Brilio.net - Belatung merupakan  larva dari lalat atau serangga sejenis yang biasanya muncul di benda-benda yang membusuk. Misalnya muncul dari bangkai atau sayur busuk. Nah apa jadinya jika belatung muncul di tubuh manusia?

Dilansir brilio.net dari akun Facebook Colaljo Nalitnab Monique, Kamis (11/10), seorang ibu menceritakan pengalaman mengerikannya. Pemilik akun Facebook tersebut bercerita bahwa dirinya telah menemukan belatung di tubuh anaknya. Wah kok bisa ya?


Anak pemilik akun tersebut awalnya memiliki empat bisul di tubuhnya. Bisul tersebut terletak di kaki, kepala, dada, dan jari tangan. Bisul tersebut berukuran cukup kecil sehingga sang ibu tidak memiliki asusmsi yang aneh-aneh.

Pemilik akun Facebook Colaljo Nalitnab Monique kemudian membawa anaknya ke dokter. Setelah melalui proses pemeriksaan, dokter hanya menyarankan untuk memberi antibiotik. Namun antibiotik tersebut tidak cukup mengobati, anaknya tetap kesakitan. Anaknya terkadang berteriak "kepalaku, kakiku" menunjuk pada tempat bisul berada.

Suatu hari, ada nanah di bisul tersebut. Pemilik akun Facebook Colaljo Nalitnab Monique memencet bisul tersebut. Tak disangka, belatung hidup keluar dari bisulnya. Sang ibu memutuskan menelepon suaminya. Pasalnya kejadian berlansgung saat malam hari, mereka pun tak bisa pergi ke dokter.

Sang ibu menelepon dokter lalu disarankan memencet bisul tersebut. Ia memencet semua bisul dan keluarlah empat belatung hidup. Setelah belatung keluar, ia membersihkan luka anaknya dengan antibiotik.

Menurut dokter, belatung tersebut merupakan larva dari tumbu terbang. Hewan ini biasanya ditemukan di daerah Afrika. Menurut The New England Journal of Medicine (NEJM), tumbu betina akan menaruh telurnya di tanah atau pakaian basah. Jika larva tersentuh kulit, mereka akan masuk dan tumbuh di jaringan-jaringan kulit.

Dokter juga memberikan saran untuk mencegah hal ini terjadi. Adapun saran dari dokter sebagai berikut.

1. Gantung pakaian yang dijemur sehingga tidak menyentuh tanah.
2. Pastikan pakaian tidak lembab saat diangkat dan dimasukkan ke lemari.
3. Cuci semua baju anak-anak, sprei, dan handuk dengan air panas.
4. Setrika semua baju.
5. Bersihkan lantai dengan desinfektan.