Brilio.net - Era digital membuat kita bergantung kerap dengan internet. Semua aspek kehidupan menggunakan bantuan dengan media yang berbasis dalam jaringan. Mulai dari bekerja, mengakses informasi hingga hal yang terkecil sekalipun seperti mendengarkan musik.

Kehadiran internet sangat membantu kita menggali berbagai informasi. Namun, internet juga memberikan dampak buruk, tak hanya membuat kita lupa dengan waktu, internet juga bisa mendatangkan masalah bagi pengguna.

Salah satunya seperti media sosial hingga jejaring sosial, seperti WhatsApp hingga SnapChat. Kita bisa menggunakannya untuk mengirim stiker, foto bahkan video.

Namun, bayangkan jika kita salah kirim pesan dapat menimbulkan dampak yang tak terduga. Masalah sekecil apapun bisa muncul ketika kita salah mengirimkan pesan, meski hanya salah sticker. Kejadian ini bisa membuat salah paham orang lain.

Nah, berikut ini brilio.net kumpulkan beberapa kejadian salah paham di media sosial yang berakhir tragis, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (30/7).

Loading...

1. Karyawan dipecat oleh manajer.

salah paham akibat pesan medsos © 2019 brilio.net

foto: ft.com

Dikutip dari situs the star.com.my, Selasa (30/7), seorang karyawan dipecat dari sebuah bar di Changsha, China Tengah setelah menjawab pesan singkat dari manajernya dengan 'emoji OK' di WeChat.

Sang atasan meminta karyawan perempuan untuk mengirim dokumen yang digunakan untuk rapat. Karyawan tersebut membalas WeChat manajernya dengan emoji 'OK'. Tak terima dengan perlakuan tersebut, sang manajer pun berkomentar.

"Anda harus menggunakan teks untuk membalas pesan jika Anda sudah menerimanya, apakah Anda tidak tahu aturannya?" jawab sang manajer.

Beberapa menit kemudian dia mengatakan kepada karyawan untuk menghubungi departemen sumber daya manusia untuk membicarakan masalah pengunduran diri karyawan.

"Ini adalah kasus nyata, pengunduran diri masih diproses," kata karyawan itu kepada platform media daring Btime, di China.

"Saya telah bekerja selama bertahun-tahun dan ini adalah pertemuan pertama saya dengan situasi bodoh semacam ini," lanjut karyawan itu. Karyawan tersebut menilai tindakan sang manajer terlalu berlebihan.

2. Ribut dengan orang tua.

salah paham akibat pesan medsos © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@kimyohanjj

Salah kirim pesan adalah hal yang kerap terjadi. Tak jarang, hal tersebut membuat orang salah paham. Kejadian tersebut menimpa akun Twitter @kimyohanjj. Berniat chat sang ibu dengan stiker, namun perempuan ini malah salah memilih stiker. Seperti yang terpampang di papan chat, ia mengirim stiker bertuliskan "Assalamualaikum... Ribut yuk,".

salah paham akibat pesan medsos © 2019 brilio.net

Sang ibu pun memarahi sang anak via chat WhatsApp. Perempuan tersebut pun meminta maaf kepada sang ibu. Namun, sang anak tak lantas dimaafkan ibunya. Sang ibu sempat menelepon sang anak, namun sang anak tak mengangkatnya karena diduga takut. Hal tersebut berlanjut saat sang ayah tahu kejadian itu.

3. Selingkuh dengan orang lain.

salah paham akibat pesan medsos © 2019 brilio.net

foto: telegraph.co.uk

Seorang gadis bernama Charlotte Guy berusia 17 tahun tewas akibat bunuh diri. Kejadian tersebut bermula salah mengirim pesan kepada sang kekasih, Jack Hurst. Kala itu, mereka tidak terlalu sering menghabiskan waktu bersama. Charlotte pun ingin mengajak bicara sang kekasih. Namun Jack menolak karena alasan sibuk.

"Charlotte menghubungiku, ia meminta waktuku untuk berbicara sejenak namun aku menolak karena sedang sibuk dan berjanji akan menghubunginya nanti," tutur Jack seperti dikutip brilio.net dari telegraph.co.uk

Kemudian, Charlotte pun mengirim pesan SnapChat dengan niatan mencari perhatian Jack. Berniat mengadu kepada Jack bahwa dirinya digoda pria lain, malah salah kirim. Pesan yang terkirim adalah pengakuan dirinya kepada seorang teman, bahwa dirinya sudah selingkuh dan tidur bersama pria lain.

Charlotte pun malu dan meminta maaf kepada Jack, namun sang kekasih memilih bungkam. Akhirnya, Charlotte nekat mengakhiri hidupnya karena tak dibalas Jack. Pihak orangtua pun mengaku bahwa Charlotte adalah wanita yang mudah frustasi.

4. Dikira ingin bunuh diri.

salah paham akibat pesan medsos © 2019 brilio.net

foto: Facebook/Nihilist Memes

Kisah selanjutnya datang dari gadis bernama Caleste yang salah mengirimkan stiker yang cenderung sadis ke nomor ibunya. Stiker tersebut bergambar anjing yang menggigit seutas tali tambang yang melengkung. Simpul tersebut sama seperti simpul yang digunakan oleh orang bunuh diri.

Stiker tersebut dilansir dari laman Facebook Nihilist Memes. Tak hanya berisi gambar anjing, stiker tersebut bertuliskan "aku benar-benar akan mati sekarang" dalam Bahasa Inggris. Pesan tersebut direspons oleh ibunya dengan serius. Sang ibu menyangka bahwa anaknya benar-benar ingin bunuh diri. Sang ibu pun menawarkan sang anak untuk pergi ke rumah sakit.

Tindakan ibu bukan tanpa alasan. Caleste rupanya teledor, ia salah mengirim stiker tersebut karena sedang terburu-buru.

5. Niat bercanda, malah ketiban sial.

salah paham akibat pesan medsos © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@kimyohanjj

Kejadian selanjutnya adalah datang dari pemilik akun Twitter @jaehyunbogor. Ia salah mengirimkan pesan balasan di grup keluarga. Pria ini menyangka bahwa pesan tersebut dari teman-temannya. Pria ini membalas dengan spontan berisi kalimat yang bikin geleng kepala.

"untung aku nontonnya bokep jadi bergairah terus

EH WKWKWK BERCANDA," tulis @jaehyunbogor.

Menurut pengakuan pria ini, ibunya langsung mendatanginya ke kamar.

"GAADA LANJUTANNYA, LANJUTANNYA GUE DIDIEMIN GA DIKASIH SARAPAN," jawabnya saat dirinya memberitahu warganet yang penasaran dengan kelanjutan kisah tersebut.