Dinosaurus kita kenali sebagai hewan purbakala yang memiliki ukuran tubuh sangat besar. Hewan raksasa ini sangat populer karena sering muncul di buku-buku maupun di film-film seperti 100 Million B.C, Jurassic Park,Jurassic World, Ice Age: Dawn of the Dinosaurus, dan masih banyak lagi.

Tanpa melihatnya secara langsung, hanya dengan menonton atau mempelajarinya lewat buku membuat kita mengenali bagaimana bentuk tubuh dan dan bobot Dinosaurus yang pernah menghilang akibat kepunahan masal pada jutaan tahun yang lalu tersebut.

Salah satu diantaranya yang paling terkenal adalahTyrannosaurus-rex atau disingkat T-rex. Dinosaurus ini merupakan pemakan daging (karnivora) yang berukuran sangat besar serta menyeramkan. Baru-baru ini, ilmuan yang asal Afrika Selatan menemukan tiga jejak kaki berukuran panjang 22 inchi atau 57 cm dan lebar 20 inchi atau 50 cm di kawasan Kerajaan Lesotho. Diduga, jejak kaki ini merupakan milikKayentapus ambrokholohaliyang merupakanmegatheropoda (dinosaurus karnivora berkaki dua raksasa), megatheropoda yang telah mendiami Afrika pada masa 200 juta tahun yang lalu ini diduga nantinya menjadi Tyrannosaurus-rex.

Wow, ilmuan temukan tapak kaki nenek moyang T-REX

(Sumber:sci-news.com)

Dilansir dari sci-news.com, ahli paleontologi Universitas Fabien Knoll dan rekan penulis memperkirakan bahwa dinosaurus itu tingginya kurang dari 10 kaki (3 m) dan panjang 30 kaki (9 m).

Wow, ilmuan temukan tapak kaki nenek moyang T-REX

(Sumber:journals.plos.org)

Dilansir dari news.sky.com,Ini digambarkan sebagai "temuan yang signifikan" diungkapkan oleh Dr Lara Sciscio, dari University of Cape Town.

"Secara global, tapak besar ini sangat langka. Hanya ada satu penemuan lain yang diketahui serupa baik pada tapak kaki dan ukurannya, yaitu yang ada di Polandia."

Dr. Knoll mengungkapkan "Di Afrika Selatan, Lesotho, Zimbabwe dan Namibia, ada catatan baik jejak kaki theropoda dari Episode Akhir Trias dan Awal Jurassic. Sebenarnya, ada banyak jejak kaki tubuh hewan ini dan hewan lainnya yang dapat ditemukan. Tapi sekarang kita memiliki bukti bahwa wilayah Afrika ini rumah bagi mega-karnivora"

Penemuan ini merupakan salah satu penemuan yang terbesar dan dapat membuka jalan untuk petunjuk baru tentang informasi keberadaan hewan purba yang satu ini ya, guys. Penelitian ini sendiri telah dipublikasikan di jurnal Public Library of Science One (PLOS).