×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Waspadai 4 komplikasi akibat mengabaikan asam urat

0

Kesehatan

Waspadai 4 komplikasi akibat mengabaikan asam urat

Asam urat yang dibiarkan berkepanjangan sangat membahayakan kesehatan karena dapat memicu komplikasi.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

04 / 10 / 2019 14:10

Bagi orang yang sudah lanjut usia, asam urat merupakan penyakit yang paling mereka hindari. Asam urat merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang persendian. Umumnya sendi-sendi orang yang sudah lanjut usia pasti sudah mengalami penurunan fungsi.

Asam urat menimbulkan gejala yang berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang hanya mengalami satu kali asam urat tanpa kambuh, ada juga yang kambuh terus-terusan.

Gejala yang dapat dirasakan oleh penderita asam urat.

1. Sendi terasa nyeri dan biasanya akan bengkak, lunak, hangat, dan berwarna kemerahan

2. Gejala akan diawali pada nyeri sendi jempol, pergelangan dan lutut kaki, serta siku, pergelangan, dan jari tangan. Rasa nyeri akan bertambah dalam empat hingga 12 jam pertama setelah dimulai.

Loading...

3. Sendi terasa tidak nyaman dan gerak tubuh pun menjadi terbatas

Nah, apabila kamu mengelami gejala seperti di atas, jangan dibiarkan sampai berlarut-larut. Sebaiknya segera periksakan ke dokter. Bisa jadi kamu memang terkena penyakit asam urat.

Kamu juga harus berhati-hati jika mengalami asam urat yang berkepanjangan. Sebab bila terjadi dapat memicu komplikasi asam urat yang tentunya akan membahayakan kesehatan.

Berikut ini komplikasi yang bisa terjadi akibat penyakit asam urat.

1. Batu ginjal.

Komplikasi penyakit asam urat yang pertama yakni batu ginjal. Asam urat yang dibiarkan dapat membuat kristal asam urat terbentuk dari dalam ginjal yang akhirnya akan menumpuk di saluran kemih dan memicu terjadinya batu ginjal.

2. Sakit ginjal kronis.

Ginjal merupakan organ yang sangat penting dalam membantu mengeluarkan zat toksik di dalam tubuh. Apabila ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka tubuh akan kehilangan kemampuan untuk mengeluarkan zat-zat sampah seperti asam urat dan urin di dalam tubuh. Hal ini lama kelamaan akan memicu sakit ginjal kronis.

Ketika seseorang mengalami sakit ginjal kronis, maka orang tersebut akan lebih sering terkena asam urat. Begitu pun sebaliknya, orang yang terkena asam urat juga berisiko terkena sakit ginjal kronis.

3. Muncul benjolan keras (tophi).

Tophi merupakan salah satu komplikasi penyakit asam urat yang paling umum. Hal ini ditandai dengan penumpukan kristal-kristal asam urat di bawah permukaan kulit. Tophi bisa muncul di beberapa bagian tubuh seperti pada jari, siku, tangan, kaki, telinga, lutut, serta di sekitar area mata.

Meski rasanya tidak sakit, tophi bisa membengkak dan mengeras saat asam urat kambuh. Bila tidak segera diobati akan terjadi kerusakan sendi yang lebih parah akibat gumpalan kristal asam urat tadi.

4. Deformitas sendi.

Deformitas sendi adalah terjadinya perubahan bentuk pada sendi. Asam urat yang dibiarkan terjadi dan tidak diobati serta asam urat berkepanjangan akan membuat jaringan sendi kamu semakin rusak. Hal ini mengakibatkan sendi kamu keluar dari jalur sehingga sulit untuk digerakkan.

Sekecil apa pun gejala yang kamu rasakan pada sendi, kamu harus bisa melakukan pencegahan sedini mungkin sebelum datang asam urat, apalagi komplikasi.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red