Kecanggihan teknologi yang terus berkembang membuat astronot-astronot terbaik selalu gencar untuk mencari tahu lebih banyak mengenai sistem bintang dan planet di alam semesta. Obsesi dan rasa penasaran manusia terhadap alam semesta telah membuat mereka melakukan segala cara bahkan hal yang bisa dibilang sangat berisiko, seperti meluncurkan hewan, tumbuhan, ataupun benda lain ke luar angkasa untuk diteliti.

Nah, apakah kamu tahu apa saja hal dari bumi yang pertama kali ada di luar angkasa.Penasaran? Berikut ini 5 hal pertama dari bumi yang ada di luar angkasa, dilansir dari berbagai sumber.

1. Tesla Roadster, mobil pertama yang diluncurkan ke luar angkasa.

Selain manusia, 5 hal pertama dari bumi ini pernah ada di luar angkasa foto: boingboing.net

Mobil listrik ini menjadi mobil pertama yang diluncurkan ke ruang angkasa, yakni ke orbit Mars. Tesla diluncurkan pada Rabu, 7 Februari 2018 lalu menggunakan roket SpaceX Falcon Heavy. Mobil ini kabarnya akan terus melayang di laur angkasa dalam waktu jutaan tahun jika tak bertubrukan dengan benda luar angkasa.

2. Kembang Kertas, bunga pertama yang mekar di luar angkasa.

Selain manusia, 5 hal pertama dari bumi ini pernah ada di luar angkasa foto: Floridatoday.com

Bunga dengan nama ilmiah Zinnia elegans Jacq ini mekar di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada tahun 2016 lalu. Ini merupakan sebuah misi dari ISS selama hampir dari 2 tahun dengan beberapa kali kegagalan dalam menumbuhkannya.

3. Lettuce (sayuran sejenis selada) adalah makanan pertama yang bisa dimakan dan ditanam di luar angkasa.

Selain manusia, 5 hal pertama dari bumi ini pernah ada di luar angkasa foto: naturallyfundays.wordpress.com

Lettuce merah menjadi tanaman pertama yang berhasil ditanam dan dimakan di luar angkasa pada tahun 2015. Sebelumnya, NASA memang telah lama bereksperimen untuk menanam sayuran di luar angkasa hingga berhasil tumbuh Lettuce selama 15 bulan.

4. Ham, primata pertama yang pergi ke luar angkasa.

Selain manusia, 5 hal pertama dari bumi ini pernah ada di luar angkasa foto: commons.wikimedia.org

Ham merupakan nama Simpanse yang pertama kali berhasil ke luar angkasa. Ham bersama roket buatan NASA Mercury-Stone meluncur ke luar angkasa pada 31 Januari 1961. Ham berhasil pulang ke Bumi dengan selamat.

5. Laika, anjing pertama yang pergi ke orbit Bumi.

Selain manusia, 5 hal pertama dari bumi ini pernah ada di luar angkasa foto: youtube.com

Laika merupakan nama anjing yang pergi ke luar angkasa dengan Sputnik II pada tahun 1957. Laika menjadi kosmonot proyek antariksa Uni Soviet yang sangat menghebohkan kala itu. Meskipun berhasil mengelilingi orbit Bumi, sayangnya Laika tak dapat bertahan dan dikabarkan tewas dengan cara yang mengenaskan.