Melihat ataupun menonton aksi robot di zaman serba canggih seperti ini merupakan hal yang sudah biasa. Zaman yang semakin canggih memungkinkan manusia terus mengembangkan teknologi robot.

Robot sebagai mesinyang diprogram oleh manusia lewat komputer diciptakan untuk melakukan berbagai aksi atau tindakan sesuai dengan tujuan ia dibuat. Robot dapat dibangun menyerupai banyak bentuk misalnya bentuk manusia/ robot humanoid (seperti robot Sophia) ataupun bentuk hewan.

Salah satu bentuk robot yang lagi viral saat ini ialah aksi robot anjing yang bisa membuka pintu. Robot tersebut dikembangkan olehBoston Dynamics, sebuah perusahaan yang fokus dalam pengembangan robot.

Viral video tentang aksi robot anjing buka pintu, canggih abis!

foto: Boston Dynamics/ theverge.com

Robot Anjing tersebut diberi nama Spot Mini. Robot ini memiliki warna dominan kuning dan 4 kaki yang berwarna hitam. Aksi spot mini dalam kelihaiannya membuka pintu diunggah sendiri oleh Boston Dynamics berjudul "Hey Buddy, Can You Give Me a Hand?"dalam akun Youtubenya yang telah ditonton lebih dari 8 juta kali hanya dalam rentang waktu 7 hari.

Pada video viral tersebut, terlihat Spot Mini menarik pintu dengan sebuah tangan lalu dengan kakinya ia menopang pintu. Pintu yang telah terbuka ia tarik hingga terbuka lebar lalu dengan sopan mempersilakan teman robotnya untuk lewat terlebih dahulu.

Dilansir dari ABC News, Boston Dynamics mengklaim bahwa Spot Mini dapat menangani objek, menaiki tangga, dan memiliki sistem penglihatan 3D. Spot Mini memiliki lengan yang dapat diperpanjang, yang digunakan untuk membuka pintu, selain keempat kakinya, dan baterainya bisa bertahan sekitar 90 menit.

Berikut videonya: