Brilio.net - Sosial media kembali punya hiburan nyeleneh. Tantangan yang diberi nama 'Jangan Bayar Challenge' ini viral dan trending di Malaysia. Beberapa warganet asal Negeri Jiran kemudian mengunggah video challenge tersebut dan dilengkapi hashtag #janganbayarchallenge.

Butuh keberanian untuk melakukan tantangan ini. Berbeda ketika saat 10 Years Challenge yang juga pernah booming di linimasa Indonesia yang hanya menampilkan foto jadul seseorang. Tapi kalau challenge yang satu ini dilakukan di tempat umum. Sama seperti namanya, nanti seseorang akan tidak membayar barang yang mereka beli saat diteriaki 'jangan bayar'.

Tentunya ini menuai kecaman dari banyak orang. Sebab demi eksis di media sosial, orang yang melakukan challenge ini jadi merugikan orang lain. Bagaimana nggak rugi penjualnya kalau challenge ini viral kemudian dilakukan oleh banyak orang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Challenge terbaru, Tag kawan korang ! #zairulbuathal #jarangtakbuathal

A post shared by mohd zairul (@zairulgriezmann) on

Salah satu orang yang melakukan challenge ini adalah pemilik akun Instagram @zairulgriezmann. Dalam dua hari, video ini sudah ditonton lebih dari 517 ribu kali.

Loading...

Dalam video tersebut, pria asal Malaysia ini terlihat membeli beberapa barang, makanan dan minuman di berbagai toko. Ketika ia sedang ada di kasir dan bersiap untuk membayar, cowok perekam video ini kemudian memberitahu untuk jangan bayar. Dalam hitungan detik, pria itu pun tidak jadi bayar bahkan tak mengeluarkan uang sepeser pun.

Reaksi penjualnya pun beragam. Ada yang terbengong-bengong karena bingung. Tapi ada juga yang mencoba meneriaki pria yang kabur. Tapi video kemudian dipotong dan kelanjutannya masih misterius. Apakah nantinya dibayar atau tidak.

jangan bayar challenge © Instagram/@zairulgriezmann

foto: Instagram/@zairulgriezmann

Ternyata challenge tersebut punya fakta tersembunyi yang tidak diketahui banyak orang. Dilansir brilio.net dari laman worldofbuzz, Selasa (19/2), pemilik akun Instagram itu mengungkapkan kalau semua penjual yang ada di video itu adalah teman-temannya.

Menurutnya ia sudah meminta izin dan sudah membayar barang yang dibeli sudah dibayar terlebih dahulu. Sehingga saat ia kabur saat diteriaki jangan bayar, tentu tidak akan menjadi masalah.

"Kami meminta maaf dan menganggap semua komentar sebagai intropeksi. Saya berharap kami dapat membuat video positif di media sosial untu ke depannya," ujar pemilik akun Instagram tersebut.

Duh, ada-ada saja nih.