Brilio.net - Ketika kamu membuka situs e-commerce, platform akomodasi, atau transportasi online, mungkin pernah melihat opsi sistem pembayaran pay later. Ini adalah layanan pinjaman online tanpa kartu kredit yang memungkinkan pengguna membayar suatu transasksi dibayar di kemudian hari. Ada yang menggunakan sekali bayar atau juga dicicil.     

Nggak heran jika sistem “bayar nanti” ini sekarang banyak diminati masyarakat. Layanan ini dinilai mampu menjadi solusi manajemen keuangan yang tepat. Tapi tentu saja pengguna harus bijak memanfaatkan layanan ini agar tak kebablasan dan pada akhirnya membuat ribet.  

Nah, saat ini ada banyak produk paylater yang ditawarkan beberapa perusahaan, seperti Indodana, Gojek, dan Traveloka. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.

1. Indodana

3 Paylater © 2021 brilio.net

Loading...

Indodana PayLater merupakan jasa kredit digital yang dapat dipakai untuk membeli berbagai produk di toko-toko yang telah bekerjasama dengan Indodana. Layanan berslogan “belanja sekarang, bayar nanti” ini meliputi beberapa marketplace besar sehingga cocok untuk kebutuhan belanja bulanan.

Indodana PayLater menawarkan limit pinjaman maksimal Rp25 juta, bunga sebesar 4 persen setiap bulan, serta tenor 1 bulan hingga 1 tahun. Untuk mendaftar layanan ini, kamu bisa registrasi melalui aplikasi yang diunduh di App Store maupun Play Store. Kemudian, isilah data diri untuk kebutuhan verifikasi.

2. Gojek

3 Paylater © 2021 brilio.netGojek

Gojek memiliki layanan pinjaman digital bernama GoPay PayLater. Metode pascabayar ini biasanya hanya ditawarkan untuk para pelanggan terpilih sesuai kriteria sistem aplikasi. Bagi yang terpilih, bisa melihat pemberitahuan di aplikasi dan tinggal klik untuk mendaftar tanpa memerlukan pengisian formulir. Sayangnya, GoPay PayLater hanya bisa dipakai untuk produk-produk dalam aplikasi Gojek.

3. Traveloka

3 Paylater © 2021 brilio.net

Awalnya, Traveloka PayLater merupakan layanan pinjaman dalam bentuk saldo kredit yang khusus dipakai untuk membeli produk-produk di situs web maupun aplikasi Traveloka. Produk-produk yang dimaksud, antara lain, tiket kereta api, tiket penerbangan, pemesanan hotel, atraksi atau hiburan, tiket bus, sewa mobil, kuliner, bioskop, akomodasi bandara, kamar bujet, serta hotel last minute.

Namun, saat ini, Traveloka PayLater sudah dikemas dalam bentuk kartu kredit sebagai hasil kolaborasi dengan Bank BRI. Berkat produk pinjaman tersebut, nasabah tidak hanya bisa membeli di Traveloka, tetapi juga di toko-toko berlogo Visa di dalam maupun luar negeri.

Setelah melihat beberapa kelebihan, tentunya pilih paylater dari Traveloka sangat menguntungkan, bukan? Terlebih, proses verifikasi saat mendaftar PayLater sangat cepat dan aman. Cukup siapkan data diri, pekerjaan, dan keluarga. Kemudian, siapkan kartu identitas untuk kebutuhan verifikasi. Proses pemeriksaan ini hanya perlu waktu 1 jam sehingga kamu bisa segera menggunakan layanan PayLater.