Menjalani kehidupan di luar angkasa bukanlah perkara mudah. Begitu juga bagi para astronot yang seringkali harus berada di luar angkasa dalam jangka waktu yang lama. Kegiatan sehari-hari seperti makan, minum, tidur hingga buang air harus dilakukan dengan cara yang berbeda seperti di bumi.

Oleh karena itu, tidak semua orang bisa pergi ke luar angkasa. Bahkan astronot perlu melakukan serangkaian pelatihan untuk bisa beradaptasi di luar angkasa. Hal ini membuat kita bertanya-bertanya, bagaimana para astronot melakukan kegiatan di dalam pesawat luar angkasa dengan gravitasi nol?

Berikut beberapa video yang menampilkan kegiatan para astronot di luar angkasa.

1. Tidur di luar angkasa

Komandan ISS Chris Hadfield menjelaskan bahwa tempat tidur astronot hanya seukuran bilik telepon, yang memiliki: sleeping bag, bantal, lampu, ventilasi udara, laptop pribadi dan tempat untuk barang-barang pribadi. Jika ingin tidur di luar bilik, maka astronot akan mengaitkan sleeping bag ke dinding, lantai atau langit-langit. Mereka umumnya menggunakan penyumbat telinga dan masker tidur untuk menghalangi kebisingan dan cahaya.

2. Gosok gigi di luar angkasa

Jika menurutmu menyikat gigi dua kali sehari adalah kebiasaan rutin, paling tidak kamu tidak perlu menelan pasta gigi setiap saat kan? Di sini, Chris Hadfield menunjukkan betapa anehnya menyikat gigi di luar angkasa. Apalagi di luar angkasa tidak ada wastafel.

3. Keramas di luar angkasa

Astronot Karen Nyberg Ekspedisi 36 menunjukkan bagaimana dia mencuci rambutnya di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Menurut Nyberg, ada beberapa alat wajib yang dia andalkan untuk mencuci rambutnya: kantong kecil air hangat, sebotol sampo, handuk dan sisir.

4. Mencukur rambut di luar angkasa

Dengan menggunakan pemangkas rambut, astronot Chris Cassidy menunjukkan cara mencukur rambut di Stasiun Luar Angkasa Internasional saat mempersiapkan kedatangan rekan Ekspedisi 36 Luca Parmitano, yang terkenal dengan kepalanya yang botak.

5. Potong kuku di luar angkasa

Chris Hadfield menjelaskan bahwa cara memotong kuku di luar angkasa dilakukan dengan cara berbeda supaya aman. Hadfield harus mendekat ke ventilasi dimana udara ditarik masuk sehingga kuku-kuku tidak bertebaran. Hmm, ternyata gak bisa sembarangan ya!

6. Olahraga di luar angkasa

Astronot NASA Karen Nyberg, seorang insinyur penerbangan Ekspedisi 37 di Stasiun Luar Angkasa Internasional, menunjukkan bagaimana astronot berjalan di atas treadmill COLBERT. Para Astronot berolahraga paling tidak dua jam setiap hari agar tetap fit dan untuk mencegah hilangnya massa otot dan kepadatan tulang yang terjadi selama durasi spaceflight yang lama.

7. Main bola di luar angkasa

Siapa bilang astronot gak bisa main-main di luar angkasa? Para awak ISS ini memiliki cara tersendiri untuk memeriahkan Piala Dunia. Steve Swanson, Reid Wiseman dan Alexander Gerst tampak asik bermain bola dan melakukan selebrasi konyol di ruang hampa udara. Lumayan, untuk hiburan!

8. Membuat pizza di luar angkasa

Bagaimana caranya membuat pizza di luar angkasa? Beberapa awak ekspedisi 53 ini menyalurkan bakat mereka dan berlomba membuat pizza. Wah, pizzanya melayang-layang tuh!

9. Masak dan makan di luar angkasa

Astronot juga memiliki menu makanan sehat seperti sayuran. Kali ini, Hadfield mengolah bayam kering menjadi bayam yang siap untuk dimakan. Caranya hanya menambahkan air dengan jumlah yang tepat, dan bayam siap untuk dinimmati.

10. Buang air dan minum di luar angkasa

Air limbah toilet bisa menjadi sangat berharga di luar angkasa. Badan luar angkasa memperkirakan astronot rata-rata akan meminum 730 liter urine dan keringat daur ulang dalam misi selama satu tahun. Astronot Chris Hadfield mendemonstrasikan bagaimana mendaur ulang urine agar dapat diminum. Wow, gimana rasanya ya?