Penasaran nggak sih sama pipa di serial Doraemon yang sering manjadi tempat tongkrongan Nobita dan kawan-kawannya? Ternyata pipa tersebut berhubungan dengan Perang Dunia II. Di mana saat itu kondisi perekonomian Jepang sedang labil, sehingga datanglah bantuan berbagai infrastruktur, salah satunya pipa-pipa dari Amerika Serikat.

Pada tahun 60-an pemerintah Jepang bermaksud akan menggunakan pipa-pipa tersebut untuk membuat saluran air dan toilet. Sehingga sebelum digunakan, pipa-pipa tersebut dibiarkan bertumpuk di halaman rumah. Lama-kelamaan pipa-pipa tersebut digunakan sebagai sarana bermain anak-anak.

Terungkap, ini asal mula tumpukan pipa di serial Doraemon

Kemudian pada tahun 90-an hingga sekarang, saat perekonomian Jepang mulai stabil dan perbaikan infrastruktur mulai merata, pipa-pipa tersebut sudah mulai jarang dijumpai dan tidak lagi menjadi sarana bermain anak-anak.

Sedangkan penyebab adanya tumpukan pipa dalam serial Doraemon adalah karena penciptanya, Fujiko Fujio mengadaptasi lingkungan sekitar untuk dijadikan alur cerita. Doraemon sendiri pertama hadir pada 12 Desember 1969 dan berakhir pada 23 Juni 1996.

Terungkap, ini asal mula tumpukan pipa di serial Doraemon

Jadi hadirnya tumpukan pipa-pipa dalam serial Doraemon disinyalir karena penciptanya, Fujiko Fujio mengadaptasi kondisi lingkungan sekitar yang saat itu tumpukan pipa-pipa sedang menjadi tempat bermain favorit anak-anak di Jepang. Sehingga hal itu diharapkan mampu membantu manga-nya diminati oleh anak-anak.