Seringkali tiap perusahaan punya karakter yang berbeda soal kepemimpinan. Kita selaku bawahan pasti bisa menilai boss kita seperti apa dan bagaimana tipenya ketika jadi pimpinan.

Berikut macam-macam karakter seorang boss di perusahaan :

1.BOSSY

Tentunya kita udah tau arti kata di atas, ya! Terdengar menyebalkan. Tipe karakter bos macam ini seringkali menyuruh-nyuruh siapa saja yang dia kehendaki. Mereka tak segan untuk menyuruh bahkan untuk hal sekecilpun. Mereka tipe orang yang tak mau ambil pusing, yang penting pekerjaan beres. Mereka tak mau tau, iya tidak?

2.PERFEKSIONIS

Tipe bos seperti ini tergolong pintar dan kebanyakan perempuan. Kenapa? Karena mereka teliti dalam berbagai hal. Mereka detail dari mulai perencanaan, proses, sampai dengan hasil. Mereka bisa mengkritik kinerjamu apabila ada kesalahan dan menyuruhmu untuk mengulang sampai benar. Mereka menghendaki segala sesuatu sempurna menurut versi nya.

3.PEMARAH

Hanya kesabaran satu-satunya senjata untuk karyawan yang memiliki boss jenis satu ini. Dia adalah tipe orang yang senang memarahi siapapun yang menurut dia salah. Jika ada yang tidak sesuai dengan apa yang dia harapkan, siap-siap saja bersabar extra untuk setiap omelannya. Duh!

4.MOODY

Tak beda jauh dengan pemarah, boss satu ini agak angin-anginan. Disaat moodnya baik, dia tak mempermasalahkan kesalahan dan menganggap baik-baik saja. Tapi disaat moodnya sedang kacau, hati-hati ya! Bisa jadi meja digebrak atau pintu dibanting. Jika ingin mendekat, ketahui dulu moodnya!

5.PENYEMANGAT

Siapa yang tidak senang dengan karakter bos yang satu ini. Dia adalah tipe yang disukai banyak karyawan dengan semangatnya. Dia seringkali menyemangati karyawannya untuk kemajuan perusahaan. Dia menganggap semangat adalah jalan menuju sukses.

6.PENDIAM

Bos dengan karakter seperti ini agaknya susah ditebak dan sering kali membuat karyawannya sungkan. Dia adalah tipe yang kurang suka bergaul. Dia berorientasi pada hasil. Baginya pergaulan di perusahaan tempat ia memimpin tidak terlalu penting (gap). Rupanya dia tidak terlalu peduli dengan isu yang sedang happening di kantor. Susah juga ya?

7.PEMILIH

Bagaimana karakter ini? Dia adalah jenis boss dengan sifat pilih-pilih sesuai kehendak hatinya dan termasuk subjektif. Jika karyawan itu pintar mengambil hatinya, artinya dia bisa dekat dengannya. Bisa jadi dia adalah tipe orang yang harus didekati terlebih dahulu alias haus perhatian. Jadi, kalau ingin cepat naik pangkat, bisa nih pdkt dengan bos satu ini?

8.EASY GOING

Tipe ini merupakan tipe yang banyak dicari dan disukai karyawan. Bagaimana tidak? Dia mudah bergaul, dia tak sungkan mendekati siapa saja dari berbagai kalangan. Sikapnya yang ramah memacu kinerja perusahaan. Baginya, kedekatan emosional membuat situasi perusahaan kondusif dan membuat karyawannya betah di kantor.

Jadi, termasuk yang manakah bossmu di kantor?