Piala Dunia 2018 sudah di depan mata dan Rusia selaku tuan rumah sudah menyediakan 12 stadion yang akan digunakan untuk menyelenggarakan pertandingan-pertandingan dalam turnamen 4 tahunan itu.

Mulai dari Luzhniki Stadium di Moscow sampai Central Stadium di Yekaterinburg. Luzhniki Stadium sendiri ditetapkan sebagai venue laga pembuka dan pertandingan grand final Piala Dunia 2018 nanti. Berikut adalah gambaran singkat mengenai 12 stadion yang akan digunakan untuk menyelenggarakan Piala Dunia Rusia 2018.

1. Luzhniki Stadium, Moscow - kapasitas 80.788 ribu penonton. Tengok 12 stadion megah yang akan digunakan di Piala Dunia 2018 Rusia

Didirikan pada 1954, stadion ini adalah kebanggaan rakyat Rusia karena merupakan salah satu jejak peninggalan Komunis Uni Soviet. Sebanyak tiga ribu lebih pertandingan telah digelar di sini, termasuk sejumlah pertandingan bersejarah seperti terpelesetnya John Terry yang membuat Manchester United meraih gelar juara Liga Champions 2008.

Stadion yang menelan dana perbaikan hingga 400 juta dollar ini, darsiteki oleh Igor Rozhin, Oleksandr Fedorovych Khryakov, dan Nikolay Ullas. Stadion yang terletak di Kota Moskow ini punya keterkaitan sejarah dengan Indonesia. Konon, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta dibuat dan terinspirasi dari karya Pemerintah Uni Soviet tersebut.

Stadion ini sendiri akan menyelenggarakan tujuh pertandingan. Rusia vs Saudi Arabia (fase Grup A), Jerman vs Meksiko (fase grup F), Portugal vs Moroko (fase grup B), Denmark vs Prancis (fase Grup C), pertandingan babak 16 besar antara juara Grup B dan runner-up Grup A, satu pertandingan semifinal, dan juga partai final Piala Dunia Rusia 2018.

2. Krestovsky Stadium, Saint Petersburg - kapasitas 68.314 ribu penonton. Tengok 12 stadion megah yang akan digunakan di Piala Dunia 2018 Rusia

Didirikan pada 2017, dan sering digunakan oleh Zenit Saint Petersburg untuk menjalani pertandingan-pertandingan kandang mereka. Ada keunikan dari stadion dengan pembangunan seharga 1,14 Miliar USD dan menjadi termahal di dunia ini. Bentuknya dinilai punya kemiripan dengan sebuah kapal UFO.

Stadion yang diarsiteki oleh orang Jepang "Kisho Kurokawa" ini, akan menyelenggarakan tujuh pertandingan. Moroko vs Iran (fase Grup B), Rusia vs Mesir (fase Grup A), Brasil vs Kosta Rika (fase Grup E), Nigeria vs Argentina (fase Grup D), pertandingan babak 16 besar antara juara Grup F dan runner-up Grup E, satu pertandingan semifinal, serta pertandingan perebutan juara ketiga.

3. Volgograd Arena, Volgograd - kapasitas 45.568 ribu penonton. Tengok 12 stadion megah yang akan digunakan di Piala Dunia 2018 Rusia

Resmi dibuka pada 2018, Volgograd menjadi salah satu daerah yang ikut menyelenggarakan Piala Dunia Rusia tahun ini. Setelah turnamen tersebut, FC Rotor Volgograd akan menggunakannya untuk menjalani pertandingan-pertandingan kandang.

Stadion ini diarsiteki oleh Sport-In Fgup dan menelan dana 280 juta USD. Nantinya dalam gelaran Piala Dunia akan ada empat pertandingan yang seluruhnya merupakan pertandingan pada fase grup. Tunisia vs Inggris (Grup G), Nigeria vs Islandia (Grup D), Saudi Arabia vs Mesir (Grup A), dan Jepang vs Polandia (Grup H).

4. Otkritie Arena, Moscow - kapasitas 45.360 ribu penonton Tengok 12 stadion megah yang akan digunakan di Piala Dunia 2018 Rusia

Stadion berkapasitas 45.360 penonton ini menjadi milik klub papan atas Rusia, Spartak Moskow. Berdiri pada tahun 2014 stadion ini di arsiteki oleh BiznesTehProekt, PozhEvroStroi dan menelan biaya pembangun 430 juta dollar. Salah satu kelebihan dari stadion ini adalah muka bangunannya bisa berubah warna tergantung kesebelasan mana yang bermain di sana.

