×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tips lolos SBMPTN di PTN Favorit

0

Wow

Tips lolos SBMPTN di PTN Favorit

Kurangin main salah satunya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Sholikhul Hadi

27 / 02 / 2019 11:23

Nih gua mau berbagi tips supaya lolos SBMPTN. Biar adek-adek pejuang PTN bisa masuk PTN favoritnya.

Apa sih SBMPTN itu? SBMPTN itu ujian tulis yang diselenggarakan untuk mengukur kemampuan adek-adek, apakah adek-adek ketika kuliah bisa lulus tepat waktu atau tidak di PTN yang adek-adek tuju.SBMPTN nih dilaksanan oleh PTN yang ada di lingkungan Kemenristekdikti dan Kementrian Agama.

Dari tahun ke tahun jumlah peserta SBMPTN semakin bertambah. Dari yang saya kutip di website resmi Kemenristekdikti dari total peserta SBMPTN 2018 bejumlah 860.001 yang dinyatakan lolos cuma 165.831 peserta. Sedangkan di tahun 2017 yang kutip di website resmi Kemenristekdikti dari total peserta 797.738 yang dinyatakan lolos cuma 148.066 peserta.


Sebelum ikut SBMPTN sebaiknya adek-adek mikir dulu deh PTN mana yang di ingini adek-adek untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Jangan sampai salah ambil jurusan ya! itu membuat adek-adek sulit untuk memahami materi yang di sampein dosen. Jangan ikut-ikutan temen atau di suruh sama orang tua kalian untuk memilih jurusan yang di ingini mereka. Bukannya ngajarin supaya tidak nurut sama orang tua, tapi itu juga demi masa depan kalian, kuliah tidak sama lagi seperti sekolah. Pilih jurusan yang merupakan minat dan bakat adek, biar lebih muda memahami mata kuliah yang di sampein dosen.


Nih tips-tips biar adek-adek bisa masuk di PTN favorit adek-adek

1. Belajar Dari Sekarang

Sebaiknya adek-adek nyiapinnya dari sekarang ya! pokoknya sekarang ya gak pake bulan depan atau blablabla. Belajar UN nya tinggal dulu deh, karena SBMPTN lebih sulit banget daripada UN. Tapi bukan berarti tidak nyiapin untuk UN juga ya, cuma lebih prioritaskan belajar SBMPTN dulu karena persaingannya juga sulit banget. Dari yang saya kutip di website resmi Kemenristekdikti ya, peserta yang dinyatakan lolos di SBMPTN 2018 itu hanya 165.831 atau hanya 19,28 persen peserta saja. Coba bayangin yang di ambil gak sampei seperempatnya, jadi belajar yang semangat ya.

2. Les/Bimbel (Bimbingan Belajar)

Kalo perlu ya adek-adek bisa ambil les/bimbel (bimbingan belajar) biar adek-adek bisa lebih mudah belajarnya. Nah kalo les/bimbel (bimbingan belajar) jangan malu untuk bertanya ya kalo ada yang tidak dimengerti, biarin dikatain bodoh daripada kamu tidak mengerti apa yang di sampein si pengajar. Karena jalan kamu dan jalan mereka berbeda, kalian juga punya kecerdasan yang berbeda-beda dan proses yang berbeda.

3. Sering-sering latihan soal

Loading...
Semakin banyak soal yang kalian kerjakan itu sangat bagus banget deh, karena kalian bisa tau tipe-tipe soalnya dan proses pengerjannya. Saya saranin kerjain dari tipe soal yang mudah dulu ya, terus lanjut ke tipe soal yang lebih sulit. Dan jangan lupa kerjain juga tuh soal-soal SBMPTN yang di keluarkan dalam 5 tahun terakhir, karena biasanya soal yang keluar hampir mirip dengan soal tahun-tahun sebelumnya,

4. Berdoa

Ibadahnya jangan lupa ya adek-adek, belajarnya semangat ibadahnya harus semangat juga dong. Karena usahan dibarengi dengan berdoa akan mempermudah kalian.

5. Kurangin main

Untuk sementara ini untuk mempersiapkan SBMPTN kurangin mainnya ya, bukannya tidak boleh main ya! tapi kurangin. Karena terlalu seing bermain bisa membuat kalian lupa untuk belajar.

6. Minta Restu Orang Tua

Jangan lupa minta restu orang tua ya, karena doa orang tua itu cepet dikabulinnya sama tuhan. Yang nurut juga sama orang tua, jangan membuat orang tua marah biar mereka doainnya ikhlas. Khususnya ibu tuh, karena ibu yang melahirkan dan merawat kalian dari kecil sampai segede ini hehe.

Yang semangat ya dek, jangan malas-malasan semoga tips-tips itu bisa bermanfaat buat adek-adek pejuang PTN.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red