Brilio.net - Aksi pencurian memang kerap membuat semua orang main hakim sendiri ketika menangkap pelakunya. Mereka menganiaya pelaku tanpa menunggu pihak kepolisian. Seperti brilio.net lansir dari laman The Star, Senin (12/6), di Brasil seorang tukang tato dan tetangganya ditangkap setelah main hakim sendiri yang berakibat fatal.

Kejadian penghakiman sendiri di Kotamadya Sao Bernardo do Campo ini ternyata sempat divideokan. Dan video ini menjadi sangat viral serta memicu perdebatan.

Menurut laporan, pencuri berusia 17 tahun ini tertangkap ketika mau menggasak sepeda di daerah itu. Tukang tato bernama Ronildo Moreira de Araujo yang berusia 29 tahun kemudian mulai menghakimi pelaku dengan menato pada bagian jidatnya.

Tetangga Ronildo, Maycon Wesley Carvalho dos Reis yang berusia 27 tahun ini malah mengabadikan tindakan itu lewat sebuah video dan mengunggahnya ke media sosial. Tak lama setelah video beredar, kerabat dari pelaku pencurian itu mengenali sang pencuri yang telah hilang sejak 31 Mei.

Video tersebut menunjukkan remaja yang malu duduk di sebuah kursi saat Rinaldo mengejeknya sebelum melakukan sesuatu yang dianggap polisi 'tindakan penyiksaan'.

Pada jidat remaja itu kemudian terlihat tulisan Portugis 'eu sou ladrao e vacilao' yang berarti 'Aku seorang pencuri dan pecundang'. Hingga kini keberadaan remaja ini belum diketahui, meskipun menurut pengakuan tukang tato dan tetangganya kepada polisi mereka telah melepasnya setelah insiden tersebut.

Sementara itu, situs berita Brazil Aconteceu no Vale melaporkan pada Minggu, sebuah penggalangan dana online untuk mengumpulkan uang dan membayar penghapusan tato telah disiapkan. Penggalangan dana tersebut sudah terkumpul sekitar Rp 80 juta yang melebihi target dari Rp 60 juta.