Stadion ini akan menyelenggarakan lima pertandingan. Argentina vs Islandia (fase Grup D), Polandia vs Senegal (fase Grup H), Belgia vs Tunisia (fase Grup G), Serbia vs Brasil (fase Grup E), dan pertandingan babak 16 besar antara juara Grup H menghadapi runner-up Grup G.

5. Cosmos Arena, Samara - kapasitas 44.918 ribu penonton Tengok 12 stadion megah yang akan digunakan di Piala Dunia 2018 Rusia

Didirikan pada 2018, stadion ini tak ada kaitannya dengan superhero asal Jepang, Ultraman Cosmos, atau perusahaan elektronik yang antara lain memproduksi kipas angin dan penanak nasi. Letak bangunan tersebut berada di Samara dan jauh dari Moskow, apalagi Jepang.

Di arsiteki oleh TerrNIIgrazhdanproekt, GMP Architekten, AECOM dan menelan biaya pembangunan seebesar 320 juta dollar. Stadion ini akan menyelenggarakan enam pertandingan. Kosta Rika vs Serbia (fase Grup E), Denmark vs Australia (fase Grup C), Uruguay vs Rusia (fase Grup A), Senegal vs Kolombia (fase Grup H), satu pertandingan babak 16 besar antara juara Grup E dan runner-up Grup F, dan satu pertandingan babak perempat final.

6. Kazan Arena, Kazan - kapasitas 45.379 ribu penonton Tengok 12 stadion megah yang akan digunakan di Piala Dunia 2018 Rusia

Kazan Arena menelan biaya hingga 439,7 juta US Dollar, dan diresmikan pada 2013 lalu. Rubin Kazan menjadi klub yang menggunakan stadion ini untuk menjalani pertandingan-pertandingan kandang.Kazan Arena diarsiteki oleh Populus, perusahaan arsitek yang juga mengarsiteki stadion kelas dunia lain seperti Wembley Stadium dan Emirates Stadium.

Stadion ini akan digunakan untuk menyelenggarakan enam pertandingan. Prancis vs Australia (fase Grup C), Iran vs Spanyol (fase Grup B), Polandia vs Kolombia (fase Grup H), Korea Selatan vs Jerman (fase Grup F), satu pertandingan babak 16 besar antara juara Grup C dan runner-up Grup D, dan satu pertandingan babak perempat final.

7. Rostov Arena, Rostov-on-Don - kapasitas 45.145 ribu penonton Tengok 12 stadion megah yang akan digunakan di Piala Dunia 2018 Rusia

Stadion yang selesai dibangun pada 2018 ini merupakan salah satu yang dibangun khusus untuk menyelenggarakan Piala Dunia Rusia 2018, dan saat ini digunakan oleh FC Rostov untuk menjalani pertandingan-pertandingan kandang mereka.

Stadion ini di arsiteki Populous dan menelan biaya pembangunan 330 juta dollar. Uniknya, saat awal pembangunan stadion berkapasitas 45 ribu penonton ini ada sebuah kejutan. Di sana ditemukan lima buah granat yang masih dalam status aktif.

Stadion ini akan menyelenggarakan lima pertandingan. Brasil vs Swiss (fase Grup E), Uruguay vs Saudi Arabia (fase Grup A), Korea Selatan vs Meksiko (fase Grup F), Islandia vs Kroasia (fase Grup D, dan satu pertandingan babak 16 besar antara juara Grup G menghadapi runner-up Grup H.

8. Nizhny Novgorod Stadium, Nizhny Novgorod - kapasitas 45.331 ribu penonton Tengok 12 stadion megah yang akan digunakan di Piala Dunia 2018 Rusia

Stadion ini juga termasuk dalam stadion yang didirikan pada 2018 untuk menyelenggarakan Piala Dunia Rusia 2018, dan pasca Piala Dunia stadion ini akan dipakai oleh FC Olimpiyets Nizhny Novgorod. Menelan dana 290 juta dollar, stadion ini diarsiteki oleh Stroytransgaz.

Stadion ini akan digunakan untuk menyelenggarakan enam pertandingan. Swedia vs Korea Selatan (fase Grup F), Argentina vs Kroasia (fase Grup D), Inggris vs Panama (fase Grup G), Swiss vs Kosta Rika (fase Grup E), satu pertandingan babak 16 besar antara juara Grup D dan runner-up Grup C, dan satu pertandingan babak perempat final.

