Brilio.net - Tak lama setelah mendarat pesawat Citilink jurusan Batam-Kualanamu dikerubungi oleh lebah, Jumat (22/9). Dikutip dari Merdeka, Vice President Corporate Communications Citilink Indonesia, Benny S Butarbutar mengatakan pesawat telah mendarat dengan selamat. Baru saat menuju area parkir pesawat, sekumpulan lebah mengerubungi sayap pesawat.

lebah pesawat serang © 2017 brilio.net

foto: Merdeka.com

Selain kasus di atas, ternyata lebah sering membuat sarang atau berkumpul di bagian pesawat. Selain menyebabkan delay yang berkepanjangan, lebah ini juga harus ditangani oleh petugas khusus. Biasanya petugas akan memakai cairan tertentu atau mengusirnya dengan pakaian khusus. Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (28/9), ini lima kisah saat lebah menyerang pesawat terbang.

1. Lebah membuat sarang di pesawat saat mau take-off.

lebah pesawat serang © 2017 brilio.net

foto: CBCnews.com

Penumpang pesawat American Airlines yang menuju New York harus turun dari pesawat saat satu kawanan lebah membuat sarang di sayap pesawat. Dilansir dari cbcnews, proses evakuasi lebah dari pesawat memakan waktu lama karena petugas memerlukan baju khusus. Walaupun sempat delay, penumpang tetap santai menunggu. "Penumpang lain meminta madu gratis dari lebah tersebut" kelakar Aran Coello juru bicara American Airlines.

2. Sudah lepas landas, pilot putuskan kembali setelah sayap pesawat dikerubungi lebah.

lebah pesawat serang © 2017 brilio.net

foto 3: deccanchronicle.com

Sebuah pesawat bertujuan Dublin, Inggris terpaksa mendarat setelah pilot mendapati masalah teknis. Dilansir dari deccanchronicle, penerbangan BE384 ini akhirnya kembali ke Southampton, Inggris. Saat diinspeksi, petugas mendapati sayap pesawat telah penuh dengan koloni lebah. Walhasil, penerbangan tersebut harus ditunda demi keselamatan penumpang.

3. Karena puluhan ribu lebah, penerbangan ini harus ditunda berjam-jam.

lebah pesawat serang © 2017 brilio.net

foto: Dailymail

Sebuah penerbangan dari Pittsburgh ke New York harus ditunda setelah sayap pesawat dikerumuni oleh koloni lebah. Dilansir dari Dailymail, petugas harus mendatangkan pawang lebah dari daerah tersebut. "Pesawat sedang bersiap untuk mengisi bahan bakar saat lebah itu mengerumuni sayap pesawat," kata Stephen Repasky pawang lebah tersebut.

4. Pesawat tempur F22 tidak bisa terbang karena dikerumuni oleh lebah.

lebah pesawat serang © 2017 brilio.net

foto: theaviationist.com

Petugas yang melakukan pengecekan pascaterbang melihat sesuatu yang aneh saat menginspeksi pesawat. Sebuah koloni lebah telah membuat sarang dekat mesin jet. Karena hal ini tidak pernah terjadi, pawang lebah lokal didatangkan untuk membasmi koloni lebah tersebut.

5. Mau lepas landas, pesawat diserang puluhan ribu lebah.

lebah pesawat serang © 2017 brilio.net

foto: Dailymail.com

Tak hanya di sayap, lebah juga menyerang jendela pesawat terbang. Dua ambulans sempat dipanggil karena khawatir lebah masuk ke dalam kabin pesawat. Dilansir dari Dailymail, petugas dengan cepat membasmi kawanan lebah tersebut. Penerbangan hanya tertunda selama satu jam.