Brilio.net - Kebutuhan semakin banyak yang harus dipenuhi, pemasukan juga kudu sebanding dengan pengeluaran. Apalagi buat yang masih mahasiswa. Pengen beli gadget baru, tapi uang saku cekak? Atau kamu ingin punya uang saku lebih untuk jajan dan traveling? Jangan kepikiran buat gandain duit secara ajaib deh ya...

Yup, caranya ya cuman cari uang saku tambahan dengan kerja. Meskipun sebagian besar waktu kamu dihabiskan buat kuliah, masih banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk menambah tebal dompet lho, Sob!

Nah berikut ini brilio.net udah ngumpulin ada 10 part-time job yang bisa kamu coba tanpa harus percaya sama yang namanya “Kugandakan uang kalian”! Simak di bawah ini ya, Sob.

 

1. Jadi blogger.

GATSBY_kerja kerja © 2016 brilio.net

Siapa bilang nge-blog itu cuma buat iseng dan nggak menghasilkan? Melalui kesenangan menulis di blog nggak jarang blogger mencari keberuntungan dari aktivitas blogging mereka. Kamu bakalan dapat bayaran berdasarkan banyaknya orang yang mengklik iklan tersebut.

Kamu bisa memanfaatkan blog-mu sebagai “papan iklan online”, Sob. Kamu bisa mengikuti program AdWords atau AdSense agar blogmu bisa menghasilkan uang dari iklan. Jika blog kamu menarik, uang jutaan hingga puluhan juta bisa mudah kamu dapatkan tiap bulannya.

2. Jadi penulis freelance.

GATSBY_kerja kerja © 2016 brilio.net

Sama halnya dengan blogger, buat kamu yang hobi nulis, bisa juga part time dengan menjadi penulis freelance. Sekarang ini banyak media yang membutuhkan penulis lepas. Nah, nantinya kamu bakal dapetin bayaran per tulisan yang kamu bikin.

Nilainya berbeda-beda antar media, namun ada yang berani membayar ratusan ribu rupiah untuk satu artikel. Bayangkan jika kamu dalam sebulan bisa menghasilkan belasan artikel, pasti bikin kantongmu tebal.

3. Translator atau penerjemah.

GATSBY_kerja kerja © 2016 brilio.net

Nah kalau kamu menguasai bahasa asing, pekerjaan ini cocok buat kamu, Sob. Banyak perusahaan-perusahaan yang kini membutuhkan jasa penerjemah paruh waktu untuk menerjemahkan dokumen berbahasa asing maupun langsung menerjemahkan pembicaraan.

Honor yang didapat penerjemah cukup menggiurkan karena banyak di antaranya yang memakai kurs Euro maupun USD. Penerjemah yang sudah berpengalaman bisa mendapat puluhan juta rupiah per bulan.

4. Pemandu Wisata.

GATSBY_kerja kerja © 2016 brilio.net

Peluang ini bisa kamu manfaatkan kalau tempat lingkungan kuliahmu berada nggak jauh dari tempat wisata. Kamu bisa melamar sebagai tenaga paruh waktu di travel agent atau tempat-tempat wisata yang tentu saja membutuhkan seorang pemandu. Dari menjadi pemandu wisata, kamu bisa mengantongi uang sampai jutaan per bulan. Dan tentunya, kamu bakal sering pergi ke tempat wisata. Asyik, kan?

5. Desain Grafis.

GATSBY_kerja kerja © 2016 brilio.net

Nggak ada salahnya kamu bisa memanfaatkan profesi ini buat nambahin kocek kamu, Sob. Kamu tinggal belajar software sejenis Photoshop dan software pendukung lainnya yang bisa didapat lewat internet secara gratis. Atau kalau perlu kamu juga bisa belajar dari teman yang sudah jago, deh.