9. Mordovia Arena, Saransk - kapasitas 44.442 ribu penonton Tengok 12 stadion megah yang akan digunakan di Piala Dunia 2018 Rusia

Mordovia Arena terletak di Saransk, yang merupakan daerah paling kecil yang menghelat pertandingan Piala Dunia di Rusia. Stadion ini akan digunakan oleh FC Mordovia Saransk untuk menjalani pertandingan-pertandingan kandang mereka.

Sepanjang Piala Dunia Rusia 2018, stadion yang menelan biaya300 juta dolar dan diarsiteki olehSaranskGrazhdanProekt ini, akan menyelenggarakan empat pertandingan yang seluruhnya berada pada fase grup. Peru vs Denmark (Grup C), Kolombia vs Jepang (Grup H), Iran vs Portugal (Grup B), dan Panama vs Tunisia (Grup G).

10. Fisht Olympic Stadium, Sochi - kapasitas 47.659 ribu penonton Tengok 12 stadion megah yang akan digunakan di Piala Dunia 2018 Rusia

Stadion ini berada di Sochi, daerah yang sebelumnya dikenal sebagai penyelenggara Olimpiade Musim Dingin pada 2014. Kompleks olahraga ini selesai dibangun satu tahun sebelumnya dan akan digunakan untuk menyelenggarakan enam pertandingan selama gelaran akbar Piala Dunia. Stadion ini menghabiskan dana sebesar 778,7 juta dollar.

Stadion yang diarsiteki oleh Populous dan Buro Happold memiliki keistimewaan yaitu menjelang matahari terbenam, para turis dan penonton bisa menyaksikan pemandangan indah Laut Hitam dari stadion tersebut.

Laga-laga Portugal vs Spanyol (fase Grup B), Belgia vs Panama (fase Grup G), Jerman vs Swedia (fase Grup F), Australia vs Peru (fase Grup C), satu pertandingan babak 16 besar antara juara Grup A dan runner-up Grup B, dan satu pertandingan babak perempat final akan diselenggarakan di stadion ini.

11. Kaliningrad Stadium, Kaliningrad - kapasitas 35.212 ribu penonton Tengok 12 stadion megah yang akan digunakan di Piala Dunia 2018 Rusia

Didirikan pada 2018 dan menelan biaya 300 juta USD. Arsiteknya adalah Crocus Group. Stadion ini terletak di Kota Kaliningrad, dan dianggap sebagai permata tuan rumah Piala Dunia 2018. Wajar saja, daerah tempat berdirinya stadion berkapasitas 35.212 ribu penonton tersebut merupakan penghasil batu permata jenis ambar terbesar di dunia.

Setelah menyelenggarakan Piala Dunia Rusia 2018, FC Baltika Kaliningrad akan menggunakan stadion ini sebagai markas mereka.Stadion ini akan digunakan untuk menyelenggarakan empat pertandingan, seluruhnya pada fase grup. Kroasia vs Nigeria (Grup D), Serbia vs Swiss (Grup E), Spanyol vs Moroko (Grup B), dan Inggris vs Belgia (Grup G).

12. Central Stadium, Yekaterinburg - kapasitas 35.696 ribu penonton Tengok 12 stadion megah yang akan digunakan di Piala Dunia 2018 Rusia

Stadion yang didirikan pada 1957 ini sudah menjalani beberapa proses renovasi, dan terakhir diperbaiki pada 2017 sebagai persiapan untuk menyelenggarakan Piala Dunia Rusia 2018, dengan kapasitas asli hanya 23 ribu penonton. Namun pemerintah membuat tribun tambahan selama gelaran Piala Dunia 2018. Umumnya, FC Ural Yekaterinburg menjadi tim yang menggunakan stadion ini.

Karena merupakan stadion paling kecil maka dana perbaikan stadion itu sendiri hanya menelan 200 juta dollar lebih murah dari harga Neymar saat dibeli oleh PSG sebesar 262 juta USD. Arsiteknya adalah ABD Architect, PI Arena.

Stadion ini akan menyelenggarakan empat pertandingan, seluruhnya sepanjang fase grup. Mesir vs Uruguay (Grup A), Prancis vs Peru (Grup C), Jepang vs Senegal (Grup H), dan Meksiko vs Swedia (Grup F).