Brilio.net - Banyak syarat yang harus dipatuhi saat naik pesawat. Berbagai pemeriksaan keamanan harus dilewati dari lobi bandara hingga di dalam pesawat. Semua itu harus dilakukan agar selama penerbangan lancar, mengingat pesawat memiliki risiko yang lebih besar daripada mode transportasi lain.

Salah satu aturan saat naik pesawat adalah tidak boleh membuka pintu pesawat. Alasannya kenapa ya?

wanita buka pintu pesawat HEADLINE © 2017 berbagai sumber

Dilansir dari telegraph.co.uk, Rabu (20/9), pada Juli 2017 sebuah penerbangan dari Chicago ke Beijing mengalami hal mengerikan. Salah seorang penumpang membuka pintu darurat tanpa sepengetahuan awak pesawat. Akibatnya perabotan seperti troli makanan di dalam pesawat kacau dan berantakan.

Efek lain terbukanya pintu masuk pesawat ialah tekanan kabin dan oksigen dalam pesawat akan menurun drastis. Pada tahun 2005 pesawat Boing 737 Heliot Airways mengalami insiden buruk. Sekitar 121 penumpang pesawat dan crew harus meregang nyawa setelah kekurangan oksigen dan kehilangan tekanan dalam kabin pesawat. Pesawat lalu jatuh ke daratan setelah lama mengalami masalah dan kehabisan bahan bakar.

wanita buka pintu pesawat  © 2017 berbagai sumber

Kemungkinan yang akan terjadi ketika pintu pesawat di buka dapat melemparkan penumpang ke angkasa. Hal ini pernah terjadi pada tahun 1988 pada Aloha Airline yang mengalami retak pada atap kabin sehingga penumpang terlempar ke langit.

Namun beberapa pilot mengatakan kini dekompresi kecil kemungkinannya untuk terjadi. Desain pada pesawat membuat pintu tidak mungkin bisa dibuka ketika pesawat di angkasa. Hal ini dikarenakan tekanan pada kabin tidak akan mengizinkan pintu pesawat terbuka. Tapi kalau pintu darurat lain lagi ya.