Baru-baru ini, terdapat satu nama penyakit berbahaya yang menyerang tubuh bayi imut Adam Fabumi. Penyakit yang diketahui bernama Trisomi 13 sampai mengakibatkan Adam Fabumi harus meninggal dunia.

Tapi, Guys, selain Trisomi 13, ternyata ada banyak penyakit lain yang mengintai bayi, lho. Biar tahu dan tetap waspada, simak daftarnya, yuk.

1. Difteri

Selain Trisomi 13, ini 7 penyakit yang juga berbahaya bagi bayi

Penyakit yang satu ini cukup berbahaya, Guys. Difteri disebabkan oleh bakteri bernama Corynebacterium diphtheriae yang melepaskan racun atau toksin ke dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan masalah pernapasan, gagal ginjal, bahkan juga kelumpuhan. Tapi, Difteri bisa dicegah, Guys. Caranya dengan rutin memberikan Vaksin DTap pada usia 2, 4, dan 6 bulan. Lalu berikan lagi ketika memasuki usia 16-18 bulan. Lalu juga ketika memasuki usia 4 sampai 6 tahun.

2. Tetanus

Selain Trisomi 13, ini 7 penyakit yang juga berbahaya bagi bayi

Penyakit yang satu ini mungkin udah gak asing lagi didengar. Tetanus salah satu penyakit menular yang berbahaya dan menyebabkan angka kematian yang besar setiap tahunnya. Tetanus bisa hadir dari bakteri yang berada di dalam tanah atau juga dari debu-debu yang masuk ke dalam kulit. Ada 4 jenis vaksin untuk mencegah terjadinya penyebaran Tetanus, yakni DTaP, DT, Tdap, dan Td . Untuk anak usia di bawah 5 tahun menggunakan vaksin DTaP dan DT. Sedangkan untuk yang di atas 5 tahun menggunakan vaksin Tdap dan Td.

3. Tuberkulosis (TB)

Selain Trisomi 13, ini 7 penyakit yang juga berbahaya bagi bayi

TB juga gak kalah berbahaya buat anak-anak, Guys. Mycobacterium tuberculosis adalah bakteri yang menyebabkan TB dan memiliki peredaran yang cukup cepat. Bakteri tersebut menyerang bagian paru-paru, tulang belakang, ginjal, sampai otak. Perlu diwaspadai bahwa bakteri ini bisa menyebar melalui batuk atau bersin. Makanya diwajibkan untuk setiap anak diberikan vaksin Bacille Calmette-Guerin (BCG) untuk mencegah TBC.

4. Diare

Selain Trisomi 13, ini 7 penyakit yang juga berbahaya bagi bayi Penyakit yang satu ini juga berbahaya dan rentan menyerang anak-anak, diare disebabkan oleh virus bernama rotavirus, dan juga bisa berawal dari disentri dan kolera. Untuk pencegahannya bisa dikonsultasikan ke unit kesehatan terdekat, Guys. Biasanya akan diberikan vaksin Dukoral dan oral SanChol untuk mencegah kolera, Rotarix dan RotaTeq untuk mencegah rotavirus.

5. Campak

Selain Trisomi 13, ini 7 penyakit yang juga berbahaya bagi bayi

Sama seperti cacar, campak juga gak bisa dihindari. Tapi, campak juga gak bisa dianggap sepele, lho. Jika salah penanganan, campak juga bisa berakibat fatal. Untuk itu disarankan agar setiap anak berusia 12-14 bulan diberikan vaksin MMR atau Measles, Mumps, dan Rubella. Lalu bisa kembali lagi diberikan pada usia 4-6 tahun.

6. Infeksi Saluran Pernapasan Bawah

Selain Trisomi 13, ini 7 penyakit yang juga berbahaya bagi bayi

Penyakit ini termasuk dalam golongan pneumonia atau juga bronkitis. Penyakit ini berbahaya karena menurut penelitian jumlah kematian yang disebabkan oleh penyakit ini berada jauh di atas HIV/AIDS dan malaria. Untuk pencegahan bisa dilakukan vaksinasi dengan memberikan vaksin influenza untuk mencegah pneumonia.

7. Malaria

Selain Trisomi 13, ini 7 penyakit yang juga berbahaya bagi bayi

Ini adalah salah satu yang harus diwaspadai, Guys. Menjaga kebersihan lingkungan itu sangat penting agar tidak menjadi sarang nyamuk. Nyamuk juga dikenal sebagai hewan paling mematikan di dunia. Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk jenis anopheles ini tercatat menjadi penjebab lebih dari 500.000 kematian. Selain pemberian vaksin RTS,S, malaria bisa dicegah dengan rajin membersihkan lingkungan sekitar.