Kaki merupakan salah satu dari tulang anggota gerak. Kaki berfungsi untuk berdiri dan berjalan, memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat lainnya.

Meskipun kaki manusia terlihat sama, tetapi jika diperhatikan, sebenarnya bentuk kaki manusia ternyata berbeda-beda.

Setiap kaki manusia normal terdiri dari mata kaki, tumit, dan telapak kaki. Ketiganya sangat penting untuk menopang tubuh manusia saat berdiri, berjalan, atau berlari.

Namun, apakah Anda tahu fungsi dari mata kaki, tumit, dan telapak kaki?

Berikut ini penjelasan mengenai fungsi dari mata kaki, tumit, dan telapak kaki manusia.


1. Mata Kaki

3 Manfaat menakjubkan kaki manusia yang mungkin jarang kamu ketahui

foto: manfaat.org


Pada bagian kanan dan kiri terdapat tulang yang menonjol, tulang inilah yang disebut sebagai mata kaki. Tulang mata kaki merupakan bagian dari tulang pergelangan kaki selain dari ujung tulang kering dan tulang betis.

Fungsi dari pergelangan kaki adalah untuk menyangga berat badan, sedangkan mata kaki untuk melindungi sendi engsel yang terletak di kaki dan juga sebagai poros penggerak telapak kaki dan otot betis.



2. Tumit

3 Manfaat menakjubkan kaki manusia yang mungkin jarang kamu ketahui

foto: grid.id


Tulang terbesar dari tulang telapak kaki adalah tumit. Tulang yang memiliki nama ilmiah kalkaneus ini letaknya berada di belakang telapak kaki yang akan mengalihkan berat badan di atas tanah ke belakang.

Tumit diselimuti banyak serabut saraf dan otot. Jika terjadi nyeri, bisa jadi itu berasal dari salah satu atau gabungan oto,saraf, atau tulang tumit itu sendiri.

Sebagai penyangga berat badan tubuh ketika berdiri, berjalan, atau berlari sehingga tubuh dapat seimbang merupakan fungsi dari tumit.

3. Telapak Kaki

3 Manfaat menakjubkan kaki manusia yang mungkin jarang kamu ketahui

foto: she.id


Lapisan kulit paling tebal dari tubuh manusia letaknya ada pada telapak kaki. Telapak kaki tidak memiliki bulu dan pigmen sehingga mulus dan tidak berwarna. Tetapi telapak kaki memiliki konsentrasi keringat yang tinggi.

Telapak kaki juga memiliki banyak ujung saraf sehingga membuat telapak kaki sangat sensitif akan sentuhan, seperti merasa gatal atau mudah geli. Telapak kaki dapat dijadikan media pengobatan karena banyaknya ujung saraf pada telapak kaki, seperti memijat atau mengurutnya.

Telapak kaki berfungsi sebagai pijakan saat tubuh dalam posisi berdiri atau berjalan agar tubuh tetap seimbang.

Itulah beberapa manfaat dari mata kaki, tumit, dan telapak kaki yang jarang yang diketahui oleh banyak orang.