Siapa yang tak tahu Universal Studio? Nama Universal Studio sangat sering terngiang di telinga kita. Wahana yang sangat diminati banyak orang ini memiliki daya tarik tersendiri untuk membuat penasaran dengan keseruan di dalam wahananya.

Ternyata wahana ini tidak hanya ada di Singapora. Mungkin sebagian dari kita masih belum mengetahui bahwa sebenarnya Universal Studio ada di beberapa negara di dunia. Berikut adalah daftar Universal Studio selain di Singapora.

1. Universal Studio Hollywood, Los Angeles

Universal Studio ada di beberapa negara, ini beda desain wahananya

Foto: googleimage

Ciri khas dari studio ini adalah karakter kartun Woody Woodpecker. Universal Studio Hollywood adalah studio tertua dan paling terkenal di Hollywood, sehingga sampai saat ini masih beroperasi dan menghasilkan film yang berkualitas tinggi. Universal studio Hollywood memang hampir sama dengan universal studio lainnya. Namun disini ada yang berbeda karena adanya "studio tour" dimana kita di bawa untuk mengunjungi tempat pembuatan film dan seakan kita seperti ikut dalam film tersebut.


2. Universal Studio Jepang

Universal Studio ada di beberapa negara, ini beda desain wahananya

Foto: goggleimage

Universal Studio Japan terletak di Osaka, Jepang. Merupakan salah satu dari empat taman hiburan Universal Studio yang dimiliki dan dioperasikan oleh USJ Co, Ltd dengan lisensi dari NBCUniversal. Wahana ini memiliki delapan bagian, yaitu Hollywood, New York, San Francisco, Jurassic Park, Waterworld, Amity Village, Universal Wonderland, dan The Wizarding World of Harry Potter. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana hiburan lain, mulai dari carousel untuk anak-anak, roller coaster dan simulator dari film-film populer seperti Spiderman, Back to the Future, Terminator 2 dan Jurassic Park.

Wahana ini merupakan Theme Park Universal Studio yang pertama dibuka di luar wilayah Amerika Serikat pada tahun 2001. Dengan area yang luasnya kira-kira 39 hektar, dan memiliki 9 area bermain yang menyajikan berbagai atraksi menarik serta area perbelanjaan souvenir dan kuliner di restoran dan cafe-cafe uniknya.


3. Universal Studio Florida

Universal Studio ada di beberapa negara, ini beda desain wahananya

Foto: googleimage

Dikenal sebagai salah satu taman hiburan termahal di dunia, karena harga tiket masuk untuk 1 park adalah USD 104 atau USD 147 untuk 2 park dalam 1 hari, tersedia pilihan untuk tiket yang dapat digunakan dalam beberapa hari yang harganya tentu berbeda juga. Pada tahun 2008, wahana ini pernah menerima lebih kurang 6.23 juta pengunjung yang mampu menjadikannya berada di posisi ketujuh pengunjung tertinggi di seluruh dunia.

Namun sayangnya, ada pula Universal Studio yang batal dibuka, lho. Ini di antaranya:

1. Universal Studio Dubailand

Universal Studio ada di beberapa negara, ini beda desain wahananya

Foto: goggleimage

Universal Studios Dubailand adalah wahana Universal yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Rencananya ditempatkan di Dubailand, namun pada kenyataannya, pada tanggal 27 Oktober 2016, diumumkan bahwa rencana untuk wahana tersebut telah secara resmi dibatalkan.

Universal Studio Dubailand adalah perusahaan patungan dengan biaya lebih dari 8 miliar dirham ($ 2,2 miliar) antara Universal Studios dan Tatweer, anak perusahaan dari Dubai Holdings. Wahana ini diumumkan pada tanggal 30 April 2007 dengan rencana taman hiburan yang diharapkan dapat menarik 5 juta pengunjung setiap tahunnya dan dijadwalkan selesai pada tahun 2010.

Proyek tersebut memecahkan rekor pada 27 Juli 2008, namun krisis keuangan global pada saat itu mendorong para pengembang untuk mengumumkan bahwa mereka akan menunda pengembangan lebih lanjut, dan mendorong pembukaan hingga setidaknya pada kuartal pertama 2012. Namun, tidak ada pekerjaan konstruksi di lokasi proyek yang telah dilaporkan setidaknya sejak awal 2009.


2. Universal Studio South Korea

Universal Studio ada di beberapa negara, ini beda desain wahananya

Foto: goggleimage

Universal Studios Korea adalah wahana yang dibatalkan untuk dibangun di sekitar kawasan Hwaseong, Korea Selatan. Jika taman itu dibangun, taman ini akan menjadi taman hiburan Universal keenam di dunia, dan yang keempat di Asia, setelah Universal Studios Japan, Universal Studios Singapora, dan Universal Studios Beijing pada pembukaannya yang diprediksi pada tahun 2020.

Pada tanggal 23 Desember 2015, Konsorsium Universal Studios Korea yang dipimpin oleh pembangun negara terbesar China, China State Construction Engineering Corporation, dan agen turis terbesar milik negara, China Travel Services, memenangkan tender untuk proyek yang dipegang oleh K-Water, pemilik proyek tersebut. situs Konsorsium tersebut juga mencakup firma konstruksi Korea Daewoo E & C dan firma konsultan teknik Korea Dohwa Engineering serta Universal Studios Korea Property Holdings. Pada bulan Januari 2017, K-Water mengumumkan bahwa proyek tersebut sekarang telah dibatalkan.

Dan ada pula yang rencananya baru akan membangun universal studio di negaranya.


1. Universal Studio Beijing

Universal Studio ada di beberapa negara, ini beda desain wahananya

Foto: goggleimage

Universal Studios Beijing atau Universal Beijing Resort adalah wahana yang akan datang di ibukota Cina Beijing yang akan dibuka sekitar tahun 2020. Taman ini akan menjadi taman hiburan Universal kelima di dunia, dan yang ketiga di Asia, setelah Universal Studios Jepang dan Universal Studios Singapura.

Proyek ini diumumkan pada tanggal 13 Oktober 2014 dengan rencana untuk menginvestasikan 20 miliar RMB ($ 3,3 miliar dolar AS) ke dalam wahana baru ini, dan untuk sebuah upacara peletakan batu pertama diadakan pada tanggal 31 Oktober 2016.