Brilio.net - Para pelaku medis seharusnya melayani pasien dengan baik dan bertanggung jawab atas kesembuhan pasiennya tersebut, mereka dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik serta berperilaku sopan dan ramah agar membuat sang pasien merasa nyaman.

Beberapa tahun belakangan ini dunia medis kerap tercoreng dengan tindak tanduk para perawat maupun dokter yang kerap memberikan perlakuan tidak menyenangkan terhadap pasiennya. Tak hanya di Indonesia, perlakuan buruk para petugas medis tersebut pun juga terjadi dibeberapa negara di dunia. Beberapa kasus-kasus dari mereka pun menjadi perbincangan dan mencoreng nama rumah sakit tempat mereka bekerja.

Dilansir dari berbagai sumber, brilio.net sudah merangkum tujuh kelakuan perawat pada pasiennya yang bikin kamu jengkel, ada yang sampai pelecehan seksual lho. Kamis (25/1).

1. Seorang perawat lecehkan pasien.

Perlakuan tidak menyenangkan para perawat © 2018 berbagai sumber

ilustrasi adegan tidak menyenangkan

Baru-baru ini warganet heboh dengan sebuah video pengakuan seorang pasien perempuan yang mengalami pelecehan seksual oleh seorang perawat pria. Pasien itu mengaku dilecehkan saat dirinya masih dalam pengaruh obat bius usai menjalani operasi.

2. Tangani pasien anak kecil sambil asyik teleponan.

Perlakuan tidak menyenangkan para perawat © 2018 berbagai sumber

foto: Facebook/Yuni Rusmini

Bulan November tahun 2017 lalu, warganet juga sempat dibikin geram setelah melihat sebuah video yang beredar di media sosial. Dalam video tersebut, terlihat dua perawat sedang menangani seorang pasien anak kecil. Sambil menangani si pasien, salah satu perawat tampak asyik teleponan tanpa memedulikan rintihan kesakitan pasien.

3. Melakukan pelecehan seksual dengan dalih suntik vitamin.

Perlakuan tidak menyenangkan para perawat © 2018 berbagai sumber

ilustrasi infus

Pertengahan tahun lalu seorang wanita berusia 21 tahun melaporkan seorang perawat dari RSUD Curup, Kabupaten Rejong Lebong, Bengkulu atas tuduhan pelecehan seksual. Kejadian tersebut bermula saat wanita tersebut tengah mendampingi balitanya yang berusia 6,5 bulan menjalani operasi pembengkakan usus.

Setelah operasi selesai, ia di sarankan seorang perawat untuk melakukan suntik vitamin agar badannya tidak lemas. Saat melakuan penyuntikan, oknum petugas tersebut mulai mencoba memegang bagian dadanya, kemudian sang pasien tersebut keluar ruangan.

4. Perawat pria lakukan tindakan tidak senonoh ke pasien wanita.

Perlakuan tidak menyenangkan para perawat © 2018 berbagai sumber

ilustrasi tindakan tidak menyenangkan

Seorang perawat pria berusia 49 tahun dari Rumah Sakit Osceola, Florida, Amerika Serikat harus berhadapan dengan pihak kepolisian pada tahun 2011 lalu, setelah melakukan pelecehan seksual terhadap dua pasien perempuan. Satu korban mengaku diminta menirukan salah satu pose hubungan seks, jika menolak maka luka yang berada di kakinya tidak akan disembuhkan. Korban yang lain mengaku, bagian tubuh pribadinya dipegang perawat tersebut.

5. Membentak-bentak pasien.

Perlakuan tidak menyenangkan para perawat © 2018 berbagai sumber

ilustrasi gambar perawat

Keluarga pasien dan pasien menerima perlakuan tidak menyenangkan dari oknum perawat di RSUD Kondosapata, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Selatan. Menurut pengakuan salah satu anggota keluarga pasien, para perawat yang berada di lantai 2 rumah sakit tersebut kerap menbentak-bentak pasien di rawat inap. Mereka juga berlaku tak sopan dengan para pasien maupun keluarga pasien.

6. Acungkan jari tengah kepada bayi yang baru lahir.

Perlakuan tidak menyenangkan para perawat © 2018 berbagai sumber

foto: metro.com

Sejumlah perawat di Naval Hospital Jacksonville dipecat dari rumah sakit karena melakukan perbuatan yang tidak pantas. Dalam sebuah foto dan video terlihat perawat mengacungkan jari tengah dengan latar belakang seorang bayi yang baru lahir. Tak cukup sampai di situ, seorang perawat yang lain pun memaksa bayi tersebut untuk menari dan dipaksa berdiri serta tangannya diangkat pelaku.

7. Sejumlah perawat menari-nari saat proses operasi berlangsung.

Perlakuan tidak menyenangkan para perawat © 2018 berbagai sumber

foto: dailymail.com

Lima orang perawat di Rumah Sakit Kolombia melakukan tindakan yang tak pantas kepada seorang pasien di ruang operasi. Pada sebuah video yang tersebar di media sosial pada awal tahun 2017 lalu, terdapat lima orang perawat yang terlihat sedang asik berjoget-joget seolah sedang mengejak seorang pasien pria yang sedang terbaring tak berdaya di meja operasi. Akibat kelakuan tersebut, para perawat tersebut diperhentikan dari pekerjaannya tersebut.