Bagi para fans genre musik J POP pada saat ini tentu telah sangat mengenal idol group AKB48, yang saat ini diakui sebagai idol group J POP terpopuler, dan juga telah banyak memiliki beberapa sister group ( sering disebut 48 Group/48 Family ), yang tersebar di beberapa kota lain di Jepang di luar Tokyo, seperti SKE48, NMB48, HKT48, NGT48 dan STU48.

Namun tidak hanya di Jepang saja, sister group AKB48 juga terdapat di beberapa negara lain di Asia, seperti JKT48 (Indonesia ), TPE48 ( Taiwan ), BNK48 ( Thailand ), MNL48 ( Filipina ) dan MUM48 India.

Namun tentunya juga pada saat ini, juga banyak yang mengetahui tentang genre K POP dari Korea Selatan ( Korsel ), yang saat ini telah sangat populer dan memiliki jumlah fans yang sangat tinggi yang menyebar di hampir seluruh penjuru dunia.

Dan tentunya hal ini menimbulkan pertanyaan bagi fans AKB48, apakah mungkin AKB48 dapat memiliki sister group di Korsel dan bersaing ketat dengan para idol group di Korsel, yang bagi fans K POP lebih dikenal dengan istilah Boyband dan Girlband.

Namun hal tersebut akhirnya terjawab pada saat terselenggaranya2017 Mnet Asian Music Awards (MAMA) Jepang di bulan November 2017, dengan diumumkannya kerjasama antara pihak 48 Group dan program TV Survival Show Korsel, Produce 101 untuk produksi program baru bernamaProduce 48.

Produce 101 sendiri adalah acara reality survival showyang tayang di channel Mnet di Korsel, dengan menampilkan 101 talent dari berbagai talent agency untuk pada akhir acara hanya menyisakan 11 talent untuk membentuk 1 group baru yang hanya akan berjalan selama sekitar 1 tahun saja. Untuk Produce 48 sendiri, masih belum bisa dipastikan format yang akan dijalankan.