×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Di negara ini makanan pinggir jalan dibuat dari minyak selokan, waduh!

View Image

0

BRILIO » Duh

Di negara ini makanan pinggir jalan dibuat dari minyak selokan, waduh!

Tak hanya merugikan kesehatan, tapi pasti jelas bikin kamu jijik juga kan?

20 / 08 / 2016

Brilio.net - Masalah keamanan produk makanan di China memang mengkhawatirkan. Terbukti dari banyaknya makanan palsu yang ditemukan dan dijual di China, terutama makanan yang dijajakan di pinggir jalan. Namun rupanya tak hanya produk makanan saja yang perlu diperhatikan. Penggunaan minyak goreng oleh para pedagang kaki lima juga perlu dilakukan pengawasan.

Pasalnya beberapa pedangan kaki lima pernah ditemukan menggunakan minyak selokan untuk menggoreng aneka bahan makanan yang akan dijual. Minyak selokan merupakan minyak yang diambil dari sampah, tempat sampah, dan juga selokan. Minyak ini merupakan proses daur ulang yang dilakukan di pasar gelap yang telah didaur ulang dari sampah dan air selokan kemudian disulap menjadi minyak goreng.

Kasus minyak selokan sebenarnya pernah diberitakan oleh media Amerika seperti The Washington Post pada tahun 2013. Namun video yang menunjukkan aksi pedagang nakal di China yang menggunakan minyak selokan mulai ramai beredar di media sosial dan Youtube.

Video tersebut diproduksi oleh Radio Free Asia yang menunjukkan proses rinci bagaimana beberapa vendor minyak selokan melakukan pekerjaan mereka.

Dimulai dengan menyendoki sampah cair atau padat di tempat sampah bahkan selokan. Kemudian mereka mengolah minyak dari selokan menjadi minyak goreng. Campuran daging dan makanan busuk serta air selokan ikut serta dalam proses pembuatan minyak ini. Para pelaku kemudian menjual minyak selokan dengan harga yang jauh lebih murah.

Loading...

minyak selokan © 2016 brilio.net

Sudah pasti para penjual makananlah yang banyak membeli dan menggunakannya untuk memasak makanan yang mungkin saja dibeli oleh pecinta makanan pinggir jalan.

Pemerintah China sendiri sebenarnya menemukan produksi minyak selokan telah menyebar ke 13 kota dan lebih dari 100 orang yang entah bagaimana bisa memperoleh bagian-bagian hewan busuk dan merebus bagian lemak menjadi minyak.

minyak selokan © 2016 brilio.net

Lebih mengejutkan lagi, diperkirakan oknum kejahatan ini telah meraup untung sebesar USD 1,6 juta untuk pekerjaan minyak selokan ini. Keuntungan yang mereka dapatkan tak hanya untuk mencukupi kebutuhan hidup tapi mereka juga untuk membangun rumah sendiri.

Namun tak perlu khawatir jika kamu sudah berencana untuk liburan ke China. Masih banyak warung dan tentu saja restoran di China yang menyajikan makanan sehat dan lezat.

Minyak selokan biasanya digunakan hanya di beberapa warung makanan pinggir jalan atau murah. Namun lewat video di bawah ini bisa jadi pengingat jika kamu ingin jajan di pinggir jalanan China. Tonton deh!

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    25%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more