Kemajuan teknologi kini semakin mempermudah hidup kita dalam berbagai macam hal, termasuk meminimalisir kesalahan yang seringkali dianggap sepele seperti kehilangan kunci mobil. Kehilangan kunci mobil adalah hal yang kecil, namun sangat menyebalkan jika kamu mengalaminya di pagi hari yang sibuk atau saat sedang diburu waktu. Atau jika buat ibu-ibu yang sedang kerepotan membawa banyak barang belanjaan, pasti pernah berharap pintu mobil bisa terbuka secara otomatis.

Cukup menarik ketika Bosch, perusahaan teknologi otomotif asal Jerman, mengumumkan bahwa mereka bisa mengubah smartphone menjadi pengganti kunci mobil. Mereka mengklaim bahwa tidak akan ada lagi kejadian menyebalkan kehilangan kunci mobil.

Canggih bener, smartphone kini bisa dipakai jadi pengganti kunci mobil
Sistem digital untuk akses kendaraan bernama Perfectly Keyless dari Bosch, membuat pengemudi tak perlu lagi menggunakan kunci mobil tradisional. Ketika pengemudi mendekati mobilnya, sensor pada kendaraan akan mengenali smartphone mereka. Begitu identifikasi berhasil, maka mobil akan langsung terbuka. Kunci fisik juga tidak dibutuhkan lagi untuk menghidupkan mesin atau mengunci pintu mobil di akhir perjalanan.

Selain itu juga ada fitur untuk memberikan izin berupa kunci virtual tambahan yang dapat dikirim via cloud ke smartphone lain. Hal ini memungkinkan penyedia layanan mobil berbagi dan operator armada kendaraan dapat mengelola akses serta kunci secara fleksibel.

Aplikasi Perfectly Keyless tinggal diunduh dari ponsel, lalu hubungkan mobil ke aplikasi tersebut. Perfectly Keyless ini menggunakan koneksi nirkabel ke sensor yang ada di mobil untuk mengetahui jarak antara mobil dengan smartphone, dan proses identifikasi kunci keamanan. Begitu jarak antara pengemudi dengan mobilnya berada kurang dari dua meter, maka pintu akan langsung terbuka. Jika sistem Perfectly Keyless mendeteksi keberadaan smartphone di dalam mobil, maka dengan sekali sentuhan, mesin mobil dapat langsung hidup.

Saat pengemudi keluar dari mobil di akhir perjalanan pun, sistem akan terus mengawasi keberadaan ponsel secara virtual. Ketika pengemudi berjauhan dengan mobilnya lebih dari 2 meter, maka otomatis mobil akan terkunci. Dengan teknologi yang seperti ini, mengendarai mobil jadi semakin mudah kan?