Kita sempat dibuat tercengang oleh aksi Spider-Man yang diperankan oleh Tom Holland dalam film Avenger: Infinity War beberapa waktu lalu. Meski begitu, butuh waktu setahun lagi untuk bisa menyaksikan lanjutan kisah tokoh berjaring laba-laba tersebut beraksi dengan superhero Marvel lainnya. Untungnya rasa penasaran tersebut masih dapat dibendung setelah channel resmi milik Sony Pictures Entertainment merilis trailer kedua film animasi stand-alone Spider-Man bertajuk Into the Spider-Verse pada Rabu lalu (6/6). Film ini pun menjadi salah satu produksi besar Sony akan adaptasi komik Spider-Man setelah sebelumnya mereka merilis trailer film solo Venom, yang merupakan musuh bebuyutannya, pada April (23) lalu.

Selain dibalut dalam bentuk animasi dengan sentuhan efek yang mengagumkan, hal mencolok yang membedakan film ini dengan film Spider-Man lainnya terletak pada karakter utamanya. Pasalnya, Peter Parker yang identik dengan Spider-Man kini tidak lagi menjadi fokus cerita, melainkan seorang remaja 13 tahun bernama Miles Morales yang juga adalah. Spider-Man.

Spider-Man: Into the Spider-Verse ungkap superhero serupa lainnya

Siapa Miles Morales?

Nama Miles sudah cukup lama dikenal pembaca komik Marvel sejak kemunculan pertamanya di seri keempat Ultimate Fallout: Spider-Man No More pada 2011, setelah seri sebelumnya menceritakan kematian Peter Parker saat melawan Norman Osborn, alias Green Goblin.

Dalam versi komiknya, Miles mendapatkan kekuatannya dua bulan sebelum kematian Peter setelah dirinya digigit laba-laba yang muncul dari dalam tas pamannya, Aaron Davis. Laba-laba tersebut masuk ke dalam tasnya ketika Aaron, yang merupakan kriminal, menyelinap masuk Gedung Osborn untuk mencuri teknologi perusahaan besar tersebut.

Selain kemampuan indera laba-laba dan merayap di dinding, Miles juga dapat berkamuflase dengan lingkungan sekitarnya seakan membuat dirinya terlihat menghilang. Ia juga dapat melumpuhkan lawannya lewat setruman bio-elektrik di tangannya, sesuatu yang tidak dimiliki oleh Spider-Man Peter Parker.

Meski dengan kekuatan baru yang dimilikinya, Miles yang awalnya enggan menjadi Spider-man dan memilih menjalani kehidupan normal akhirnya mengubah pikirannya setelah menyaksikan langsung kematian Peter Parker.

Spider-Man: Into the Spider-Verse ungkap superhero serupa lainnya

Spider-Verse

Trailer kedua ini juga memperlihatkan karakter manusia laba-laba lainnya: Peter Parker dan Gwen Stacy, alias Spider-Gwen/Spider-Woman.

Dalam komiknya, atau dalam universe miliknya, Gwen menjadi manusia laba-laba dan Peter, yang merupakan temannya, berakhir cemburu. Karenanya ia pun membuat serum yang mengubahnya menjadi Lizard dan pada akhirnya membunuhnya.

Di sisi lain, meski situs resminya tidak menjelaskan detail lebih Peter yang menjadi mentor Miles di trailernya, Peter ini diduga kuat berasal dari universe yang berbeda dengan Miles mengingat apa yang terjadi di dalam komiknya dan batu nisan bertuliskan Peter Parker di trailer pertamanya.

Lalu lantas apa hubungan keduanya dengan Miles? Mengapa mereka datang ke universe milik Miles? Apa itu spider-verse?

Spider-man bisa dibilang memiliki cerita alternatif paling banyak dari karakter komik lainnya. Sebab ada lebih dari seratus karakter alternatif beridentitas manusia laba-laba dari universe yang berbeda, entah itu Peter dari masa lalu (Spider-Man Noir), pamannya sendiri (Ben Parker), musuh Peter (Doctor Octopus/Superior Spider-Man) atau penerus nama Spider-man (Miguel OHara/Spider-Man 2099).

Melihat itu, penulis Dan Slot menggabungkan mereka dalam tujuh seri komik berjudul The Amazing Spider-Man: Spider-Verse. Di sini mereka dikisahkan harus menggabungkan kekuatan untuk melawan Morlun dan keluarganya, yang berusaha memburu setiap Spider-Man/Woman di universe yang berbeda.

Belum jelas apakah film ini akan memasukkan Morlun, yang jelas Miles akan bertemu dengan banyak versi Spider-Man/Woman/Boy/Girl (atau mungkin Spider-Ham dan Spider-Monkey) dari universe yang berbeda. Dan ada berapa yang akan muncul di film? Seperti yang Peter ungkapkan di akhir trailer, simpan itu untuk Comic-Con, yang mengacu pada event internasional dengan fokus utama komik, film dan kultur pop lainnya.

Spider-Man: Into the Spider-Verse ungkap superhero serupa lainnya

Tiga Musuh Utama

Dari trailer-nya, kita langsung disuguhkan tiga villain Spider-man, di antaranya adalah Green Goblin, bos kriminal Kingpin dan jika filmnya benar mengikuti versi komiknya, maka kita akan menyaksikan paman Miles, Aaron Davis, merangkap sebagai villain The Prowler.

Film ini dijadwalkan tayang pada 14 Desember 2018 dan diisisuarakan oleh Shameik Moore (Dope) sebagai Miles; Jake Johnson (New Girl) sebagai Peter Parker; Hailee Steinfeld (True Grit) sebagai Spider-Gwen; Lily Tomlin (Nashville) sebagai Bibi May; Brian Tyree Henry (Atlanta) sebagai Ayah Miles, Jefferson Davis; Luna Lauren Velez (Dexter) sebagai Ibu Miles, Rio Morales; Mahershala Ali (Moonlight) sebagai Aaron Davis; dan Liev Schreiber (Spotlight) sebagai Kingpin. Sementara itu masih belum ada pernyataan resmi siapa yang akan mengisi suara Green Goblin.