Mandi merupakan kebutuhan semua orang setiap harinya. Pada umumnya mandi dilakukan sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari dengan tujuan untuk membersihkan tubuh dari berbagai kotoran. Komponen yang paling penting saat mandi adalah air. Seseorang dapat mandi dengan menggunakan air hangat atau dingin.

Mandi menggunakan air hangat merupakan kegiatan yang dapat membuat badan dan pikiran rileks. Setelah seharian melakukan aktivitas seperti bekerja dan berolahraga, mandi menggunakan air hangat selalu menjadi pilihan. Namun walaupun dapat membuat rileks, ada beberapa masalah kesehatan yang mengintai tubuh jika mandi menggunakan air hangat. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Luka bakar pada kulit

Sering mandi pakai air hangat? Ini 4 bahaya yang intai tubuhmu

Penggunaan air yang terlalu panas dapat membuat luka bakar yang cukup serius pada kulit. Terutama untuk bayi yang memiliki tekstur kulit lebih halus dan belum bisa berbicara saat air yang digunakan terlalu panas untuknya.


2. Pusing

Sering mandi pakai air hangat? Ini 4 bahaya yang intai tubuhmu

Perubahan tekanan darah akibat mandi air panas terlalu dapat mempengaruhi aliran darah menuju otak. Sehingga dapat menyebabkan pusing dan berkurangnya keseimbangan tubuh. Sangat berbahaya saat anda keluar dari bak mandi, ditambah dengan lantai yang licin. Maka dapat meningkatkan resiko tergelincir di kamar mandi.


3. Mual dan muntah

Sering mandi pakai air hangat? Ini 4 bahaya yang intai tubuhmu

Beberapa orang mengalami mual dan muntah seusai mandi menggunakan air hangat, terutama setelah makan terlebih dahulu. Hal ini terjadi akibat adanya perubahan aliran darah ke otak. Bisa cukup parah hingga dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh.


4. Intoksikasi

Sering mandi pakai air hangat? Ini 4 bahaya yang intai tubuhmu

Jangan sekali-kali mandi menggunakan air panas setelah mengkonsumsi obat penenang dan alkohol karena akan mengakibatkan intoksikasi atau keracunan. Penggunaan air panas akan membuat kedua zat tersebut semakin bereaksi dan memperburuk kinerja jantung. Akibatnya tubuh akan mengalami kehilangan kesadaran sehingga dapat meningkatkan resiko tenggelam di bak.