Semua benci jerawat. Setuju tidak? Alasan utamanya tentu saja karena dapat mengganggu penampilan, kan. Akibatnya, kamu jadi tidak percaya diri saat harus bertemu gebetan dan kencan pertama jadi meninggalkan kesan buruk, deh.

Walaupun kesal, kamu harus perhatikan cara penanganannya. Jangan asal pencet dan memecahkan jerawat, ya! Nanti yang ada malah memperparah jerawat dan menimbulkan bekas yang sangat susah dihilangkan. Agar tidak salah, berikut hal yang pantang dilakukan saat berjerawat.

1. Menyentuh jerawat.

Hal yang pantang dilakukan saat berjerawat yang pertama adalah menyentuh jerawat. Walaupun gemas, kamu harus bisa menahan diri, ya. Memang, jari tangan selalu ingin menyentuhnya. Apapun kondisinya, jangan menyentuhnya, ya! Alasannya, kotoran maupun bakteri yang ada di tangan malah bisa menambah jerawat di wajah indah milikmu, lho.

2. Memecahkan jerawat.

Memecahkan jerawat suka dipilih sebagai jalan pintas untuk menghilangkan jerawat. Tapi jangan pernah sekali-kali memencet jerawat karena akan memperlama proses penyembuhannya, apalagi saat kondisi tangan kotor karena berisiko mengalami infeksi dan menimbulkan bekas jerawat yang sulit hilang. Jadi, hindari hal yang pantang dilakukan saat berjerawat ini ya.

3.Terkena rambut.

Selanjutnya, hal yang pantang dilakukan saat berjerawat adalah jangan membiarkan jerawat Anda terkena rambut. Kenapa? Alasannya, kandungan minyak dalam rambut dapat memperburuk kondisi wajahmu, lho. Makanya, lebih baik gunakan penjempit atau ikat rambut, ya!

4.Penggunaan makeup yang tidak tepat.

Buat para ladies, nih, menggunakan makeup jadi hal yang pantang dilakukan saat berjerawat. Lalu, bagaimana solusinya? Agar tidak semakin parah, hindarilah menggunakan produk perawatan wajah dan makeup yang mengandung minyak atau alkohol. Pilihlah produk yang bebas minyak atau bersifat noncomedogenik.

5. Menggosokan handuk.

Dari pada memilih handuk untuk mengeringkan wajah sehabis dibersihkan, lebih baik gunakanlah tisu sebagai alternatif agar wajah yang berjerawat tidak mengalami luka akibat gesekan. Mudah bukan?

6. Facial dan chemical peels.

Yups, ini termasuk hal yang pantang dilakukan saat berjerawat, lho. Baru tahu, ya? Walaupun dipercaya dapat membantu menghilangkan jerawat, namun faktanya melakukan facial dan chemical peels dapat membuat kulit yang berjerawat menjadi teriritasi. Sekarang jadi tahu, deh!

7. Menggunakan aksesoris kepala.

Kamu gemar memakai headband atau topi untuk menutupi jerawat? Jika iya, sebaiknya hindarihal tersebut, ya. Soalnya, dapat menyebabkan panas dan memperparah jerawat yang sudah ada akibat gesekannya. Selain itu, hal tersebut juga dapat menyebabkan terjebaknya kotoran dan keringat di pori-pori dan menimbulkan jerawat baru.

8. Mengguanakan scrub.

Saat wajah berjerawat, yang perlu diingat adalah hindari penggunaan bahan-bahan yang kasar pada wajah seperti scrub. Soalnya, gesekan antara scrub dengan kulit dapat menyebabkan rusaknya lapisan kulit luar dan meninggalkan bekas luka di wajah. Ngeri kan?

Itu dia 8 hal yang pantang dilakukan saat berjerawat. Memang tak mudah, tapi jika dipatuhi wajah bersih bebas jerawat bukan lagi impian. Selamat mencoba!