Brilio.net - Organ tubuh adalah sesuatu yang sangat berharga yang dimiliki manusia. Seseorang tak dapat hidup secara normal jika salah satu organ tersebut tidak ada. Bahkan, jika salah satu organ diambil atau dihilangkan bisa menyebabkan hilangnya nyawa.

Dengan kondisi tertentu, donor organ merupakan hal yang legal di dunia kesehatan. Banyak pasien yang membutuhkan donor organ manusia untuk kepentingan kesembuhan. Mulai dari darah, ginjal, paru-paru dan hati. Dengan catatan, pendonor paru-paru dan hati adalah dari orang yang sudah meninggal.

Mempunyai peran penting dalam tubuh, organ-organ ini memiliki nilai jual yang tinggi. Dengan alasan ekonomi dan kemanusiaan, ternyata ada juga orang berniat untuk menjual organ tubuhnya. Kebanyakan, mereka mau menjual satu ginjalnya. Dilansir dari CNN, ginjal di Amerika Serikat dihargai Rp3 miliar. Namun tentu saja, hal itu dinyatakan ilegal di Indonesia karena bukan untuk alasan kesehatan.

Berikut ini 5 kasus rencana jual organ tubuh yang pernah bikin heboh di Indonesia. Seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/2).

1. Donor mata untuk Novel Baswedan.

Loading...

kasus heboh jual organ © berbagai sumber

foto: Facebook/muttaqin.ilham

Kusuma Hartanto seorang yang bekerja sebagai juru parkir mengutarakan keinginannya untuk mendonorkan sebelah matanya untuk Novel Baswedan. Pria mualaf ini tergerak dengan kisah nahas Novel yang memberantas korupsi hingga mengorbankan sebelah matanya. Pria berkacamata ini masih menjadi bahasan hangat di kalangan warganet sampai saat ini.

2. Jual ginjal di forum jual beli.

kasus heboh jual organ © berbagai sumber

foto: merdeka.com

Pada tahun 2013 lalu jagat maya tersentak dengan sebuah iklan yang tayang di forum jual beli Kaskus. Pasalnya Fahmi Rahardiansyah menjual ginjalnya di forum tersebut untuk menutup biaya pengobatan ayahnya.

3. Ayah jual ginjal untuk tebus ijazah anaknya.

kasus heboh jual organ © berbagai sumber

foto: merdeka.com

Pada Juni 2013 masyarakat kembali dihebohkan dengan kasus rencana jual ginjal. Kali ini Sugiyanto 'mengiklankan' sebelah ginjalnya untuk dijual di bundaran Hotel Indonesia. Pria yang bekerja sebagai tukang jahit ini nekat menjual ginjalnya untuk menebus ijazah putrinya yang ditahan pihak sekolah.

4. Ibu rumah tangga jual ginjal untuk melunasi utang suami.

kasus heboh jual organ © berbagai sumber

foto: katamedia.co

Seorang ibu rumah tangga asal Padang, Sumatera Barat nekat menjual sebelah ginjalnya. Ia menjual salah satu organ tubuhnya tersebut untuk melunasi hutang suaminya. Hutang yang menumpuk itu jika ditotal mencapai Rp50 juta.

5. Tak punya uang untuk bayar berobat anaknya, ayah ini berniat jual ginjal.

kasus heboh jual organ © berbagai sumber

foto: metrotvnews.com

Ayah 37 tahun berniat untuk menjual sebelah ginjalnya setelah anaknya dinyatakan mengidap penyakit langka kanker darah. Biaya berobat yang sangat tinggi membuatnya tak sanggup untuk menjangkaunya.