Bagi para wanita, selain lipstik, bedak juga menjadi salah satu andalan yang nantinya akan menentukan bagus tidaknya riasan pada wajah. Bicara bedak tentu tak lepas dari alasnya alias foundation.

Memilih foundation yang tepat sama pentingnya dengan memilih alat rias lainnya. Banyaknya pilihan, kadang sulit menentukan mana yang cocok terhadap jenis atau warna kulit kamu. Berikut beberapa tips memilih foundation yang bisa kamu aplikasikan.

1. Pilih foundation alami

Pilih warna atau bayangan foundation yang netral dan terlihat alami. Hindari penggunaan foundation yang terlihat kuning, oranye, atau punk yang memberi kesan terlalu mencolok. Foundation hanya berfungsi sebagai alas riasan wajah anda, bukan membuat tampilan kamu seperti badut.

2. Foundation dengan proteksi UV

Sinar matahari bisa membuat penuaan pada kulit di mana potensi sinar UV sangat membahayakan. Pastikan foundation kamu memiliki kandungan proteksi UV yang mampu melindungi kulit wajah saat ke luar ruangan dengan. Para dermatolog juga merekomendasikan proteksi UV yang maksimal.

3. Foundation untuk kulit berminyak

Jika kulit kamu berminyak, maka pilihlah foundation yang tidak mengandung formula minyak. Foundation dengan kandungan minyak akan menyebabkan riasan cepat luntur dan membuat wajah kamu terkesan tambal sulam. Belum lagi, risiko kulit yang akan mudah berjerawat.

4. Foundation untuk kulit kering

Kamu bisa membeli foundation yang kaya moisturizer (pelembut), sehingga akan menutupi kulit wajah dengan baik. Jika ingin warna kulit lebih terang, cobalah BB cream yang bisa jadi pilihan terbaik. Untuk alas yang agak sedikit berat, pemilik kulit wajah kering bisa mencoba foundation dengan kandungan sedikit minyak dan krim.

5. Foundation untuk kulit normal

Jika kamu memiliki kulit normal, beruntunglah kamu karena bisa memilih aneka foundation yang pas untuk setiap acara. Baik sentuhan ringan atau berat, dengan moisturizer atau sedikit kandungan mineral dan minyak, kamu bebas memilih yang sesuai dengan jenis kulit, namun tetap terlihat natural.

6. Satu foundation mungkin tidak selamanya cocok

Banyak wanita yang membutuhkan setidaknya dua tipe foundation yang berbeda tergantung musim dan cuaca. Hal ini mengingat terkadang terjadi perubahan pada kulit ketika cuaca berubah. Saat cuaca panas, mungkin kamu membutuhkan formula yang lebih ringan dengan bayangan agak sedikit gelap, sehingga warnanya akan terlihat senada antara wajah dan leher.

7. Minta bantuan ahli

Langkah terakhir, jika kamu mengunjungi toko kosmetik yang memiliki seorang ahli di dalamnya, maka kamu bisa tanya apa jenis foundation yang paling cocok dan terbaik untuk kulit. Mintalah toko tersebut menyediakan tester untuk dicoba pada wajah.