×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Terlihat  kokoh, 8 gedung di dunia ini ternyata roboh sendiri !

View Image

0

BRILIO » Duh

Terlihat kokoh, 8 gedung di dunia ini ternyata roboh sendiri !

Penyebabnya bisa jadi karena pondasi yang tak kuat.

11 / 08 / 2016

Brilio.net - Sebuah gedung dibangun dengan perhitungan yang sungguh-sungguh. Seputar struktur pondasi, plat lantai, kolom, atap, serta konstruksi pelengkapnya. Angka-angka yang diperoleh itu benar-benar realistis untuk diterapkan. Bangunan akan tahan dalam rentang waktu sekian tahun jika tidak ada bencana alam hebat seperti gempa bumi. Bahkan kini telah dikembangkan bangunan yang tahan gempa sehingga bangunan hanya akan rusak jika telah termakan usia.

Namun ada pula bangunan yang tidak karena bencana alam atau sengaja diledakkan, ternyata roboh dengan sendirinya. Wah, mana saja ya? berikut bangunan-bangunan tersebut seperti dirilis dari terrific top 10 pada Kamis (11/8).

1. Versailles Wedding Hall, Yerusalem, Israel

gedung roboh  © 2016 brilio.net

foto: ynet.co.il

Loading...

Gedung ini terletak di Talpiot, Yerusalem. Pada tanggal 24 Mei 2001, ketika sedang berlangsung pernikahan Keren dan Asaf Dror, sebagian besar lantai tiga dari gedung empat lantai ini runtuh. Sebanyak 23 orang tewas dan 380 terluka, termasuk pengantin yang sampai harus menjalani operasi.

2. Highland Towers, Selangor, Malaysia

gedung roboh  © 2016 brilio.net

foto: terrific-top10.com

Runtuhnya gedung apartemen yang terletak di Taman Hillview, Ulu Klang, Selangor, Malaysia ini terjadi pada 11 Desember 1993. Salah satu blok apartemen yang runtuh menyebabkan kematian 48 orang. Kandungan air dalam tanah yang menjadi kental layaknya lumpur disebut sebagai penyebabnya.

3. Residential Building Collapse, Mumbai, India

gedung roboh  © 2016 brilio.net

foto: dailymotion.com

Pada 27 September 2013, bangunan perumahan runtuh di daerah Mazagaon, Mumbai, India. Setidaknya 61 orang tewas dan 32 lainnya luka-luka dalam bencana ini. Polisi mengatakan bahwa keruntuhan terjadi setelah lantai loteng tengah dibangun tanpa izin.

4. Thane Building Collapse, India

gedung roboh  © 2016 brilio.net

foto: terrific-top10.com

Pada 4 April 2013, bangunan runtuh di Mumbra, pinggiran Thane di Maharashtra, India. Sebanyak 74 orang tewas, 18 di antaranya anak-anak. Bangunan itu dibangun tanpa memiliki sertifikat hunian.

5. Hyatt Regency Walkway, Kansas City, Missouri

gedung roboh  © 2016 brilio.net

foto: kansascity.com

Pada tanggal 17 Juli 1981, lobi Hyatt Regency di Kansas City, Missouri runtuh. Menewaskan 114 orang dan melukai 200 orang ketika berlangsung sebuah pesta dansa. Keruntuhan itu disebabkan oleh pengubahan desain di akhir yang tidak dikomunikasikan dengan baik antara insinyur desain dan kontraktor.

6. Royal Plaza Hotel, Thailand

gedung roboh  © 2016 brilio.net

foto: cyberspaceandtime.com

Runtuhnya Royal Plaza Hotel yang berada di kota Nakhon Ratchasima (Khorat) Thailand ini terjadi pada 13 Agustus 1993. Akibatnya 137 orang meninggal dunia dan 227 orang mengalami luka-luka. Dalam waktu kurang dari 10 detik, 6 lantai bangunan runtuh menjadi tumpukan puing, hanya menyisakan lift yang bangunannya terpisah.

7.Sampoong Department Store, Korea Selatan

gedung roboh  © 2016 brilio.net

foto: nyaasokuvip.net

Pada 29 Juni 1995, Sampoong Department Store di distrik Seocho, Seoul, Korea Selatan runtuh dan mengakibatkan kematian 502 orang. Pada bulan April 1995, retak mulai muncul di langit-langit lantai lima dikarenakan pemasangan AC. Lima jam sebelum runtuh ledakan keras terdengar dari lantai atas, karena getaran dari AC, menyebabkan retakan  meluas lebih lanjut.  

8. Ranza Plaza, Bangladesh

gedung roboh  © 2016 brilio.net

foto: bt.dk

Pada 24 April 2013 Ranza Plaza di Savar, Bangladesh, sebuah bangunan komersial 8 lantai runtuh. Korban meninggal dunia akibat runtuhnya itu 1.129 dan 2.515 terluka. Bangunan itu berisi pabrik garmen, beberapa toko dan bank. Diketahui empat lantai atas telah dibangun tanpa izin. Arsitek Rana Plaza mengatakan bangunan itu direncanakan untuk toko-toko dan kantor bukan untuk pabrik.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    50%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more