Bukan rahasia umum lagi bahwa mayoritas dari kita umat muslim pernah merasakan sulit khusyuk atau konsentrasi dalam menjalankan ibadah terutama dalam ibadah shalat. Terkadang atau mungkin sering kali khayalan atau ingatan terhadap sesuatu tiba-tiba muncul ketika menjalankan ibadah shalat yang dapat menyebabkan kesalahan dalam menjalankan rukun shalat.

Berikut beberapa tips yang dapat kamu coba supaya kamu dapat lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah shalat:.

1. Niat

Kamu yang merasa kurang khusyuk salat, ini tipsnya biar khidmat

Niatkan dalam hati atau jika perlu dalam ucapan bahwa kamu akan menjalankan ibadah dengan tepat waktu ikhlas karena Allah yang diiringi dengan mengosongkan hati dan pikiran dari segala urusan dunia.

2. Rukun Shalat

Kamu yang merasa kurang khusyuk salat, ini tipsnya biar khidmat

Rukun dapat pula diartikan sebagai tata cara atau urutan yang haru atau menurut KBBI online rukun adalah salah satu tahapan harus dipenuhi untuk sahnya suatu pekerjaan. Ada 13 rukun shalat yang dimulai dari berdiri hingga salam terakhir dan, jika kamu telah membaca dan memahami rukun shalat Insya Allah.

3. Terjemahan

Kamu yang merasa kurang khusyuk salat, ini tipsnya biar khidmat

Adalah suatu kewajiban umat muslim untuk melafalkan Ayat Al-Qur'an dalam Bahasa Arab. Untuk dapat lebih khusyuk kamu dapat mencoba saran ke 3 ini dengan membaca kembali ayat Al-Qur'an terutama surah pendek yang digunakan dalam shalat beserta dengan terjemahannya sehingga kalian akan lebih mengetahui arti dan makna dari surah yang kalian bacakan dalam shalat sehingga Insya Allah akan menambah khusyuk shalat kalian di waktu berikutnya.

4. Berjamaah

Kamu yang merasa kurang khusyuk salat, ini tipsnya biar khidmat

Merupakan kewajiban setiap muslimin untuk shalat di masjid atau mushalla. Jika kamu yang sering shalat berjamaah kalian akan lebih mudah untuk menghafalkan suatu ayat karena dibantu oleh imam dan pastinya akan menambah jumlah ayat yang dapat kita ingat atau digunakan dalam rakaat/shalat berikutnya. Dan yang lebih penting lagi adalah pahala yang didapat dari berjamaah jauh lebih banyak jika kalian shalat secara sendiri.

5. Muazin dan Imam

Kamu yang merasa kurang khusyuk salat, ini tipsnya biar khidmat

Jika kalian pernah terlibat dalam suatu event/acara secara otomatis kalian akan lebih bertanggung jawab dalam mensukseskan event/kegiatan/acara tersebut. Sama hal nya dengan contoh/ilustrasi tersebut kalian dapat mencoba untuk menjadi muazin atau orang yang mengkumandangkan azan/iqamah atau jika kalian telah mampu atau memenuhi syarat kalian dapat mencoba untuk menjadi imam. Dengan menjadi muazin atau imam Insya Allah kalian akan lebih fokus dalam menjalankan ibadah karena diibaratkan kalian adalah seorang panitia yang bertanggung jawab dalam mensukseskan acara dalam hal ini adalah ibadah shalat.

Demikian beberapa tips yang dapat saya bagikan semoga dengan tips saya diatas dapat membantu kalian dalam menjalankan ibadah secara khusyuk.