Air seni dibentuk dengan melibatkan ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Sisa metabolisme urine mengandung bakteri dan racun yang berbahaya. Jika kandung kemih penuh, ia akan mempunyai saraf yang akan menghubungkan ke otak dan merasa ingin buang air kecil. Nah, berikut ini merupakan bahaya jika menahan air kencing terlalu lama.

1. Infeksi Saluran Kemih.

Jangan menahan kencing terlalu lama, akibatnya berbahaya lho

Tujuan kencing adalah membuang racun di dalam tubuh. Jika kamu ingin kencing namun dibiarkan atau ditahan, bisa membuat bakteri berkembang. Hal ini sering terjadi kepada anak-anak, saat di dalam kelas dan sedang belajar, anak-anak cenderung anak menahan air kencing, padahal hal ini bisa sangat berbahaya. Biasanya jika anak kena dampak ini, anak dapat tidak nafsu makan, diare dan demam.

2. Batu Ginjal.

Jangan menahan kencing terlalu lama, akibatnya berbahaya lho

Apabila kandung kemih penuh, ginjal pun merasa terbebani. Jika terbebani terlalu lama akan mengakibatkan batu ginjal. Apabila kamu tak mengosongkan kandung kemihmu sehingga kotoran dapat diedarkan keluar dari tubuh, hal itu dapat menyebabkan masalah pada kesehatan ginjal kamu. Air seni adalah zat zat yang sudah tak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Jika kamu terlalu lama menahan kencing, zat zat tersebut akan menumpuk yang diawali dari kristal dan lama kelamaan akan menjadi batu yang akhirnya disebut batu ginjal.

3. Merusak Otak Kandung Kemih.

Jangan menahan kencing terlalu lama, akibatnya berbahaya lho

www.medkes.com

Kandung kemih mirip seperti balon, jika tidak ada isinya dia akan mengecil dan jika ada isinya dia akan penuh seperti balon. Kapasitas kandung kemih pada orang dewasa bisa mencapai 1 liter bahkan bisa lebih. Tetapi jika kapasitas ini terlalu penuh akan mengalami lemah otot pada kandung kemih. Maka jangan terlalu lama menahan kencing.

4. Darah Tinggi.

Jangan menahan kencing terlalu lama, akibatnya berbahaya lho

Di dalam ginjal ada sistem yang disebut RAA. Sistem ini membantu mengontrol dan mengatur tekanan darah pada tubuh. Apabila ginjal terbebani maka sistem ini tidak bekerja dengan baik. Akhirnya kamu dapat mengalami tekanan darah tinggi.

Ada baiknyauntuk tidak terlalu lama menahan air kencing. Jika kamu tengah dalam perjalanan, jangan menunggu sampai tujuan untuk kencing. Berhentilah sejenak untuk mencari wc umum, jangan sayang untuk membayar Rp. 2000 untuk wc umum. Karena jika sudah terkena dampak di atas maka kamu akan mengeluarkan biaya yang cukup besar.