Semua wanita ingin terlihat cantik. Namun, kecantikan merupakan suatu hal yang relatif dan tak memiliki ukuran pasti. Tak heran jika kebanyakan wanita selalu merasa ada yang kurang dari wajah atau bentuk tubuhnya. Alis kurang tebal, bibir terlalu lebar, rambut kurang lurus, dan sebagainya.

Seperti layaknya keragaman budaya, standar kecantikan pun beragam di seluruh dunia. Berikut ini adalah penampilan wanita yang dianggap cantik di beberapa negara.

1. Amerika Serikat dan beberapa negara Barat:Barbie Doll.

Standar kecantikan wanita di berbagai belahan dunia, gimana menurutmu?

Meskipun sekarang standar kecantikan di Amerika bergeser karena pengaruhKim Kardashian atau Beyonc, tetapi gambaran wanita ideal paling klasik di Amerika tetaplah seperti boneka Barbie.Masih ingatkah kamu dengan bonekaBarbie? Rambut pirang dan mata biru langit merupakan gambaran wanita ideal bagi orang Amerika dan beberapa negara Barat lainnya.

2. Perancis: The No-make-up Look.

Standar kecantikan wanita di berbagai belahan dunia, gimana menurutmu?

Di negara yang kental dengan fashionini, para wanita lebih mementingkanfashion mereka ketimbangmake-up.Mereka hanya menggunakanmake-uptipis, bahkan kadang-kadang tanpamake-up danmemperlihatkan kulit wajah mereka yang mulus. Gaya rambut mereka pun diatur sedemikian rupa sehingga terlihat agakmessy.

3. Korea Selatan, China, dan Thailand: The Golden Ratio.

Standar kecantikan wanita di berbagai belahan dunia, gimana menurutmu?

Korea Selatan merupakan salah satu negara dengan standar kecantikan wanita yang tinggi. Tak heran bila jumlah operasi plastik di Korsel merupakan yang tertinggi di dunia dan begitu banyak merk produk kecantikan yang diproduksi oleh Negeri Ginseng ini. Dipengaruhi oleh K-pop dan K-Drama, China dan Thailand juga memilki standar kecantikan yang mirip dengan Korsel.

Kulit putih dan halus, memiliki lipatan mata dan tak sipit, hidung mancung dan mungil, bibir tipis, dan garis dagu yang membentuk huruf V, itulah figur yang menjadi impian para wanita di ketiga negara ini. Proporsi wajah ini dikenal juga dengan istilah perbandingan sempurna atauthe golden ratio.

4. Jepang: Gingsul itu imut!

Standar kecantikan wanita di berbagai belahan dunia, gimana menurutmu?

Kebanyakan wanita akan rela membayar mahal untuk merapikan gigi mereka. Kebalikannya, para wanita Jepang justru rela membayar untuk membuat gigi mereka gingsul. Tren kecantikan yang dikenal dengan"yaiba"atau yang berarti taring ini dinilai imut oleh masyarakat Jepang.

5. Indonesia?

Standar kecantikan wanita di berbagai belahan dunia, gimana menurutmu?

Lantas, seperti apa tren kecantikan di tanah air? Beberapa iklan produk kecantikan akan menjual tawaran seperti 'kulit putih cemerlang' atau 'rambut hitam berkilau'. Pengaruh dari figur publik atau selebriti tanah air yang memiliki kulit putih dan mulus membuat kebanyakan remaja Indonesia bermimpi untuk memiliki kecantikan yang sama.

Nyatanya, kulit gelap bukan berarti tak cantik. Contohnya, Achintya Nilsen yang memenangkan konten Miss Indonesia 2017 lalu. Meskipun berkulit gelap, gadis yang mewakili Nusa Tenggara Barat ini terlihat manis, bahkan eksotis.Remember girls, you're gorgeous the way you are!