Hari Valentine menawarkan banyak cara bagi para kekasih untuk mengekspresikan emosi mereka. Mungkin salah satunya akan menginspirasi kamu nih. Banyak orang di seluruh dunia merayakan hari Valentine dengan menunjukkan hadiah ataupun perhatian kepada orang yang mereka cintai atau kagumi. Beberapa orang mengajak orang yang mereka cintai untuk makan malam romantis di restoran sementara yang lain mungkin memilih hari ini untuk melamar atau bahkan menikah.

Banyak orang memberikan kartu ucapan, cokelat, perhiasan atau bunga, terutama mawar, kepada pasangan atau orang-orang tersayangnya di hari Valentine ini. Dan Valentine juga bukan melulu soal berduaan dengan pasangan, tapi juga merupakan waktu untuk menghargai teman serta sahabat di lingkaran sosial dan budaya kita. Apa aja ya yang harus kita lakukan di hari Valentine ini?

1. Nikmati Hari Valentine sendirian.

Valentine tiba, apa yang harus kita lakukan di hari kasih sayang ini?

Mungkin ini cocok bagi kamu-kamu yang masih single dan jomblo ya, hehehe. Siapa bilang orang butuh teman untuk satu hari ini dalam setahun? Kamu bisa memanjakan diri kamu dengan spa atau mandi yang rileks. Atau bisa juga kamu bepergian ke tempat indah dan nikmati pemandangannya. Jika kamu sedang tidak mood untuk keluar, tetaplah di rumah dan saksikan pertandingan olahraga atau film romantis. Yah, me time sehari juga bukan ide yang buruk.

2. Ekspresikan dengan bunga mawar.

Valentine tiba, apa yang harus kita lakukan di hari kasih sayang ini?

Tidak ada hadiah yang mengatakan "Aku mencintaimu" pada hari Valentine selain buket mawar. Ekspresikan kata-kata kamu dengan mawar. Kenapa harus mawar, bukan bunga lain? Bunga-bunga lain seperti lavender terlihat lebih banyak pada kencan pertama dan "cinta pada pandangan pertama", sedangkan mawar putih adalah tradisi untuk pernikahan. Mawar merah muda, oranye, dan kuning dipandang sebagai kekaguman, kegembiraan, dan persahabatan. Mawar kuning dan merah muda sangat mirip, yaitu juga dapat digunakan untuk acara yang sama. Akhirnya, mawar merah dipilih, yang mengekspresikan dan menekankan keindahan dan cinta. Mawar merah secara tradisional dipertukarkan oleh pasangan dan orang-orang yang ingin mengekspresikan perasaan mereka terhadap orang lain.

3. Haribersama sahabat, bukan kekasih.

Valentine tiba, apa yang harus kita lakukan di hari kasih sayang ini?

Hari Valentine ada tak hanya untuk merayakan romansa dalam hidup kamu, tetapi juga merupakan cara yang baik untuk menunjukkan kepada teman betapa kamu menghargai mereka. Ada banyak cara untuk melakukan ini dengan sahabat, entah dengan kamu mungkin memberikan kartu untuk mengatakan "Selamat Hari Valentine," sementara dengan orang lain kamu mungkin pergi keluar dengan pesta besar.

4. Bikinkencan paling romantis.

Valentine tiba, apa yang harus kita lakukan di hari kasih sayang ini?

Oke, kamu mungkin tidak bisa melakukan kencan romantis ala "Titanic", tetapi pasti kamu bisa berduaan dengan kekasihmu. Terkadang hadiah hari Valentine terbaik yang dapat kita berikan pada pasangan hidup adalah hadiah waktu bersama tanpa gangguan. Kamu tidak perlu meninggalkan rumah untuk menjadikan hari Valentine istimewa. Pikirkan betapa hebatnya menghabiskan sepanjang hari di tempat tidur bersama. Matikan ponsel kamu, janganbuka pintu dan nikmati waktu berduaan satu sama lain.

5. Sediakanyang manis-manis buat si Dia.

Valentine tiba, apa yang harus kita lakukan di hari kasih sayang ini?

Cokelat untuk hari Valentine sama seperti Tom Cruise untuk Mission Impossible, sama-sama penting dan menjadi bintangnya. Adalah fakta bahwa cokelat memiliki rata-rata nilai sekitar 1.000 dalam skala 1 sampai 100 ketika hadir sebagai hadiah (agak lebay ya), jadi mengapa tidak mengubah sepanjang hari Valentine ini menjadi satu hadiah manis yang panjang? Jika kamu ingin memberikan sesuatu untuk teman sekelas sekolah, dapatkan sekotak kecil hati manis itu dengan sedikit ucapan. Jika kamu mau, kamu bisa membuat resep cokelat bersama orang lain di hari Valentine.

6. Bikinkartu ucapan buat seseorang.

Valentine tiba, apa yang harus kita lakukan di hari kasih sayang ini?

Kartu tersebut akan memiliki lebih banyak makna jika dibuat sendiri olehmu alih-alih membeli kartu yang langsung jadi dari toko. Gunakan kata-katamu sendiri untuk menggambarkan orang yang kamu berikan kartu ini. Buat puisi atau catatan yang menyenangkan. Tambahkan simbol "hak cipta" kecil di bagian belakang kartu untuk memperjelas dari siapa kartu itu datang.

7. Habiskanwaktu bareng doi.

Valentine tiba, apa yang harus kita lakukan di hari kasih sayang ini?

Luangkan waktu untuk hal yang penting dan habiskan waktu berkualitas dengan orang yang kamu cintai. Cara termudah untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-orang terkasih adalah dengan melibatkan mereka di hari ini denganmu. Pergi ke restoran yang bagus atau buat makan malam spesial. Berpelukan dengan pasanganmu di sofa dan tonton film. Cobalah untuk menghindari gangguan, seperti berselancar di internet, instagram, twitter, menelpon saat berada dengan doi, atau memutuskan untuk melakukan hal-hal lain sendiri atau dengan sekelompok orang lain.

8. Ajakdoi ke jenjang kehidupanberikutnya.

Valentine tiba, apa yang harus kita lakukan di hari kasih sayang ini?

Buat kamu yang masih dalam tahap patjaran doang nih, cara terbaik untuk melamar wanita impianmu adalah pada Hari Kasih Sayang ini. Jika kamu berpikir untuk memintanya menikah denganmu, tidak ada waktu seperti hari Valentine ini untuk membuat proposal lamaran yang romantis. Bagaimanapun juga, hari ini dimaksudkan untuk kekasih, dan berlutut dengan cincin atau mawar merah adalah salah satu cara terbaik untuk menyatakan cintamu padanya.