Setelah memiliki hasil karya dan cukup mahir, mulailah berpromosi kepada rekan atau perusahaan yang sedang membutuhkan jasa desain. Jasa desain grafis ini bisa dihargai sangat mahal oleh perusahaan, apalagi jika kamu bisa mendapatkan klien perusahaan besar. Sebagai gambaran saja, perusahaan rela menghabiskan uang ratusan juta rupiah lho hanya demi mendapatkan desain logo.

6. Programmer.

GATSBY_kerja kerja © 2016 brilio.net

Menjadi programmer adalah pekerjaan paling fleksibel, Sob. Kamu bisa bekerja di perusahaan atau juga bisa bekerja sendiri. Udah ada banyak lho kisah sukses dari seorang freelance progammer, contohnya adalah Bill Gate (pendiri microsoft), dari seorang freelance kini menjadi miliuner. Atau pendiri Facebook, Mark Zuckerberg yang juga menjadi Freelance Programmer dan akhirnya kini menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Hayo jangan di tunda-tunda lagi, kamu yang punya bakat ini dan punya passion di bidang ini.

Cowok yang bisa menjalani passion-nya dengan baik bisa jadi #PassionGanteng lho, apalagi kalau dari hobinya itu bisa menghasilkan. Ya nggak?

Nah nggak cuman passion doang, jangan lupa juga untuk melengkapi gaya kamu dengan pakai produk GATSBY untuk menambah gantengmu, Sob! Kamu bisa pakai GATSBY Cooling Face Wash Perfect Clean, dengan enam varian untuk membersihkan kotoran dan minyak di wajah secara maksimal.

7. Tukang foto alias fotografer.

GATSBY_kerja kerja © 2016 brilio.net

Buat kamu yang menyukai dunia seni, jadi fotografer bisa kamu coba juga lho. Gaji yang dihasilkan bisa aja mencapai Rp 259 ribu per jam. Lumayan kan buat tambahan uang jajan, Sob? Selain itu hasil fotomu juga bisa kamu jual di internet misalnya melalui PhotoShelter, Shutterstock, Dreamstime, dan 123RF.

8. Reseller barang.

GATSBY_kerja kerja © 2016 brilio.net

Jualan biasanya memang bisa jadi cara pertama yang terpikir olehmu untuk menambah uang saku. Kamu nggak perlu menjual barang produksi sendiri kok, tapi kamu bisa jadi reseller sepatu, baju atau makanan ringan. Pemasarannya pun relatif mudah. Tinggal memanfaatkan berbagai jejaring sosial yang kamu punya deh. Kamu bisa mendadak kaya jika tiba-tiba daganganmu laris dan untung besar.

9. Jadi guru les private.

GATSBY_kerja kerja © 2016 brilio.net

Kalau kamu cukup pede dengan kepintaranmu, nggak ada salahnya menjadi guru les privat, misal untuk murid SD, SMP, atau SMA. Jam kerjanya bisa disesuaikan dengan jadwal kuliahmu, kok Sob! Saat ini honor menjadi guru privat lumayan tinggi, apalagi jika kamu mengajar tanpa melalui lembaga bimbingan. Alias langsung menjalin kesepakatan dengan murid. Sebab, kalau melalui lembaga bimbingan belajar, tentunya honormu telah diatur oleh lembaga tempatmu kerja. Sedangkan jika langsung, maka seluruh honor menjadi hak kamu.

10. Pekerja Seni.

GATSBY_kerja kerja © 2016 brilio.net

Kamu punya bakat menyanyi dan suaramu bagus? Atau punya bakat bermain musik? Nah, bakat-bakat ini bisa kamu jadikan uang tambahan nih Sob. Kamu bisa melamar untuk bekerja sebagai penyanyi atau pemain musik di restoran atau kafe. Jam bekerja bisa disesuaikan, termasuk juga saat malam hari atau di hari libur sehingga nggak mengganggu pekerjaan utamamu. Dalam sekali pentas, kamu bisa dibayar ratusan hingga jutaan rupiah, tergantung kualitas dan popularitas kamu.


Gimana, ada yang cocok nggak dengan passion kamu, Sob?