Ketika sakit kepala tiba-tiba datang menyerang, disertai rasa nyut-nyutan di satu sisi, itulah saat migrain sedang menyerang kamu. Gangguan rasa sakit kepala di sebelah ini memang sangat mudah ditandai kehadirannya dan dapat mengganggu aktivitas karena rasa sakit yang ditimbulkan membuat kamu hanya bisa berbaring.

Pastinya, kebanyakan dari kamu akan langsung meminum obat-obatan generik yang banyak dijual di apotek. Sambil menghindari hal-hal umum yang bisa menjadi penyebab sakit kepala, seperti terlalu lama memandangi layar komputer, migrain juga bisa diatasi dengan cara-cara alami yang seperti disebutkan di bawah ini, lho.

1.Gunakan kompres dingin

Jika kamu mengalami migrain akibat otot kepala dan leher yang menegang, segera tangani hal ini dengan menggunakan kompres dingin. Dengan menempelkan kompres dingin di leher dan kepala dianggap sebagai cara ampuh untuk merelaksasi otot sekaligus meminimalisasi denyutan dan nyeri yang timbul saat migrain menyerang.

2.Pijat dengan minyak gosok

Ketika terserang migrain, segera relaksasi area kepala dan leher dengan memijatnya menggunakan minyak gosok. Selain dapat menenangkan syaraf dan otot, aroma khas minyak gosok juga terbukti ampuh untuk merelaksasi pikiran, lho.

3. Matikan lampu

Ingin migrain segera reda? Maka, beralihlah ke tempat yang gelap dan sunyi. Alasannya tidak lain karena lingkungan yang terang dan bising malah akan membuat migrain terasa semakin menjadi. Itulah mengapa terlalu lama memandangi layar komputer dan smartphone dapat memicu sakit kepala yang dapat berkembang menjadi migrain.

4. Banyak minum air putih

Selain efektif untuk mencegah dehidrasi, minum sebanyak 8 gelas per hari juga terbukti ampuh dalam meningkatkan kesehatan sel otak sehingga tidak mudah mengalami penyusutan dan peradangan yang dapat menyebabkan migrain.

5. Konsumsi teh atau kopi

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, sepertitehataukopi dalam jumlah sedikit, terbukti efektif untuk meredakangejala migraindan mengoptimalkan penyerapan obat.

Tapi ingat, jangan minum teh dan kopi terlalu banyak, ya, karena hal ini justru dapat meningkatkan risiko kambuhnya migrain dengan intensitas yang lebih parah.

6. Minum jahe hangat

Walaupun bukan cara yang banyak dilakukan, banyak hasil penelitian menyebutkan kalau senyawa dalamjahe terbukti dapat menghambat proses sintesis prostaglandia (zat kimia yang memicu timbulnya migrain).

Tertarik mencoba? Tambahkan beberapa iris jahe ke dalam air panas. Lalu, tambahkan sedikit gula ataumadusebagai pemanis, dan minum selagi hangat.

7. Konsumsi makanan tinggi magnesium

Dengan memperbanyak konsumsi makanan tinggi kalsium, seperti sayuran hijau, ikan laut, dan gandum utuh dapat meredakan migrain, lho. Faktanya, konsumsi 400-600 mg magnesium per hari dapat menghindarkan kamu dari migrain yang bersifat kambuhan.

8. Konsumsi makanan tinggi vitamin B2

Selain banyak mengonsumsi makanan tinggi magnesium, jangan lupa perbanyak asupan vitamin B2 yang banyak terkandung dalam kacang-kacangan dan susu.

Lho, kok bisa? Ternyata, salah satu fungsi vitamin B2 bagi tubuh adalah merangsang pembentukan sel sehat penghambat migrain. Itu mengapa banyakahli yang menyarankan untuk mengonsumsi makanan tersebut untuk mengobati dan mencegah kambuhnya migrain.