Tragedi kebakaran di negara bagian California, Amerika Serikat (AS) sudah berlangsung selama kurang lebih 2 bulan di mana lebih dari 86.000 hektar lahan hangus dilalap si jago merah. Sulitnya memadamkan api pun dirasakan oleh para petugas lantaran tiupan angin kencang hingga membuat area yang terbakar makin meluas.

Kini, api sudah mulai mengarah ke kota-kota pesisir. Sedikitnya, 40 orang tewas dan puluhan kuda hangus terbakar lantaran ditinggal oleh para pemiliknya mengungsi. Namun, beberapa kuda ada yang berhasil dievakuasi oleh tim relawan profesional atau menyelamatkan diri setelah menerobos pagar rusak ke alam liar.

Tapi, tragedi kebakaran dahsyat dan terbesar ke-10 di California sejak tahun 1932 itu ternyata juga meninggalkan kisah unik sekaligus mengharukan. Seorang wanita berprofesi sebagai perawat bernama Lauren Mesaros ternyata punya hati mulia. Di tengah bahaya yang mengintai bahkan membahayakan dirinya sendiri, ia nekat menyelamatkan tiga ekor kuda dari kobaran api yang mengganas itu.

Kuda-kuda itu berjalan menuju arah mobil saya dan tampak seolah meminta pertolongan, sehingga saya pun tak tega. Meski bau di mobil saya mungkin tak sama lagi,katanya seraya bercanda kepada Foxnews.

Terharu, kisah perawat selamatkan kuda saat tragedi kebakaran di AS

Mesaros pun bersama seorang temannya, Carol Spears mengantar kuda-kuda ketakutan itu secara bergantian ke tempat aman menggunakan mobil sedannya yang mungil itu. Untungnya saja, meski berukuran tak terlalu besar, mobilnya mampu memuat satu ekor kuda di bagian belakang tempat duduk kendaraan.

Diketahui, jika kuda-kuda itu dibawa ke peternakan kuda terdekat yang aman yakni, Wind Horse Ranch di Sebastopol. Ibu mertua Mesaros pun membagikan foto-foto penyelamatan kuda itu ke Facebook hingga menjadi viral lantaran telah dibagi sebanyak 17 ribu kali. Dalam unggahan itu juga, ibu mertua Mesaros juga menulis caption yang sangat inspiratif:

Ketika kamu harus mengevakuasi kuda-kuda namun tak ada layanan transportasi tersedia, maka kamu pun harusnya melakukan apa yang harusnya dilakukan,tulisnya.

Terharu, kisah perawat selamatkan kuda saat tragedi kebakaran di AS

Insiden kebakaran yang diketahui makin meluas akibat bertiupnya angin di Santa Ana yang mencapai 88 km per jam, serta kontur pegunungan menunju Santa Barbara dan Ventura memang menyulitkan upaya pemadaman api oleh tim pemadam. Kebakaran di Selatan California ini pun juga telah membuat ratusan ribu orang dievakuasi. Tak terkecuali, warga yang tinggal di pemukiman mewah, termasuk selebriti, seperti Oprah Winfrey.