan Rp 50.000 per trip dengan memakai kode UBERXJENIUS. Cari tau detailnya di sini ya.

Cara lainnya adalah mulai coba membiasakan diri dengan jalan kaki atau untuk tujuan perjalanan yang jaraknya nggak terlalu jauh. Kamu malah bisa jadi lebih sehat dengan melakukan ini.

Nah, sekarang kamu bisa ngecek kembali lima hal di atas beneran nguras kantongmu atau nggak. Kalau iya, coba atur ulang lagi keuangan dan pengeluaranmu ya, karena semua hal yang kamu lakukan punya konsekuensi finansial.

Kalau kamu mau tau lebih lanjut soal Jenius, klik ke sini. Download dan aktivasi Jenius untuk iOS atau Android sekarang.

 

(brl/pep)

YOU MAY ALSO LIKE

BRILIO VIDEO

Pritttt Ratusan Ayam Mendekat
Bermodal szemprit, ratusan ayam mendekat.

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?