×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Sampah produk Indonesia hanyut sampai Thailand, fotonya bikin miris

View Image

0

BRILIO » Duh

Sampah produk Indonesia hanyut sampai Thailand, fotonya bikin miris

Ada juga bangkai hewan laut yang diduga mati karena terlilit sampah.

12 / 08 / 2019 12:45

Brilio.net - Sampah plastik yang membludak semakin hari kondisinya semakin memprihatinkan. Sudah sering kejadian di mana hewan harus tersiksa hingga mati karena sampah plastik. Plastik merupakan sampah yang waktu terurainya sangat lama. Beberapa jenisnya bahkan tidak bisa terurai. Jika dibuang ke laut, sampah-sampah itu hanya akan hanyut dan mencemari lautan.

Belum lama ini, cerita mengejutkan ditulis oleh orang Indonesia yang ada di Thailand. Pemilik akun Instagram @ivana_kurniawati ini menuliskan cerita panjang soal sampah beberapa produk Indonesia yang hanyut sampai Thailand. Dari foto yang diunggah, sangat terlihat jelas kalau sampah itu milik berbagai produk dari Indonesia. Terlihat dari nama dan tulisan kemasan yang semuanya ditulis pakai bahasa Indonesia.

Kepada brilio.net Ivana mengungkapkan kalau ia menemukan sampah-sampah itu di Pantai Nai Yang, Phuket. Awalnya Ivana sering ikut menemani tunangannya yang merupakan seorang anggota DPR di sana. Termasuk ketika turun melihat masalah sampah di pantai itu.

sampah produk indonesia hanyut thailand © Instagram/@ivana_kurniawati

foto: Instagram/@ivana_kurniawati

Loading...

Cukup mengejutkan ketika mengetahui sampah yang di Pantai Nai Yang ternyata merupakan sampah bawaan dari Indonesia. Sampah-sampah ini terbawa arus akibat dari musim hujan angin yang melanda beberapa daerah Thailand.

"Tunangan saya itu member of parliament di Thailand alias anggota DPR. Aku sering ikut dia kalau sedang turun ke masyarakat, termasuk turun lihat masalah sampah di pantai itu. Tapi kami baru tahu kalau banyak sampah itu datangnya dr Indonesia, jadi kubagikan saja pengalamanku itu," ungkap Ivana saat dihubungi lewat pesan langsung (DM), Senin (12/8).

Dari postingan Instagram akunnya, Ivana juga mengungkapkan nggak cuma sampah saja yang ditemukan masyarakat di sekitar pantai. Tetapi juga bangkai hewan laut yang diduga mati karena terlilit sampah. Pada foto tersebut, tampak ada bangkai penyu dengan sampah-sampah di sekitarnya.

sampah produk indonesia hanyut thailand © Instagram/@ivana_kurniawati

foto: Instagram/@ivana_kurniawati

Beberapa sampah dari produk yang ditemukan antara lain ada gelas plastik minuman, sandal jepit, mangkuk styrofoam mi instan, sampah kemasan saus sambal dan masih banyak lagi.

"Tak banyak yang bisa kulakukan selain membagikan berita buruk ini, sebuah tamparan bagi kita semua. Aku sangat malu, berkali-kali aku meminta maaf pada masyarakat yang kutemui di pantai ini dan aku tahu kata maaf tidak cukup," tulisnya dalam unggahan di Instagram.

Diketahui, tak cuma sampah dari Indonesia saja yang ditemukan di Pantai Nai Yang ini. Ada juga dari Malaysia dan Filipina. Salah seorang pria yang ikut membersihkan pantai itu menyebutkan, kalau 80% sampah yang ditemukan pada Minggu kemarin, (11/8), berasal dari ketiga negara tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

• SAMPAH KITA NYASAR DI NEGERI ORANG! Sudah beberapa hari masyarakat di Phuket, Thailand secara sukarela membersihkan sampah di pantai. Musim hujan angin telah membawa sampah-sampah itu ke sini. Yang mengejutkan (dan tentu memalukan) bagiku adalah sebagian besar sampah yang bisa kuidentifikasi datang dari Indonesia! Sebagian besar! Entah sudah berapa tahun sampah itu mengambang di lautan. Ada juga hewan yang mati terdampar dengan sampah terlilit di tubuhnya. Aku percaya teman-teman sudah sering melihat gambar serupa, hari ini mataku menyaksikan sendiri hewan-hewan yang mati itu dengan sampah di sekelilingnya dari negeri kita yang datang bermil-mil jauhnya. Butuh waktu dan tenaga banyak untuk membersihkan sampah-sampah ini, pun masih menyisahkan mikro plastik. Sedangkan mikro plastik yang masih lautan itu jadi konsumsi hewan-hewan laut, dan hewan-hewan laut itu juga yang jadi konsumsi di meja makan kita. Tak banyak yang bisa kulakukan selain membagikan berita buruk ini, sebuah tamparan bagi kita semua. Aku sangat malu, berkali-kali aku meminta maaf pada masyarakat yang kutemui di pantai ini dan aku tahu kata maaf tidak cukup. Semoga kita terus belajar bertanggung jawab, mungkin kita belum bisa berbuat sesuatu yang berarti tapi aku percaya kita selalu bisa memulai sesuatu dari diri kita sendiri. Nai Yang Beach, Phuket, Thailand, 11 Agustus 2019

A post shared by ivana (@ivana_kurniawati) on

Usai diunggah pada beberapa waktu lalu, postingan Ivana turut mencuri perhatian warganet. Tentu saja, banyak warganet cukup prihatin dengan sampah Indonesia yang ikut hanyut ke Thailand. Mudah-mudahan dibarengi dengan kesadaran untuk tidak buang sampah sembarangan, ya!

"Yuk berubah mulai dari diri sendiri," tulis akun @yusupfardan.

"Kak, thank you for sharing this. Semoga postingannya bisa meningkatkan kesadaran banyak orang soal sampah," ujar akun @eutikaa.

"Iya ampun sampai segitunya hm, ksihan penyu nya," kata akun @dinaaulia21_.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    20%

  • Sedih

    40%

  • Marah

    40%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more