×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Stop jadi kaum rebahan, ini 5 tips anak kost tetap sehat

0

Kesehatan

Stop jadi kaum rebahan, ini 5 tips anak kost tetap sehat

Olahraga jalan, tapi yang lain apa ya?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Siti Chodijah

06 / 01 / 2020 15:35

“Derita” anak kosan sebenarnya ada banyak. Mulai dari uang pas-pasan, sulit mengatur pola makan karena jadwal padat, hingga kurang tidur. Terlebih lagi, kekurangan motivasi juga menjadi faktor mengapa kehidupan anak kos agak jauh dari kebiasaan yang sehat. 

Tahukah kalian bahwa hidup sehat ala anak kos tidak melulu seputar makanan dan jam tidur saja? Dekorasi ruangan dan cara berpikir juga memengaruhi kesehatan tubuh kalian sebagai anak kos yang jauh dari kampung halaman.

Nah, supaya kalian berhasil menjadi anak kos yang sehat tanpa membuat orangtua khawatir, yuk simak tips di bawah ini:

1. Merapikan kamar

Stop jadi kaum rebahan, ini 5 tips anak kost tetap sehat

Loading...

Tinggal di ruangan kecil sering dialami oleh kebanyakan anak kos. Pada ruangan kecil itulah Anda bisa beristirahat, belajar, dan mengatur suasana hati ketika keluar kamar.

Salah satu strategi agar kalian bisa menjalani hidup sehat ala anak kos adalah mengatur dan merapikan kamar dengan baik. Beberapa cara yang dapat kalian lakukan, antara lain: 

Mendekorasi kamar, Kegiatan ini ternyata dapat memotivasi kalian untuk tetap semangat menjalani hari. Anda bisa meletakkan foto keluarga atau sahabat sebagai penyemangat. 
Mengatur penerangan, Belilah lampu yang bisa diatur tingkat pencahayaannya agar kalian tetap tenang dan nyaman di dalam kamar kos. 
Menjaga agar kamar tetap rapi dan bersih, Ruangan kecil yang berantakan akan membuat kamar kos kalian seperti kapal pecah. Hal ini bisa juga membuat kepala Anda semakin pusing. 

2. Rutin sarapan setiap hari

Stop jadi kaum rebahan, ini 5 tips anak kost tetap sehat

Manfaat dari rutin sarapan setiap hari adalah memberikan energi agar tetap fokus menjalani hari.

Sarapan memang sulit dilakukan oleh anak kos, tetapi bila kalian mengikuti beberapa tips di bawah ini, mungkin hambatan tersebut dapat dilewati. 

*Sarapan dengan potongan buah segar untuk menyingkat waktu persiapan sarapan dan bisa dibawa sambil keluar kosan. 
*Mengawali hari dengan menyantap semangkuk sereal dan susu karena tidak perlu dimasak terlebih dahulu. 
*Membuat telur dadar dan memakannya dengan roti agar kebutuhan protein dan karbohidrat terpenuhi. 

Kebiasaan ini setidaknya bisa membantu kalian menjaga berat badan karena melewatkan sarapan justru membuat kalian makan lebih banyak saat siang.

Oleh karena itu, usahakan untuk selalu sarapan setiap pagi untuk mengawali hari yang lebih sehat. 

3. Sering minum air putih

Stop jadi kaum rebahan, ini 5 tips anak kost tetap sehat

Bergelas-gelas kopi mungkin memang dapat membuat kalian tetap terjaga mengerjakan tugas. Namun, pastikan bahwa kalian juga minum air putih yang banyak. Bahkan, perbanyaklah minum air putih dibandingkan minuman lainnya.

Cara ini bertujuan agar kalian tetap terhidrasi dan mengurangi rasa lelah akibat dehidrasi. Bila kalian mengalami dehidrasi, kalian akan lebih mudah lelah dan sulit berkonsentrasi. 

4. Membawa makanan dari kosan

Stop jadi kaum rebahan, ini 5 tips anak kost tetap sehat

Selain makan tiga kali sehari ditambah dengan cemilan, hidup sehat ala anak kos bisa dijalani dengan tips terbiasa menyimpan stok makanan.

Beberapa kosan memiliki kulkas yang dapat digunakan bersama. Manfaatkanlah kulkas itu untuk menyimpan persediaan kalian.

Bukan hanya menyimpan, kalian juga harus mampu mengolahnya sebelum bahan-bahan itu membusuk. Selain lebih hemat, memasak sendiri justru lebih menyehatkan dibandingkan beli di luar.

5. Berolahraga

Stop jadi kaum rebahan, ini 5 tips anak kost tetap sehat

Siapa bilang anak kos tidak bisa olahraga karena jadwal padat dan isi dompet yang pas-pasan? 

Hidup sehat ala anak kos bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit dalam sehari. Tidak perlu datang ke gym atau mengikuti kelas yang menguras tabungan, cukup meluangkan waktu setiap sore atau pagi agar bisa jogging. 

Masih tidak sempat? Biasakan untuk berjalan kaki atau bersepeda menuju kampus atau tempat kantor. Bahkan Anda juga bisa berolahraga di kamar.

Selain menyehatkan badan, kebiasaan tersebut juga membantu mengurangi polusi yang sudah mencemari lingkungan kalian. 

Hidup sehat ala anak kos memang terdengar sulit dilakukan, tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Yang penting adalah tekad kalian untuk tetap hidup sehat di tengah keterbatasan dimiliki

 

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red